Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi: Pengertian, Ciri, Struktur Penulisan, dan Jenisnya

Pengertian Biografi
Biografi
Pengertian Biografi
Biografi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Biografi dari bahasa Yunani bios berarti hidup dan grafien berarti menulis. Demikian biografi adalah salah satu prosa baru yang menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang mulai dari kecil hingga dewasa, bahkan sampai meninggal dunia.

Selain membeberkan cerita perjalanan bidup seseorang, biografi bisa juga digunakan sebagai pembentuk motivasi pada diri orang yang membacanya, sebab dalam sebuah biografi kaya akan kisah perjuangan sang tokoh yang bisa diambil pembelajarannya untuk masa depan. Biografi juga sering dijadikan sebagai bahan rujukan para peneliti sehingga bisa mendapatkan data yang relevan tentang apa yang diteliti.

Biografi Menurut Para Ahli
1. Toyidin (2013 : 292), biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Umumnya, orang-orang membaca biografi orang lain karena ingin tahu ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut yang dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan tolak ukur dirinya.
2. Wahono, biografi sebagai cerita yang bersifat faktual, yang mana cerita tersebut ditulis sesuai fakta-fakta yang disampaikan oleh penulis. Fakta tersebut bisa berupa keistimewaan orang yang sedang ditulis biografinya, prestasi, ideologi dan prestasi lainnya.
3. Istiqomah (2015), biografi adalah riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat tulisan. Istiqomah juga menyebutkan bahwa penulis dalam membuat biografi berperan sebagai orang ketiga. Dalam hal ini, penulis memiliki hak cipta atas karya tokoh yang dituliskan. Sedangkan, tokoh yang ditulis sebagai narasumber.
4. Menurut Kemendikbud (2014:37), biografi merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.

Ciri Biografi
Biografi memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan tulisan lainnya, berikut beberapa ciri biografi di antaranya,
1. Memiliki Struktur Baku
Biografi merupakan tulisan berisi cerita hidup seorang tokoh yang memberi motivasi, dampak positif dan lain sebagainya. Penulisannya sering kali dalam bentuk baku yaitu menggunakan Bahasa Indonesia dengan gaya formal.

Hal ini menjadi salah satu ciri pembeda antara biografi dengan tulisan lainnya seperti cerpen fiksi. Selain itu, dituliskan berdasarkan hal nyata bersumber dari data pribadi hingga cerita orang-orang yang berhubungan dengan sang tokoh.

2. Isi Tulisan
Isi tulisan dari sebuah biografi merupakan perjalanan hidup mulai dari sejak kelahiran, masa kecil, saat sekolah hingga kelulusan jenjang terakhir, kehidupan keluarga, prestasi dan masih banyak lagi. Secara singkat ialah kumpulan cerita berdasarkan kisah nyata.

Hal ini menjadikan biografi berbeda dengan cerpen atau novel yang mana bersifat fiksi atau buatan. Tulisan mengenai perjalanan hidup seseorang ini berdasarkan pengalaman, cerita orang-orang terkait dan juga bukti-bukti otentik lainnya.

3. Gaya Penulisan
Gaya penulisan dari biografi cenderung kaku atau baku. Namun, itu semua juga bergantung pada tokoh yang diangkat atau ditulis. Apabila merupakan orang terpandang, terhormat, terlebih lagi pahlawan bangsa maka menggunakan cara menulis formal.

Namun, jika tokoh yang dituliskan selain pahlawan atau orang terhormat namun memberikan dampak positif atau memiliki karya tertentu dapat menggunakan gaya penulisan santai. Bisa dengan sapaan lebih akrab misalnya kalian, kami, kita dan lain sebagainya.

4. Berisi Motivasi
Selain mengandung hikmah dan pesan, biografi juga mengandung motivasi untuk pembacanya agar bisa meniru dan menerapkan jejak seperti tokoh yang diangkat cerita hidupnya tersebut. Dapat berupa kata-kata mutiara dari penulis maupun dari figur itu sendiri.

Motivasi ini bertujuan supaya pembaca bisa meniru sikap, perbuatan, karya dan lain sebagainya yang bersifat positif dari tokoh yang diangkat. Tak hanya itu, juga terkadang berperan sebagai pemantik untuk terus berusaha dan tidak menyerah.

Struktur Penulisan Biografi
Menulis teks biografi, baik dalam bentuk buku atau artikel harus mengikuti kaidahnya. Terdapat tiga struktur utama yang menjadi kaidah penulisan biografi di antaranya,
1. Orientasi
Pada bagian ini penulis memperkenalkan tokoh dan latar belakangnya. Pembukaan harus menarik sehingga pembaca tertarik mempelajari lebih jauh. Orientasi harus menjawab pertanyaan seperti siapa tokohnya, apa peristiwanya, kapan dan di mana terjadinya, serta mengapa.

2. Peristiwa/Masalah
Setelah pembaca berkenalan dengan tokohnya, selanjutnya adalah rentetan peristiwa atau masalahnya. Bisa dibilang peristiwa adalah inti ceritanya. Bagian ini pula yang membedakannya dengan profil atau biodata.

