Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punggung Laut: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Punggung Laut
Punggung Laut

Pengertian Punggung Laut
Punggung laut (punggung bukit lautan) adalah bentukan di dasar laut yang mirip tanggul raksasa. Panjangnya bisa ribuan kilometer. Bentuk dari punggung laut dapat digambarkan seperti bukit di dasar laut. Sebagian dari punggung laut ada juga yang muncul di atas permukaan air laut. Misalnya, Punggung Laut Sibolga dan Punggung Laut Snehus.

Punggung laut dibatasi oleh laut dalam di kanan kirinya. Bentuk punggung laut terdapat di antara 2 lempeng yang menjauh satu sama lain. Dengan begitu, punggung laut memiliki lereng. Lereng landai pada punggung laut disebut dengan rise. Sedangkan lereng curam punggung laut disebut dengan ridge.

Punggung laut terbentuk akibat adanya tenaga endogen berupa proses tekanan vertikal. Pada batas pergerakan tersebut akan terbentuk kerak bumi yang baru disebabkan oleh naiknya materi dari lapisan mantel (magma) ke permukaan bumi dan membeku sehingga terbentuklah punggung laut.

Ciri Punggung Laut
Ciri-ciri dari punggung laut di antaranya,
1. Puncak dari punggung laut bisa keluar dari permukaan dan juga dapat menjadi pulau.
2. Merupakan daratan atau permukaan bawah laut yang menjulang ke atas.
3. Memiliki dua lereng yaitu lereng landai dan lereng curam.
4. Kedalamannya mencapai ribuan kilometer.
5. Terbentuk akibat adanya tenaga endogen.
6. Bentuknya mirip dengan tanggul raksasa.

Contoh Punggung Laut
1. Punggung Laut Sibolga
Salah satu laut yang memiliki punggung laut yaitu Laut Sibolga. Laut Sibolga berada di Kota Sibolga, Sumatera Utara, Indonesia. Kota Sibolga itu sendiri merupakan kota yang berdiri di atas daratan pantai, lereng dan juga pegunungan di mana hampir seluruh penduduknya bertempat tinggal di daratan pantai rendah. Kota ini terletak di ketinggian sekitar 0-150 meter di atas permukaan laut.

2. Punggung Laut Walvis
Punggung Laut Walvis ini terletak di Namibia, Afrika, tepatnya di sebelah selatan dari Samudera Atlantik. Luas wilayahnya sekitar 3.000 Km membentang dari Punggung Laut Atlantik Tengah dekat Tristan da Cunha dan Kepulauan Gough hingga ke pantai Afrika.

Punggung laut ini terbentuk dari akibat adanya tekanan vulkanisme. Selain itu, punggung laut ini juga menjadi rantai gunung bawah laut yang menghubungkan provinsi banjir basal ke jalur aktif.

3. Punggung Laut Mascarene
Pungungg Laut Mascarene berada di Kepulauan Mauritius. Kepulauan Mauritius itu sendiri terletak di sebelah barat daya dari Samudera Hindia dan jaraknya sekitar 900 Km di sebelah timur Madagaskar. Kepulauan ini terbentuk akibat adanya ledakan vulkani di bawah laut saat lempeng Afrika sedang bergerak menuju titik panas.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Punggung Laut: Pengertian, Ciri, dan Contohnya"