Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Frozen Food: Pengertian, Sejarah, Jenis, Keunggulan, dan Peluang Bisnisnya

Pengertian Frozen Food
Frozen Food
Pengertian Frozen Food
Frozen food adalah jenis makanan cepat saji yang diawetkan dengan teknik pembekuan. Jenis makanan ini biasanya merupakan jenis makanan yang tidak mudah basi jika disimpan dalam keadaan beku dan bersuhu dingin. Cara penyajiannya hanya perlu digoreng atau dikukus sesuai dengan petunjuk penyajian dalam kemasan.

Umumnya pembuatan produk beku melalui beberapa tahap mulai yaitu dari persiapan raw material (bahan baku), proses pencetakan atau forming (untuk produk seperti bakso, nugget), pelapisan (coating), penggorengan (frying), pembekuan (freezing) serta pengemasan (packaging).

Bahan yang digunakan tidak hanya daging sapi atau ayam saja seperti sosis dan nugget. Tetapi saat ini banyak jenis makanan frozen food seperti bakpao, donat, pizza dan lain-lain. Contoh makanan beku yang terbuat dari olahan ikan adalah nugget udang, risol ikan, samosa tuna, tempura, sosis ikan, siomay ikan, dan lain-lain.

Frozen Food Menurut Para Ahli
1. Wikipedia (2020), frozen food artinya produk makanan yang bertujuan dalam pengawetan makanan untuk dapat terjaga kualitas makanannya. Sehingga pada jaman dahulu para petani dan nelayan telah melaksanakan proses pengawetan pada hasil yang dihangatkan pada musim dingin.
2. Indah Sarwuni (2021), Frozen food adalah serangkaian proses pengawetan dalam produk makanan dengan langkah mengubah seluruh kandungan air menjadi bentuk sehingga aktivitasnya mampu menghambat pembusukan serta memiliki batas waktu simpan.

Sejarah Frozen Food
Frozen food merupakan sebutan untuk makanan yang beku dan sudah ada sejak sekitar 3000 tahun sebelum Masehi. Latar belakang kehadirannya sendiri ketika masyarakat Cina kuno mulai bisa menggunakan es untuk mempertahankan makanannya di sepanjang musim dingin. Begitu pula orang Romawi yang dapat menggunakan salju untuk membekukan makanannya.

Adapun yang pasti, untuk pertama kalinya yaitu pada 1930 di Springfield, Massachusetts, seorang yang bernama Clarence Birdseye sudah memperkenalkan makanan beku berupa tanaman sayuran, buah-buahan, seafoods, dan daging yang dijual kepada masyarakat.

Indonesia sendiri, makanan beku mulai dapat diperkenalkan oleh orang-orang Cina dan Jepang.

Jenis Frozen Food
Jenis frozen food sendiri sangat banyak, berikut beberapa yang menjadi favorit bagi masyarakat di Indonesia di antaranya,
1. Sosis, tentunya tidak asing dengan makanan yang satu ini bukan, ia terbuat dari daging yang diolah dengan bumbu dalam bentuk panjang kecil, selain sapi juga ada sosis ayam. Praktis karena memang dapat ditambahkan dalam aneka tumisan yang Anda buat maupun langsung digoreng sebagai lauk juga bisa.
2. Nugget, adapun juga nugget yang terbuat dari olahan daging ayam ditambah berbagai bumbu dan dibalut tepung roti. Dengan di freezer maka akan membuat nugget ini tahan lebih lama, selain dapat dijadikan sebagai cemilan maka ia bisa dipakai sebagai lauk pauk dimakan bersama dengan nasi hangat.
3. Bakso, bakso adalah makanan sejuta umat bagi masyarakat di Indonesia karena memang rasanya yang nikmat, ia juga dapat dikombinasikan dengan beragam jenis menu makanan lain seperti diantaranya adalah capcay sampai dengan sop.
4. Siomay, jangan salah karena faktanya sekarang ini juga ada varian siomay frozen food yang sangat praktis karena tinggal dikukus saja untuk mengkonsumsinya. Ada varian siomay yang dibuat dari daging ikan sampai dengan daging ayam, dipadukan dengan tepung serta bumbu-bumbu lain yang nikmat.
5. Kentang, kentang goreng juga ada versi frozen food yang lebih mudah untuk digunakan. Untuk Anda yang punya bisnis rumah makan, ataupun digunakan untuk konsumsi sendiri maka bisa membeli varian yang praktisnya ini, tidak harus repot-repot membuatnya dari awal.
6. Ayam ungkep, sedangkan varian frozen food tradisional khas Indonesia juga ada ayam ungkep, di mana hidangan yang satu ini merupakan ayam yang sudah direbus bersama dengan bumbu-bumbu sehingga nantinya sangat praktis siap untuk digoreng saja sebelum digunakan.
7. Dimsum, banyak juga masyarakat yang menggemari frozen food ini, apalagi untuk varian jenisnya juga cukup banyak. Sehingga tinggal disesuaikan dengan selera Anda saja.

Keunggulan Frozen Food
Alasan banyak orang mengonsumsi makanan Frozen bukan hanya praktis, tetapi produk frozen food juga memiliki beragam keunggulan lain di antaranya,
1. Tahan Lama
Keunggulan frozen food yaitu bisa disimpan lebih lama dibandingkan jenis produk makanan lainnya. meski begitu, produk frozen food bebas dari bahan pengawet dan kandungan nutrisinya tetap terjaga meski disimpan lama. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai produk ini.

2. Banyak Pilihan
Seperti yang diketahui sebelumnya, frozen food memang memiliki banyak pilihan, mulai dari olahan daging, sayur-sayuran, buah dan lainnya. Bukan hanya masakan khas Indonesia, tetapi juga masakan luar negeri.

3. Lebih Higienis
Makanan Frozen dinilai lebih higienis dibandingkan jenis makanan lainnya, karena makanan ini disimpan dalam kemasan yang kedap udara untuk menghentikan perkembangan bakteri dan menjaga kandungan nutrisi makanan di dalamnya. Selain itu, kemasan makanan ini juga menjamin kebersihan serta keamanan kesehatan sampai ke tangan pembeli.

Peluang Berbisnis Frozen Food
Peluang untuk berbisnis frozen food saat sangat menjanjikan dan menguntungkan. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis olahan frozen food yang dapat ditemukan di pasaran. Tidak hanya itu, frozen food juga bisa disimpan dengan jangka waktu yang lama serta tidak mudah basi jika disimpan dalam keadaan beku.

Kebiasaan masyarakat kota yang sibuk dengan pekerjaannya menjadikan olahan frozen food sering dijadikan alternatif makanan untuk keluarga di rumah. Mereka memilih frozen food karena praktis serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikannya. Selain itu harga yang cukup terjangkau untuk masyarakat menengah menjadikan ini lebih digemari.

Tidak menutup kemungkinan bahwa trend makanan frozen food ini tidak akan luntur karena perkembangan jaman yang mengharuskan manusia bekerja dengan cepat. 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Frozen Food: Pengertian, Sejarah, Jenis, Keunggulan, dan Peluang Bisnisnya"