Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semenanjung: Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Semenanjung
Semenanjung

Pengertian Semenanjung
Semenanjung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian daratan yang menjorok ke laut; jazirah. Demikian, semenanjung (jazirah) adalah formasi geografis yang terdiri atas pemanjangan daratan dari badan daratan yang lebih besar yang dikelilingi oleh air pada tiga sisinya juga bagian daratan yang menjorok ke laut.

Dengan kata lain, semenanjung adalah tanjung yang sangat luas, sementara jazirah lebih besar dari Semenanjung. Semenanjung dapat pula memiliki daratan sempit yang diapit oleh dua badan air yang berdekatan. Daratan sempit ini disebut sebagai tanah genting.

Karakteristik Semenanjung
Beberapa karakteristik dari semenanjung di antaranya,
1. Batas. Semenanjung memiliki garis pantai yang menjorok ke laut. Bentuknya memiliki tiga sisi, di mana masing-masing sisinya berbatasan langsung dengan lautan.
2. Perpanjangan Badan Daratan. Apabila melihat tanjung dari ketinggian, bentuknya akan seperti daratan yang menonjol ke laut. Dalam hal ini, juga termasuk daratan yang hampir putus karena adanya daratan sempit yang terapit lautan.
3. Daratan yang Cukup Luas. Semenanjung ialah tanjung yang lebih luas, sehingga daratan ini juga dapat menjadi pemukiman penduduk. Masyarakat yang menghuni semenanjung sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan memanfaatkan hasil laut untuk kehidupan sehari-hari.
4. Cuaca Dipengaruhi oleh Angin. Cuaca di daerah semenanjung dipengaruhi oleh keadaan angin, yakni angin darat dan angin laut. Hal ini karena daerah semenanjung diapit oleh lautan di ketiga sisinya. Saat musim hujan, curah hujan di daerah semenanjung akan lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya.

Manfaat Semenanjung
Beberapa manfaat dari semenanjung di antaranya,
1. Sebagai tempat tinggal manusia. Oleh karena tipe daratan ini yang lebar, maka daya tampung ini juga tidak sedikit. namun itu semua juga disesuaikan dengan luas dari semenanjung tersebut.
2. Sebagai daerah yang cocok untuk dibuat tambak. Hal ini karena letaknya yang dekat dengan pantai. Tambak yang cocok dibangun di wilayah semenanjung terutama untuk ikan- ikan yang hidupnya di air asin.
3. Sebagai lahan untuk ladang garam. Hal ini karena air laut sebagai bahan baku pembuatan garam sangat mudah didapatkan.
4. Sebagai sumber mata pencaharian. Bagian laut yang berbatasan langsung dengan daerah semenanjung biasanya lebih kaya akan ikan dan juga biota laut lainnya. Oleh karena itulah kondisi ini sangat bisa dimanfaatkan sebagai mata pencaharian, yaitu bagi nelayan untuk menangkap ikan atau mencari binatang laut lainnya.
5. Sebagai tempat wisata. Lokasi semenanjung yang indah dengan apitan pantai di ketiga sisinya sangat berpotensi sebagai tempat wisata. Selain itu daerah ini juga banyak angin sehingga terasa lebih sejuk daripada daratan rendah yang jauh dari laut.
6. Membantu meminimalisir banjir yang disebabkan oleh air laut. Adanya semenanjung juga memiliki salah satu fungsi yakni meminimalisir terjadinya banji rob atau banjir yang disebabkan oleh luapan air laut.
7. Dimanfaatkan sebagai pelabuhan: Salah satu fungsi dari semenajung adalah daerah ini seringkali digunakan sebagai pelabuhan karena aksesnya dengan lautan yang terbilang mudah.
8. Pintu masuk atau akses utama dari perdagangan internasional atau antar negara. Karena banyak dibangun pelabuhan di semenanjung, maka pelabuhan- pelabuhan inilah yang kemudian menjadi pintu masuk jalur perdagangan internasional.

