Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Afiliasi: Pengertian, Cara Kerja, Tipe Umum, Cara Pembayaran, Contoh, dan Keuntungannya

Pengertian Bisnis Afiliasi
Bisnis Afiliasi
Pengertian Bisnis Afiliasi
Bisnis afiliasi adalah program yang bertujuan mendapatkan komisi dari hasil mempromosikan produk dan dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Besaran nilai nominal dari komisi yang berhasil didapatkan akan menyesuaikan dengan kebijakan suatu perusahaan afiliasi.

Dengan kata lain, bisnis afiliasi merupakan cara mendapatkan uang melalui penjualan produk barang atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Anda dapat bergabung menjadi affiliate marketers dan akan diberikan gaji setelah produk tersebut terjual.
 
Cara Kerja Bisnis Afiliasi
Bisnis afiliasi berhasil memanfaatkan kemampuan berbagai individu untuk strategi pemasaran yang lebih efektif sambil memberikan bagian keuntungan kepada kontributor. Dibutuhkan beberapa pihak yang terlibat untuk membuat afiliasi tersebut bekerja di antaranya,
1. Penjual dan pencipta produk
Penjual atau perusahaan selaku pembuat program afiliasi biasanya adalah vendor, pencipta produk atau pengecer. Sedangkan produk yang ingin dipasarkan dapat berupa benda fisik maupun jasa.

2. Afiliasi atau penerbit
Afiliasi atau penerbit dapat berupa individu atau perusahaan yang memasarkan produk penjual dengan cara yang menarik bagi calon konsumen. Afiliasi bekerja dengan mempromosikan produk untuk meyakinkan konsumen bahwa produk itu berharga atau bermanfaat serta meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut. Jika konsumen akhirnya membeli produk, afiliasi menerima sebagian dari pendapatan yang dihasilkan.

3. Konsumen atau pembeli
Mereka yang tergabung dalam program afiliasi akan membagikan produk dan memasarkannya ke media sosial, blog dan situs web mereka. Sedangkan konsumen akan menyelesaikan proses pembelian dan menerima produk seperti biasa, tidak terpengaruh oleh sistem pemasaran afiliasi yang berada di balik layar. Begitu konsumen tertarik dan melakukan pembelian, penjual dan afiliasi akan berbagi keuntungan dari situ.
 
Tipe Umum Bisnis Afiliasi
Berikut beberapa jenis dan tipe umum afiliasi yang bisa ditemukan.
1. Afiliasi berbasis konten
Afiliasi berbasis konten bisa ditemukan pada blogger, podcast atau YouTuber. Afiliasi yang bekerjasama dengan blogger biasanya akan menulis artikel dalam bentuk review atau tutorial. Jenis afiliasi ini cukup memakan waktu dan membutuhkan upaya serta ceruk dengan audiens khusus.

2. Afiliasi berbasis situs web kupon
Jenis afiliasi ini seringnya bermitra dengan situs kupon lebih relevan untuk perusahaan B2C yang bergerak di bisnis kuantitas. Salah satu jenis afiliasi yang populer karena memanfaatkan rasa kesukaan masyarakat akan diskon dan potongan harga yang membuatnya sebagai cara mudah untuk menarik lebih banyak penjualan, baik untuk pedagang maupun afiliasi.

3. Afiliasi sebagai duta sebuah brand
Tipe afiliasi yang satu ini akan sangat bagus bagi perusahaan atau brand yang ingin agar peserta program afiliasi mereka untuk terus dapat memberikan exposure. Umumnya brand akan menggunakan wajah yang telah dikenali seperti influencer untuk terus menyapa pengikut mereka dengan menyertakan produk dari afiliasi.
 
Cara Pembayaran Bisnis Afiliasi
Komisi akan diberikan jika Customer melakukan “action” tertentu di antaranya,
1. Pay Per Lead
Pada skema ini, pihak Merchant akan memberikan komisi untuk setiap aktivitas tertentu misalnya registrasi akun, download file, mengisi form, subscribe newsletter, dan lain-lain.

2. Pay Per Click
Untuk skema ini, Anda bisa mendapat komisi untuk setiap klik di link refferal. Link referral itu akan mengarahkan Customer ke website Merchant. Merchant biasa memanfaatkan skema ini untuk meningkatkan traffic.

