Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hard Skill: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Meningkatkan

Pengertian Hard Skill atau keterampilan teknis
Hard Skill (Keterampilan Teknis)

Pengertian Hard Skill
Hard skill (keterampilan teknis) adalah sebuah kemampuan yang dapat dipelajari serta ditingkatkan melalui beberapa cara seperti latihan, pengulangan, dan juga pendidikan yang dapat dilakukan setiap orang. Hard skill memiliki sifat bisa langsung terlihat dan juga dipraktikkan. Hard Skill dapat dinilai dari dua cara yaitu, test secara teknikal dan juga praktikal.

Kemampuan jenis ini biasanya berupa penguasaan suatu keahlian bisa berupa ilmu pengetahuan, teknologi, hingga keterampilan teknis yang sesuai dengan bidang yang ditekuni. Hard Skill adalah keahlian utama yang harus dimiliki seseorang dan dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan yang mengharuskan memenuhi kriteria atau kemampuan secara spesifik.

Hard Skill berdasarkan Para Ahli
1. Islami (2012:27)
Hard Skill merupakan sebuah pengetahuan serta kemampuan teknis yang dimiliki seseorang. Pengetahuan teknis tersebut yang meliputi pengetahuan mengenai desain serta keistimewaan produk, mengembangkan produk sesuai dengan teknologi, mampu mengatasi masalah yang terjadi serta menganalisis kegunaan produk dalam usahanya guna mengidentifikasi berbagai ide baru mengenai produk serta pelayanan tersebut.

2. Robbins dalam Benyamin Molan (2014:28)
Hard Skill seringkali disebut sebagai kemampuan intelektual atau intellectual ability, yang merupakan sebuah kemampuan yang dibutuhkan untuk menentukan berbagai aktivitas mental untuk berpikir, menalar, serta memecahkan sebuah masalah.

3. Suhardjono (2014:49)
Hard Skill yang berhubungan dengan kemampuan teknikal yang dapat diterjemahkan menjadi dua hal sebagai berikut di antaranya,
a. Pure technical knowledge or functional skill, yang memiliki arti berupa pengetahuan teknis murni atau keterampilan fungsional.
b. Skill to improve the efficiency of technology, that is improvement or problem solving skill, yang memiliki arti sebuah keterampilan yang digunakan dalam meningkatkan efisiensi teknologi, yang terdiri dari peningkatan keterampilan ataupun keterampilan dalam memecahkan sebuah masalah.

4. Alam (2015:14)
Hard Skill sendiri merupakan sebuah pengetahuan atau kemampuan teknis yang dimiliki oleh seseorang. Pengetahuan atau kemampuan teknis yang dimaksud tersebut meliputi berbagai hal yang seringkali dibutuhkan untuk beberapa profesi tertentu dan mengembangkannya sesuai dengan teknologi yang ada, hal ini juga termasuk bagaimana seseorang mampu mengatasi suatu masalah yang sedang terjadi sekaligus menganalisis dan menemukan solusi yang tepat.

5. Alison Doyle
Hard Skill merupakan kemampuan yang dapat dipelajari, diukur, dan juga dievaluasi. Dia juga menyebutkan bahwa kemampuan ini merupakan aspek yang pertama kali dilihat oleh perekrut pekerja sebuah perusahaan dalam proses wawancara yang digunakan untuk membandingkan antara satu pelamar dengan pelamar lainnya.

Fungsi Hard Skill Bagi Pengembangan Bisnis
Untuk mengembangkan sebuah bisnis tentu sangat diperlukan kemampuan hard skill. Semua pekerjaan dalam bisnis sebagian besar posisi profesional, memerlukan hard skill. Sebagai seorang pemilik bisnis atau perusahaan tentu harus memilih karyawan yang memiliki hard skill yang baik. Hal ini ditujukan agar perusahaan menjadi berkembang lebih baik dan juga mendapatkan income perusahaan yang banyak.

Bisnis akan berjalan jika di dalam bisnis tersebut terdapat orang-orang yang memiliki hard skill sesuai dengan bidang bisnis yang dikembangkan. Tanpa adanya hard skill yang baik yang dimiliki oleh karyawan maka bisnis akan menjadi kurang sehat. Bisa jadi hasil produksi yang kurang baik, atau dalam bidang pemasaran yang menjadikan bisnis tidak berkembang.

Bisnis dibidang desain grafis, bisnis perusahaan teknologi, maupun perusahaan yang memproduksi bahan makanan. Contohnya pada produksi bahan makanan, perusahaan memerlukan pekerja yang memiliki hard skill sesuai bidang yang dibutuhkan. Seperti operator mesin produksi.