Penulis menceritakan kisah tokoh secara berurutan, terkadang juga menambahkan pandangannya pribadi.

3. Reorientasi
Ini adalah bagian terakhir yang biasanya berisi komentar penulis atau kalimat-kalimat motivasi dari tokoh di dalam cerita. Isinya lebih condong pada kesimpulan atau pelajaran berharganya.

Namun terkadang ada penulis yang tidak menambahkan reorientasi. Tujuannya agar pembaca bisa mengambil pelajaran sendiri dari kisah-kisah di tulisannya.

Jenis Biografi
Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), terdapat empat jenis teks biografi yang memiliki beberapa bentuk berbeda di antaranya,
1. Jenis Biografi Berdasarkan Izin atau Sisi Penulisan
Jenis biografi berdasarkan izin atau sisi penulisannya terbagi menjadi dua macam di antaranya,
a. Authorized biography
Authorized biography adalah sebuah teks biografi yang penulisannya sudah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang diceritakan. Isi biografi jenis ini dibuat atas izin tokoh guna menceritakan ulang kisah dan riwayat hidup seseorang dalam bentuk teks narasi.

b. Unauthorized biography
Unauthorized biography adalah sebuah teks biografi yang penulisannya tidak atas izin atau sepengetahuan tokoh yang diceritakan. Jenis biografi ini biasanya digunakan untuk menceritakan kehidupan seorang tokoh yang sudah meninggal dunia.

2. Jenis Biografi Berdasarkan Isinya
Jenis-jenis biografi berdasarkan isinya juga terbagi menjadi 2 macam di antaranya,
a. Biografi perjalanan hidup
Biografi perjalanan hidup adalah biografi yang berisi tentang perjalanan hidup seorang tokoh terkenal atau berpengaruh. Biografi jenis ini menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau dianggap sangat berkesan.

Dalam penulisan biografi jenis ini, penulis bisa menentukan sudut pandang kisah yang akan diceritakan. Misalnya, penulis bisa memilih kisah hidup si tokoh yang dianggap mengharukan.

b. Biografi perjalanan karier
Biografi perjalanan karier adalah biografi yang berisikan perjalanan karier dari tokoh yang diceritakan, mulai dari awal kariernya sampai sekarang atau akhir hayatnya. Anda juga bisa menceritakan perjalanan karier seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

Penulisan biografi perjalanan karier ini pun hampir mirip dengan biografi perjalanan hidup. Penulis bebas menentukan fokus pembahasannya dalam biografi. Misalnya, penulis hanya memilih kisah perjalanan karier seseorang yang inspiratif atau mencapai kesuksesan luar biasa.

3. Jenis Biografi Berdasarkan Bahan Penulisannya
Jenis biografi berdasarkan bahan penulisannya juga terbagi menjadi 3 macam di antaranya,
a. Biografi jurnalistik
Biografi jurnalistik adalah biografi yang bahan penulisannya diperoleh dari hasil wawancara langsung tokoh yang diangkat kisah hidupnya, baik dengan tokoh utama yang diceritakan atau tokoh pendukung, seperti keluarga atau kerabat dekat tokoh utama.

b. Biografi politik
Biografi politik adalah jenis biografi yang biasanya membahas politik atau berisi kisah hidup tokoh politik. Penulisan biografi jenis ini berasal dari hasil riset yang biasanya juga berisi kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.

c. Biografi intelektual
Biografi intelektual juga hampir sama dengan biografi politik yang bahannya diperoleh dari hasil riset. Tapi, biografi jenis ini biasanya mengangkat kisah hidup tokoh intelektual yang dipandang dari berbagai sudut pandang dan ditulis menggunakan gaya bahasa ilmiah.

4. Jenis Biografi Berdasarkan Penerbitnya
Jenis-jenis biografi berdasarkan penerbitnya terbagi menjadi 2 macam di antaranya,
a. Biografi buku subsidi
Biografi buku subsidi dibuat dan diterbitkan oleh sponsor yang berkaitan, mulai dari biaya produksi hingga penerbitan yang seluruh biayanya ditanggung oleh pihak sponsor. Sayangnya, biografi jenis ini tidak akan laku dijual atau terjual dengan harga jualnya terlalu tinggi hingga tak terjangkau.

b. Biografi buku sendiri
Biografi buku sendiri adalah jenis biografi tokoh yang dibuat buku oleh penerbit sendiri. Sehingga, seluruh biaya produksi, mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan penulisan biografi buku sendiri ini untuk dijual bebas di pasaran dan mendapatkan perhatian publik.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 6. Pengolahan Data (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 7. Penulisan Laporan Penelitian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) 

7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
 
9. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.1 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.2 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016) 

11. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.1 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
13. Materi Ujian Nasional Kompetensi Jenis Penelitian Sosial
14. Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial
15. Materi Ujian Nasional Kompetensi Metode Penelitian Sosial
16. Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian       
17. Materi Ringkas Jenis, Prosedur, Metode (Pendekatan), dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian
18. Materi Ringkas Penentuan Topik dan Manfaat Penelitian

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Biografi: Pengertian, Ciri, Struktur Penulisan, dan Jenisnya"