Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Planetisimal: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Teori Planetisimal
Teori Planetisimal

Pengertian Teori Planetisimal
Teori Planetisimal adalah teori pembentukan tata surya yang berasumsi bahwa planet yang ada dalam tata surya berasal dari sebuah bintang yang melintas di dekat matahari. Bintang tersebut mempunyai daya tarik yang sangat besar, sehingga membuat massa daripada matahari, terpental dan membuat gelombang pasang.

Karena daya tarik yang kuat, beberapa masa yang terlempar tersebut, tertahan dan mengorbit di area sekitar matahari. Semakin lama semakin dingin, dan kemudian mereka membentuk menjadi suatu planet yang sekarang mengitari matahari sampai detik ini.

Salah satunya adalah bumi. Meski begitu, suhu dingin dan keras, hanya ada di bagian luar dari planet-planet yang terbentuk, dan suhu panas pada bagian inti dari planet-planet yang ada.

Teori ini dicetuskan oleh seorang astronom bernama Forest Ray Moulton dan seorang geolog bernama Thomas C. Chamberlin dari Universitas Chicago, yang kemudian menamakan teori mereka ini dengan nama Teori Planetisimal.

Kelebihan Teori Planetesimal
Kelebihan yang dimiliki teori planetesimal adalah bahwa teori ini memberikan penjelasan secara teoritis dan masuk akal sehingga bisa diterima oleh logika. Hal ini menyebabkan teori ini mudah diterima di kalangan para ilmuwan sehingga mudah pula untuk disetujui bersama.

Kelemahan Teori Planetesimal
Beberapa kelemahan yang dimiliki oleh teori planetesimal di antaranya,
1. Gas seharusnya terpancar ke seluruh angkasa
Di teori planetesimal disebutkan bahwa materi- materi gas dari matahari yang terlempar keluar kemudian menjadi cair dan kemudian memadat di sekitar matahari membentuk sebuah planet. Ada kejanggalan di dalam proses ini. Seharusnya gas yang terlempar tersebut terpancar ke seluruh angkasa mengingat suhu dari materi yang terlepas dari matahari sangat tinggi, dan bukan malah memadat di sekitar matahari.

2. Materi yang berhamburan lebih memungkinkan untuk melayang- layang di angkasa
Teori planetesimal menyebutkan bahwa materi yang berhamburan kemudian memadat dan mengelilingi matahari. Hal ini merupakan sebuah kejanggalan juga. Seharusnya materi gas yang tertarik ketika ada bintang besar yang melintas maka materi- materi tersebut lebih mungkin untuk melayang- layang bebas di angkasa dan kecil kemungkinannya untuk kembali berputar mengelilingi matahari.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Teori Planetisimal: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya"