Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selat Sunda: Pengertian, Letak, Ciri, Pulau di Sekitarnya, serta Faktanya

Pengertian Selat Sunda
Selat Sunda

Pengertian Selat Sunda
Selat Sunda adalah selat yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatra di Indonesia, serta menghubungkan Laut Jawa dengan Samudera Hindia. Pada titik tersempitnya, lebar dari Selat Sunda sekitar 30 Km dengan kedalaman rata-rata sekitar 27 meter. Selat Sunda merupakan jalur pelayaran penting yang merupakan salah satu dari dua lintasan utama yang mengalir dari Laut China Selatan menuju Samudera Hindia (satunya lagi ialah Selat Malaka).

Letak Selat Sunda
Selat Sunda berada di antara pulau Sumatera dan Pulau Jawa, tepatnya di antara Provinsi Banten dan juga Provinsi Lampung. Selat Sunda juga merupakan penghubung antara Laut Cina Selatan dan juga Samudera Hindia. Apabila menyeberang dari pelabuhan Merak ke pelabuhan Bakaheuni atau sebaliknya maka kita menyeberangi Selat Sunda.

Ciri Selat Sunda
Terdapat beberapa ciri khas dari Selat Sunda di antaranya,
1. Terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera tepatnya berbatasan dengan Provinsi Banten dan Lampung.
2. Menjadi penghubung antara Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia.
3. Titik tersempit, lebar Selat Sunda yaitu sekitar 30 km.
4. Memiliki kedalaman sekitar 27 m.
5. Terdapat pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya.
6. Ada beberapa pulau dengan gunung vulkanik yang masih aktif.

Pulau di Sekitar Selat Sunda
Di sekitar Selat Sunda terdapat pulau-pulau kecil. Beberapa di antara pulau-pulau tersebut menjadi tempat tinggal manusia. Selain itu juga terdapat sebuah pulau vulkanik yang berisi gunung berapi aktif.
1. Pulau Sangiang, secara administratif termasuk ke dalam wilayah Provinsi Banten, tepatnya di Kabupaten Serang.
2. Pulau Sebesi, secara administratif berada di wilayah Provinsi Lampung, tepatnya di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Letak Pulau Sebesi sangat dekat dengan Gugusan Krakatau. Salah satu keunggulan Pulau Sebesi ialah tanahnya yang subur, sehingga dimanfaatkan untuk sektor perkebunan.
3. Pulau Anak Krakatau, menjadi satu-satunya pulau vulkanik yang ada di sekitar selat Jawa-Sumatera. Di dalam pulau ini terdapat gugusan gunung api yang sangat aktif hingga sekarang.
4. Pulau Sebuku Kecil, termasuk ke dalam wilayah Provinsi Lampung. Pulau ini berjarak sekitar 2,5 km dan Pulau Sebesi.

Fakta Selat Sunda
1. Kental dengan sejarah. Selat Sunda ini menyimpan sebuah legenda yang unik. Kisah legenda tersebut sudah menjadi kepercayaan masyarakat sekitarnya.
2. Pernah terjadi tsunami besar. Pada 23 Desember 2018 silam, sempat terjadi tsunami besar di kawasan sekitar Selat Sunda tepatnya sebuah gelombang tsunami yang menerjang pesisir Banten bagian barat dan sebagian wilayah Lampung Selatan. Diduga tsunami tersebut diakibatkan oleh erupsi gunung anak Krakatau.
3. Sebagai jalur pelayaran terpenting. Selat Sunda merupakan jalur pelayaran penting karena memiliki lintasan utama yang mengalir dari Laut Cina Selatan ke Samudera Hindia.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Selat Sunda: Pengertian, Letak, Ciri, Pulau di Sekitarnya, serta Faktanya"