Contoh Semenanjung
1. Benua Asia
a. Semenanjung Tenggara di Indonesia, adalah salah satu semenanjung utama yang ada di pulau Sulawesi, Indonesia, Disebut sebagai semenanjung Tenggara karena letaknya yang ada di tengah pulau hingga ke ujung tenggara pulau. Semenanjung lainnya di Indonesia adalah Semenanjung Blambangan di Jawa, Semenanjung Benoa di  Pulau Bali dan lain-lain.
b. Semenanjung Bōsō di Jepang, adalah semenanjung yang ada di Jepang tepatnya di Pulau Honshu. Semenanjung dengan luas 5.034 km². ini lah yang membentuk tepi timur Teluk Tokyo. Selain Semenanjung Bōsō  ada juga semenanjung Noto seluas 100 km persegi dan Semenanjung Kunisaki di pulau Kyushu.
c. Semenanjung Sinai di Mesir, adalah salah satu semenanjung yang ada di Asia Barat tepatnya di Mesir bagian Asia. Semenanjung berbentuk segitiga ini memiliki luas 60.000 km².
d. Semenanjung Deccan di India, adalah semenanjung terbesar kedua setelah Semenanjung Arab. Semenanjung dengan luas 800.004 mil² ini dikelilingi oleh Laut Arab, Teluk Benggala, Samudera Hindia.
e. Jazirah Arab, atau lebih dikenal sebagai Jazirah arab adalah semenanjung terbesar di dunia yang berlokasi di Benua Asia bagian barat daya. Luasnya yakni mencapai 151.000 km persegi.  Semenanjung ini dihuni oleh 86,221,765 penduduk.

2. Benua Amerika
a. Semenanjung Delmarva, merupakan sebuah semenanjung yang ada di pesisir timur Amerika serikat. Luasnya yakni mencapai 170 mil dan dengan lebar terbesarnya 70 mil.
b. Semenanjung Guajira, atau Semenanjung La Guajira berlokasi di Amerika Selatan tepatnya di Kolombia dan dibatasi oleh Laut Karibia dan Teluk Venezuela dengan luas 25,000 km persegi.
c. Semenanjung Labrador, dikenal juga sebagai Jazirah Labrador atau Jazirah Quebec-Labrador adalah semenanjung besar yang ada di Kanada, Amerika Utara. Jazirah ini membentang seluas 1,400,000 km persegi.
d. Semenanjung Yucatán, berada di Meksiko bagian Tenggara, Amerika Tengah. Jazirah ini membentang seluas 38.402 km² dan dihuni oleh 1.658.210 jiwa

3. Benua Eropa
a. Semenanjung Skandinavia. Lokasi dari Semenanjung Skandinavia yaitu di sebelah barat daya benua Eropa  Semenanjung seluas 750.000 km² dan sepanjang 1.850 km ini terdiri dari negara Finlandia, Islandia, Swedia, Denmark, dan Norwegia. Semenanjung ini merupakan yang terbesar di Eropa
b. Semenanjung Iberia. Sama dengan Semenanjung Skandinavia, Iberia juga menjadi lokasi dari beberapa negara yaitu  Spanyol, Portugal, Andorra, dan Gibraltar dan sebagian dari Perancis. Semenanjung ini memiliki luas 583.254 km² dan menjadi yang terbesar kedua di Eropa.
c. Semenanjung Italia. Semenanjung Italia disebut juga dengan Semenanjung Apenina yakni daratan luas menjorok ke lautan yang ada di  Provinsi L’Aquila Italia. Luasnya yakni mencapai 131.337 km² dengan panjang 1.000 km.
d. Semenanjung Balkan. Merupakan sebuah semenanjung yang ada di Eropa bagian Tenggara yang memiliki luas  550.000 km² dengan jumlah penduduk 53 juta jiwa.

4. Benua Australia
a. Semenanjung Tasman. Merupakan sebuah semenanjung seluas 660 km persegi di Tasmania tenggara, Australia. Semenanjung terbesar di Australia ini memiliki nama lain yaitu Turrakana.
b. Semenanjung Mornington. Semenanjung Mornington berlokasi di bagian selatan Melbourne, Victoria, Australia. Semenanjung ini membentang seluas 723 km².
c. Semenanjung Tanjung York. Disebut juga sebagai Semenanjung Yorke berlokasi di  Queensland, Australia. Semenanjung sepanjang 260 km ini merupakan titik paling utara dari Australia.

5. Benua Antartika
Semenanjung Antartika. Semenanjung ini memiliki banyak nama lain yakni Palmer Peninsula, Graham Land, dan Tierra de O’Higgins. Titik paling utara dari Benua Antartika ini memiliki luas 522,000 km2.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Semenanjung: Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Contohnya"