Contoh Hard Skill
Berikut beberapa contoh dari hard skill di antaranya,
1. Teknologi komputer
Hampir sebagian besar dari karyawan membutuhkan setidaknya pengetahuan dasar tentang keahlian teknologi komputer untuk menyelesaikan pekerjaan. Di sisi lain, ada beberapa posisi yang membutuhkan pemahaman lebih mendalam terkait hard skill dengan teknologi komputer.

Beberapa jenis keahlian di bidang ini misalnya:
a. Microsoft Office (Word, Excel, Outlook, PowerPoint, Publisher, Access)
b. HTML/CSS
c. JavaScript
d. Content management system (CMS)
e. Social media platform
f. Windows operating system
g. Filing documents
h. Typing and typing speed

2. Analisis data
Selain kemampuan di bidang teknologi komputer, ada juga hard skill yang meliputi kemampuan menguasai keahlian analisis data. Berikut beberapa keterampilan analisis data yang populer di antaranya,
a. Data engineering
b. Database management
c. Data mining
d. Data visualization
e. Web analytics
f. Research

3. Marketing
Ada pula kemampuan yang tergolong ke dalam keterampilan di bidang marketing. Berikut beberapa hard skill marketing yang paling banyak diminati di antaranya,
a. Search engine optimization (SEO)
b. Google Analytics
c. Search engine marketing (SEM)
d. Email marketing
e. Copywriting
f. Social media marketing
g. Content management systems
h. A/B testing
i. Project management
j. Content marketing

4. Design
Untuk menjadi seorang desainer profesional, Anda harus menguasai beberapa hard skill. Berikut beberapa keterampilan dari desain yang sering dicari oleh perusahaan di antaranya,
a. User experience (UX) design
b. User interface (UI) design
c. Adobe Creative Suite (indesign, Photoshop, Illustrator)
d. Digital design software
e. Graphic designer
f. Photo editing
g. Video editing

5. Web development
Di bidang web development, ada beberapa jenis hard skill yang populer di antaranya,
a. iOS dan Android app development
b. Software revisions control systems
c. Javascript
d. Applicaton programming interface (api)
e. Development and web architecture frameworks

6. Sales
Berikut ini beberapa keahlian sales yang banyak dicari di antaranya,
a. Product development
b. Account management
c. Relationship building
d. Customer success
e. Marketing research
f. Client management
g. Competitor research

Cara Meningkatkan Hard Skill
Terdapat beragam cara meningkatkan Hard Skill di antaranya,
1. Melakukan atau mempraktikkan secara rutin dan konsisten
Cara pertama untuk meningkatkan kemampuan hard skill yang dapat dilakukan adalah mempraktikkan atau melakukan keahlian tersebut secara rutin dan juga konsisten. Hal ini dapat dilakukan dengan berlatih terus menerus, dengan begitu kemampuan yang dimiliki akan berkembang seiring berjalannya waktu.

2. Meminta kritik serta saran dari orang lain
Cara kedua untuk meningkatkan kemampuan hard skill adalah meminta kritik serta saran dari orang yang mahir atau memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, baik teman, keluarga, rekan kerja, hingga atasan dalam dunia kerja.

Setelah berlatih terus menerus dan menguasai suatu hal, lebih baik menanyakan kepada orang yang memang memiliki pengalaman untuk diberikan saran serta kritik yang nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan kekurangan yang dimiliki sehingga bisa lebih berkembang lagi.

Selain meminta saran dan juga kritik, juga bisa meminta referensi atau rekomendasi bagaimana langkah terbaik atau tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan keahlian tersebut, dengan begitu secara perlahan bisa menguasai kemampuan tersebut.

3. Mengikuti kursus baik online maupun offline
Cara ketiga untuk meningkatkan kemampuan hard skill yang dapat dilakukan adalah mengikuti kursus baik online maupun offline. Berbagai kursus untuk meningkatkan keahlian sudah ada dimana-mana terlebih lagi melalui internet.

Dengan mengikuti kursus yang ada, Anda jadi bisa mengembangkan serta mengasah kemampuan hard skill tersebut, dikarenakan Anda mampu mempelajari kemampuan langsung dari ahlinya sehingga wawasan yang Anda miliki akan semakin luas.

4. Mengejar pendidikan tinggi sesuai dengan bidang yang ditekuni
Cara keempat untuk meningkatkan kemampuan hard skill yang dapat dilakukan adalah mengejar pendidikan tinggi sesuai dengan bidang yang ditekuni dan minati.

Baca Juga: Pengertian Soft Skill, Komponen, Faktor, Macam, Manfaat, dan Contohnya

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Hard Skill: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Meningkatkan"