3. Pay Per Sell
Skema ini sedikit lebih sulit. Pasalnya, Anda baru bisa mendapat komisi jika Customer melakukan transaksi pembelian. Anda butuh kemampuan copywriting dan cara pendekatan yang tepat supaya Customer bisa benar-benar melakukan transaksi.

Setiap perusahaan menerapkan skema pembayaran tertentu. Dengan mengetahui skema pembayarannya, Anda bisa menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat.

Contoh Perusahaan Afiliasi
Berikut beberapa contoh perusahaan afiliasi yang juga menggunakan jasa seseorang untuk melakukan kegiatan promosi produk terbaru mereka di antaranya,
1. Amazon
Amazon merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang marketplace yang menjual produk dengan berbagai macam kategori. Di dalam situs ini, Anda juga dapat menemukan program afiliasi yang dimiliki Amazon.

Komisi yang diberikan oleh perusahaan ini mencapai angka 10%. Namun, jika Anda membeli produk dalam Amazon, tidak semua produk tersebut memiliki komisi yang sama. Disesuaikan juga dengan kategori barang dan kebijakan perusahaan.

2. Google Suite
Google Suite (G Suite) merupakan tools atau alat yang biasa digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Fungsi dari G Suite sendiri antara lain, mengelola kalender dan email, menyusun pembuatan dokumen, hingga mengatur jadwal meeting.

Apabila Anda bergabung dengan G Suite Referral Program, Anda akan menerima link referral yang berfungsi untuk sebagai media promosi di mana saja. Terdapat dua jenis paket yang ditawarkan, untuk paket basic hanya mendapat keuntungan sebesar $15 USD. Sedangkan, jika mendaftar pada paket business atau enterprise, akan mendapatkan keuntungan mencapai $30 USD.

3. Bukalapak
Bukalapak merupakan situs berbasis ecommerce yang berasal dari Indonesia. Banyak sekali produk yang terjual dari situs ini. Bukalapak menawarkan program afiliasi yang diberi nama Bukalapak Affiliate Program.

Anda dapat mencoba untuk mendaftarkan diri pada program tersebut. Fitur dalam program tersebut juga tersedia banyak, seperti link generator, dynamic banner, dan product search box. Cara kerja dari affiliate program cukup sederhana.

Skema komisi yang diterapkan oleh Bukalapak adalah Cost Per Sale (CPS). Jadi, apabila terdapat konsumen yang membeli produk melalui link yang Anda bagikan, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan harga produk tersebut.

Keuntungan Bisnis Afiliasi
1. Modal Kecil
Keuntungan afiliasi adalah penggunaan modal yang sedikit, bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali. Pasalnya, Anda dapat menjual produk perusahaan tanpa membelinya terlebih dahulu. Anda cukup mempromosikannya saja agar konsumen tertarik untuk membeli.

2. Penghasilan Pasif
Salah satu keuntungan lainnya dari afiliasi adalah mendapatkan penghasilan meskipun tidak bekerja di kantor. Bahkan, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama di depan komputer, cukup duduk santai dan melakukan promosi, maka uang akan datang dengan sendirinya kepada Anda.

3. Jam Kerja Fleksibel
Sistem kerja dari afiliasi adalah fleksibel atau tidak terikat kontrak yang mengatur jam promosi dari program afiliasi pada waktu tertentu seperti bekerja kantoran. Anda dapat menentukan sendiri kapan mulai promosi.

4. Penghasilan Murni dari Kerja Keras Anda
Penghasilan yang Anda dapatkan dari bisnis afiliasi adalah tergantung dari seberapa besarnya kerja keras Anda melakukan promosi. Semakin niat Anda berusaha, maka akan semakin besar juga pendapatan per bulannya.

5. Kerja dari Rumah
Anda dapat melakukan promosi kode referral dari mana saja, seperti kantor, cafe, maupun rumah. Anda hanya memerlukan sambungan internet dan smartphone/laptop. Dengan begitu, afiliasi adalah bentuk pekerjaan sempurna untuk Anda yang tidak suka bekerja kantoran. 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Bisnis Afiliasi: Pengertian, Cara Kerja, Tipe Umum, Cara Pembayaran, Contoh, dan Keuntungannya"