Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Administrasi: Pengertian, Tujuan, Tugas, Tahapan, dan Kegiatannya

Pengertian Manajemen Administrasi
Manajemen Administrasi
Pengertian Manajemen Administrasi
Manajemen Administrasi adalah sebuah usaha dan kegiatan yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan di dalam organisasi dengan tujuan agar sasaran organisasi dapat tercapai dengan baik. Manajemen administrasi diartikan juga sebagai salah satu bidang manajemen yang memberikan informasi layanan administrasi untuk melaksanakan kegiatan secara efektif.

Manajemen administrasi sangat mempengaruhi kelancaran bidang lainnya dan sering digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan. Meskipun demikian, manajemen administrasi selalu tampak sebagai kekuatan yang tidak terlihat. Tapi ketika kita salah mengolahnya, ada banyak sekali kekacauan yang akan terjadi.

Manajemen Administrasi Menurut Para Ahli
1. H. Evans. Administration management adalah suatu fungsi yang erat kaitannya dengan manajemen dan pengarahan pada seluruh tahap kegiatan perusahaan tentang pengelolaan suatu bahan, keterangan, bentuk komunikasi, dan juga memori perusahaan.
2. Millis Geoffrey. Administration management adalah suatu seni tentang membimbing setiap individu dalam suatu perusahaan untuk mampu memanfaatkan sarana yang sesuai dengan lingkungan perusahaan demi meraih tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan.
3. George R. Terry. Administration management adalah suatu bentuk kegiatan perencanaan, pengendalian, dan juga pengorganisasian pekerjaan, serta menggerakkan para individu pada suatu perusahaan agar mampu meraih tujuan yang sudah ditetapkan.
4. Edwin Robinson dan William Leffingwell. Administration management adalah suatu kegiatan perencanaan, pengendalian dan juga pengorganisasian setiap individu dalam suatu perusahaan, serta menggerakkan para pelaksana yang ada di dalamnya untuk mampu mencapai tujuan perusahaan secara lebih baik.
5. Prajudi Atmosudirjo. Administration management adalah suatu gabungan antara kantor sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari tanah, personel, perlengkapan, dan gedung (corporate management), serta pekerjaan perusahaan atau operation management.
6. Suparjati, dkk. Administration management adalah suatu proses bentuk kerjasama yang terjadi di dalam kantor agar seluruh tujuan perusahaan yang sebelumnya sudah ditetapkan bisa diraih dengan melakukan berbagai fungsi manajemen yang ada.
7. Moekijat. Administration management adalah bentuk penerapan berbagai fungsi manajemen di dalam perusahaan yang berupa pengorganisasian, perencanaan, penggerakan, dan juga pengawasan perusahaan agar tujuan perusahaan bisa dicapai dan para karyawan di dalamnya bisa merasa puas.
8. Rifhi Siddiq. Manajemen administrasi adalah suatu cara yang dilakukan dengan memperhatikan berbagai fungsi manajemen yang erat kaitannya dengan bentuk pekerjaan yang sebelumnya sudah direncanakan.
9. John Neuner dan Benjamin Haynes. Administration management merupakan ilmu manajemen di dalam perusahaan yang mencakup pada bidang yang lebih sempit daripada yang umumnya terdapat dalam istilah manajemen untuk sebagian besar yang berkenaan dengan kegiatan pengawasan.
10. Arthur Grager. Administration management adalah suatu fungsi tata penyelenggaraan atas kegiatan komunikasi dan juga pelayanan warkat pada suatu perusahaan.
11. Gie. Administration management adalah suatu rangkaian kegiatan berbentuk perencanaan, pengorganisasian yang berisi mengatur dan menyusun, pengawasan, pengarahan, dan juga pengendalian hingga penyelenggaraan yang dilakukan secara tertib pada pekerjaan kantor demi mencapai tujuan perusahaan.
12. William Spriegel dan Ernest Davies. Administration management adalah bentuk pengerahan secara menyeluruh atas berbagai kegiatan menulis sebagaimana yang sudah dibedakan dari berbagai kegiatan seperti pengangkutan, pergudangan, ke pabrik, dan juga penjualan.

Tujuan Manajemen Administrasi
Berikut tujuan manajemen administrasi di antaranya,
1. Untuk bisa melakukan pengelolaan data beserta keterangannya secara lengkap
2. Melindungi dan juga menyimpan serta menginformasikan seluruh data informasi kepada mereka (divisi lain) yang memerlukan.
3. Pihak manajemen dapat bantu memberikan dan mempresentasikan laporan penting secara rinci, serta informasi biaya yang tepat dan sesuai.
4. Perusahaan menjadi terbantu karena bisa memelihara dan juga memenuhi keperluan terkait proses administrasi.
5. Pihak administrasi juga mampu memberikan layanan tata usaha kepada para mitra kerja dan juga pada pelanggan atau konsumen.
6. Selalu memberikan update laporan yang relevan terkait perusahaan.

Fungsi Manajemen Administrasi
Adapun fungsi manajemen administrasi di antaranya,
1. Merencanakan kegiatan administrasi, seperti memelihara sarana dan prasarana yang ada misal ruang kerja perusahaan, anggaran perusahaan, ventilasi, dan lain sebagainya.
2. Melakukan pengorganisasian dengan cara mengelompokkan berbagai alat yang digunakan dalam bidang usaha, tugas, tanggung jawab dan sumber daya manusia yang ada di dalamnya agar mampu melahirkan organisasi yang memang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
3. Memotivasi seluruh karyawan agar mampu meraih tujuan perusahaan, khususnya dalam hal hal administrasi.
4. Mengawasi berbagai proses administrasi perusahaan.

Tugas Pokok Manajemen Administrasi
Millis Geoffrey membagi tugas pokok administrasi menjadi:
1. Duplicating (penggandaan)
2. Mailing (Pengiriman surat atau pesan dan sejenisnya)
3. Calculating (Kalkulasi)
4. Pengarsipan (Filing)
5. Telephoning
6. Checking
7. Dan lain sebagainya

Tahapan Manajemen Administrasi
Beberapa tahapan ataupun proses dalam manajemen administrasi meliputi:
1. Perencanaan
Perencanaan adalah tahapan fundamental dalam mengarahkan pada kegiatan lain yang hendak dilakukan.

2. Pengorganiasasian
Setelah direncanakan, maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengorganisasian pada keuangan, material, dan sumber daya manusia. Dalam pengorganisasian ini akan disusun kebijakan dan mereka yang terlibat di dalamnya akan ditugaskan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

3. Eksekusi atau Arahan
Setelah melakukan perencanaan dan juga pengorganisasian, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengarahan atau pengeksekusian strategi tersebut agar terjadi suatu proses yang berkelanjutan agar nantinya mampu memotivasi karyawan agar mampu mencapai tujuan perusahaan secara lebih efisien.

4. Pengontrolan
Agar aktivitas perusahaan bisa dilakukan secara lebih maksimal, dan juga tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik, maka harus dilakukan kontrol atau pengendalian yang dikomunikasikan secara baik kepada karyawan.

Kegiatan Manajemen Administrasi
Beberapa kegiatan manajemen administrasi ini mencakup pengadaan berkas atau file, pengarsipan, penyediaan informasi, melakukan inventarisasi sarana dan prasarana perusahaan, serta melakukan administrasi pada berbagai kegiatan perusahaan.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Manajemen Administrasi: Pengertian, Tujuan, Tugas, Tahapan, dan Kegiatannya"