Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanah Top Soil: Pengertian, Ciri, Kandungan, dan Manfaatnya

Pengertian Tanah Top Soil atau tanah lapisan atas
Tanah Top Soil

Pengertian Tanah Top Soil
Tanah top soil (tanah lapisan atas) adalah tanah yang berada di lapisan paling atas tanah dengan kedalaman sekitar 5 hingga 30 sentimeter dari permukaan Bumi. Tanah ini biasanya terbentuk ketika bebatuan telah melewati suatu proses geological yang membuat batu-batu tersebut hancur dan terurai menjadi serpihan- serpihan yang sangat kecil dan terkumpul di atas permukaan bumi.

Tanah top soil terbentuk bukan dari jangka waktu yang sebentar, bahkan mungkin bisa terjadi atau terbentuk dalam ribuan tahun lamanya. Biasanya untuk tanah top soil dengan kualitas yang sangat baik, bisa dapat ditemui didaerah yang belum banyak terjamah oleh manusia, misalnya saja seperti di hutan-hutan belantara.

Pada lapisan tanah top soil ini, banyak sekali terkandung bahan-bahan organik, humus dan bahan-bahan alami lainnya yang sifatnya akan menyuburkan tanah sehingga sangat baik bila digunakan untuk pertumbuhan tanaman. Tanah ini berperan sangat penting dalam pertumbuhan tanaman.

Ciri Top Soil
Beberapa ciri yang dimiliki lapisan tanah top soil di antaranya,
1. Berada di bagian teratas dari permukaan Bumi. Salah satu ciri kuat yang dimiliki oleh top soil adalah keberadaannya yang berada di paling atas dari permukaan Bumi. Top soil ini dapat kita temukan pada kedalaman sekitar 5 cm hingga 30 cm.
2. Memiliki sifat yang subur. Top soil yang merupakan lapisan teratas memang memiliki sifat yang subur karena terbentuk oleh campuran- campuran bahan organik dalam jumlah yang banyak, seperti dedaunan yang membusuk, ranting- ranting kayu yang telah mati, dsb.
3. Terbentuk dari bebatuan yang telah hancur karena proses geological bumi. Top soil ini kaya akan mineral yang bersumber dari batuan- batuan yang telah menyusunnya hingga menjadi tanah.

Kandungan Top Soil
Terdapat banyak kandungan bahan alami yang terdapat atau yang menyusun top soil di antaranya Tanah lempung (loam), Kelodak dan pasir, Kompos, Berbagai mikroorganisme yang masih hidup. Zat- zat ini telah bercampur menjadi satu dan terbentuk secara alami. Karena zat- zat tersebut bercampur secara alami maka top soil inilah memiliki sifat yang sangat subur.

Manfaat Tanah Top Soil
Kondisi tanah yang subur, serta keberadaannya yang berada di posisi paling atas, membuat tanah top soil ini baik sekali untuk dimanfaatkan dalam bidang pertanian di antaranya,
1. Dapat memperbaiki struktur tanah, dengan mencampurkan tanah top soil ini pada tanah di kawasan yang sedang dikembangkan untuk pertanian.
2. Dapat digunakan sebagai media persemaian.
3. Dan dapat memperbaiki udara yang berada di dalam tanah. Karena kandungan yang dimiliki tanah top soil seperti pasir, silt, loam, sehingga mampu membantu pengudaraan di dalam tanah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Tanah Top Soil: Pengertian, Ciri, Kandungan, dan Manfaatnya"