Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Garis Wallace

Pengertian Garis Wallace


Garis wallace adalah garis khayal yang membagi flora dan fauna di wilayah Indonesia. Bagian barat dari garis ini berhubungan dengan spesies Asia; di timur kebanyakan berhubungan dengan spesies Australia. Garis Wallace ditemukan oleh Alfred Russel Wallace. Wallace melakukan penjelajahan dari negara Malaysia hingga negara Indonesia pada tahun 1854 sampai dengan 1862.

Peneliti asal Inggris tersebut berkeliling Indonesia untuk mengumpulkan spesimen biologis. Hasilnya, spesies yang ada di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok berbeda. Padahal pulau-pulau itu berdekatan. Perbedaan ini berasal dari nenek moyang spesies ribuan tahun lalu ketika benua-benua dan pulau bentuknya berbeda dari saat ini. Maka untuk menunjukkan perbedaan ini, ditariklah garis pemisah yang melewati Selat Lombok dan lurus sampai ke Selat Makassar.
 
Fauna di sekitar garis wallace itu juga dikenal dengan sebutan fauna kepulauan wallace. Fauna dan Flora ini terletak di wilayah tengah Indonesia meliputi Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara serta pulau-pulau keci di sekitarnya. Persebaran flora dan fauna berdasarkan garis wallace ini merupakan percampuran antara tipe asiatis dan tipe australia. Sehingga banyak ditemukan jenis-jenis flora dan fauna yang mirip dan sama jenisnya.

Contoh-contoh fauna kepulauan wallace meliputi babi rusa, anoa, komodo, buaya hingga ular. Namun dalam perkembangannya, garis Wallace telah diperbaiki oleh garis Weber. Sehingga batas penyebaran flora dan fauna di Asia dapat ditentukan secara beda-beda, berdasarkan tipe flora dan faunanya melalui garis Wallace-Weber.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Garis Wallace"