Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zona Abisal: Pengertian, Ciri, Fauna, Flora, dan Contohnya

Pengertian Zona Abisal
Zona Abisal

Pengertian Zona Abisal
Zona abisal adalah zona laut sangat dalam, dimulai dari kedalaman 1000 meter sampai 6000 meter. Zona ini termasuk ke dalam lubuk laut dan palung laut. Tekanan air laut sudah besar sehingga hanya sedikit binatang-binatang laut yang dapat hidup di zona ini. Binatang laut yang dapat hidup di zona ini cenderung pipih dan panjang.

Tepat di atas zona abisal ini terdapat zona batial, daerah yang terakhir mendapatkan cahaya di mana sebagian besar kehidupan laut itu ada. Sedangkan tepat di bawah zona abisal yaitu zona hadal, daerah yang diliputi oleh kegelapan abadi.

Ciri Zona Abisal
1. Laut yang amat dalam. Zona ini memiliki kedalaman yang lebih dalam dibandingkan zona batial yang sudah dikatakan sebagai laut dalam. Zona abisal memiliki kedalaman sekitar lebih dari 2000 meter. Hal itu sudah membuktikan betapa dalamnya zona abisal ini.
2. Zona yang sangat gelap. Zona batial adalah zona terakhir yang mendapatkan cahaya. Oleh karena itu, di zona abisal ini daerahnya benar-benar gelap tanpa ada cahaya sedikit pun. Selain itu tekanan yang besar dari zona abisal membuat manusia sangat sulit untuk mengekslorasi laut dalam.
3. Habitat hewan. Hewan-hewan yang hidup pada zona abisal adalah hewan yang mampu hidup tanpa adanya cahaya dan mampu menahan tekanan dalam jumlah besar. Biasanya, hewan yang hidup di zona ini adalah hewan yang bisa mengeluarkan cahaya dari tubuhnya sendiri. sehingga populasi hewan laut sangat sedikit dibandingkan dengan zona batial apalagi zona neritik dan litoral.

Fauna Zona Abisal
Ikan yang menghuni zona abisal dikenal sebagai ikan abyssal. Hewan-hewan ini cenderung abu-abu atau hitam, mereka sangat tidak terstruktur dan tanpa garis. Bentuk mobile memiliki kaki panjang; dan hewan yang diikat ke bawah memiliki batang, yang memungkinkan mereka naik di atas lapisan air yang paling dekat ke bawah, di mana oksigen langka.

Crustacea dan ikan laut dalam bisa buta karena gelap. Dengan meningkatnya kedalaman, karnivora dan pemulung menjadi kurang berlimpah dibandingkan hewan yang memakan lumpur dan bahan tersuspensi. Hewan abisal dipercaya mereproduksi dengan sangat lambat. Tentu saja binatang yang menghuni daerah ini sangat aneh dan memiliki penampilan yang mengerikan.

Sebagian besar juga bersifat bioluminescent, yang membantu mereka menarik mangsa dan menghindari beberapa bahaya. Anda juga dapat menemukan gigantisme abisal, yang mencakup binatang sebesar laba-laba laut yang berukuran lebih dari 1,50 meter. Di antara spesies yang dapat kita temukan adalah: cumi-cumi raksasa yang berhasil mencapai ukuran antara 17 dan 19 meter, ikan naga, ikan balon, cumi-cumi, gurita dumbo, anoplogaster brachycera, soccpharynx, melanocetus johnsonii dan ikan kapak.

Flora Zona Abisal
Flora yang menghuni zona abisal terutama memakan puing-puing yang jatuh ke dasar laut dari permukaan. Karena sinar matahari tidak dapat mencapai tanaman, mereka tidak dapat melakukan proses fotosintesis, sehingga tidak ada ganggang hijau. Di beberapa tempat di mana sumber hidrotermal muncul, yang tergantung pada energi gunung berapi, sintesis kemo terjadi, yang mengembangkan beberapa spesies bakteri.

Contoh Zona Abisal
Zona abisal terdapat lubuk laut dan palung. Adapun beberapa contoh palung terdalam di dunia di antaranya,
1. Palung Mariana
Palung Mariana adalah palung terdalam nomor satu yang terletak di daerah Samudera Pasifik. Palung ini memiliki kedalaman sekitar 10.911 meter. Selain Philippine, Mariana juga terdapat di negara Filipina yang mana tentunya mempunyai bagian terdalam yang bernama Challenger.

2. Palung Tonga
Palung terdalam yang menempati posisi kedua adalah Palung Tonga yang memiliki kedalaman sekitar 10.882 meter. Palung ini berada di wilayah Samudera Pasifik. Untuk bagian terdalamnya disebut sebagai Deep Horison.

3. Palung Philippine
Palung terdalam yang ketiga adalah Palung Philippine. Palung ini memiliki kedalaman sekitar 10.540 meter. Palung ini terletak di salah satu negara di Benua Asia yakni Negara Filipina. Nama lainnya adalah Palung Mindanao. Selain itu, palung ini juga sangat lebar yakni mencapai 1.320 meter dengan dindingnya yang terjal dan tajam.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Zona Abisal: Pengertian, Ciri, Fauna, Flora, dan Contohnya"