Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanah Padas: Pengertian, Karakteristik, Pemanfaatan, Kelemahan, dan Persebaran

Pengertian Tanah Padas
Tanah Padas

Pengertian Tanah Padas
Tanah Padas adalah jenis tanah yang sangat padat dikarenakan mineral di dalamnya dikeluarkan oleh air yang terdapat di lapisan tanah atasnya sehingga kandungan tanah telah hilang dan sisanya terdiri dari lapukan batuan induk. Kandungan organik tanah ini rendah bahkan hampir tidak ada dan peka terhadap erosi.

Tanah padas ini merupakan tanah yang menyerupai batuan. Karena teksturnya yang sangat padat ini menjadikan tanah ini keras seperti sebuah batu. Warna dari tanah ini cenderung merah atau bahkan putih. Tanah padas cukup sulit untuk menyerap air. Tanah padas jarang sekali dimanfaatkan untuk sektor pertanian.

Tanah padas dimanfaatkan dalam infrastruktur bangunan untuk pondasi bangunan besar seperti gedung bertingkat, stadium bola ataupun gudang-gudang besar karena teksurnya yang padat sangat kukuh untuk menopang bangunan besar di atasnya.

Jenis tanah ini hampir sebagian besar terdapat pada daerah dataran tinggi dan penyebarannya terdapat hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Karakteristik Tanah Padas
Beberapa ciri sifat fisik dari tanah padas di antaranya,
1. Mempunyai tekstur atau bentuk tanah yang sangat padat
Salah satu yang ciri yang melekat kuat pada tanah padas dan sekaligus menjadi ciri khas dari tanah padas adalah kepadatannya yang luar biasa dibandingkan dengan jenis tanah lainnya, sehingga tanah ini akan lebih tampak sebagai batuan daripada tanah pada umumnya.

Tanah padas ini mempunyai tekstur yang sangat padat karena kandungan mineral yang ada di dalam tanah tersebut sudah dikeluarkan oleh air. Sehingga tanah ini tidak mengandung mineral dan strukturnya terlihat sangat padas hingga menyerupai batu.

2. Mempunyai kandungan organik yang sangat rendah
Tanah padas merupakan lapisan tanah yang tidak mempunyai kandungan bahan- bahan organik yang tinggi. Dengan kata lain, kandungan bahan organik yang ada dalam tanah tersebut berjumlah sangat rendah.

Karena kandungan bahan organik yang rendah inilah tanah padas ini merupakan tanah yang tidak cocok untuk bercocok tanam. Hal ini karena kandungan organik yang rendah tersebut menandakan bahwa tanah padas ini bukanlah jenis tanah yang subur.

3. Tidak mempunyai kandungan mineral
Tanah padas juga merupakan tanah yang tidak mengandung mineral. Hal ini karena kandungan mineral yang ada pada tanah padas ini telah dikeluarkan oleh air yang berada di lapisan tanah di atas tanah padas tersebut. Akibatnya, tanah padas ini merupakan tanah yang kosong karena tidak mengandung kandungan mineral sama sekali (atau kalaupun ada hanya berjumlah sedikit).

Seperti yang kita tahu bahwasannya mineral merupakan zat yang penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Oleh karena tanah padas ini tidak mengandung mineral sama sekali, dan ditambah tidak mengandung bahan- bahan organik, maka tanah padas ini semakin tidak cocok untuk pertanian.

4. Peka terhadap erosi
Tanah padas merupakan jenis tanah yang sangat peka terhadap erosi tanah. Hal ini karena tanah ini tidak mempunyai cukup kandungan untuk dapat mempertahankan keutuhan struktur tanahnya. Jika struktur tanah ini tidak dijaga dengan baik, akibatnya tanah tersebut akan mudah terkikis oleh air hujan dan semacamnya.

Meskipun secara sifat struktur tanah padat, namun tanah ini ternyata sangat peka terhadap erosi pada tanah yang bisa terjadi setiap saat.

5. Mempunyai sifat sangat sulit menyerap air
Tanah padas merupakan tanah yang mempunyai sifat sulit untuk menyerap air. Namun meskipun sulit, tanah padas ini tetap mampu atau bisa untuk menyerap air.

6. Biasanya dimanfaatkan untuk infrastruktur bangunan
Karena strukturnya yang sangat padat dan karena tanah jenis ini tidak cocok digunakan untuk lahan pertanian ataupun perkebunan, maka tanah padas ini biasanya dimanfaatkan di bidang infrastruktur bangunan.

Misalnya dibuat pondasi- pondasi bangunan gedung bertingkat, stadion, hingga gudang- gudang yang besar karena teksturnya yang padat dan juga kokoh sehingga  mampu menopang bangunan besar yang berada di atasnya.

7. Mempunyai suhu yang tinggi
Tanah padat merupakan jenis tanah yang mempunyai suhu yang tinggi bila dibandingkan dengan suhu dari jenis tanah yang lainnya.

8. Biasanya terletak di lapisan tanah bagian bawah
Tanah padas merupakan jenis tanah yang biasanya ditemukan di dalam tanah dengan kedalaman tertentu. tanah padas ini biasanya akan didahului oleh beberapa jenis tanah lainnya. Tanah padas ini akan ditemukan setelah kita menggali pada kedalaman beberapa meter di dalam tanah.

Oleh karena letaknya yang berada di kedalaman tertentu dan juga karena ditindih oleh lapisan- lapisan tanah yang ada di atasnya maka  tanah ini menjadi bertekstur padat dan tidak mempunyai kandungan air dan juga kandungan mineral.

Pemanfaatan Tanah Padas
Mengingat arena tanah padas ini juga bukan merupakan suatu jenis tanah yang subur. Oleh karena itu tanah padas lebih sering dimanfaatkan dalam bidang yang lainnya. Salah satu pemanfaatan dari tanah padas ini adalah untuk membuat infrastruktur sebuah bangunan.

Tanah padas yang memiliki tekstur keras dan juga kokoh ini akan menjadi pondasi yang kuat dan sangat baik bagi suatu bangunan, terlebih bagi bangunan yang besar dan memerlukan pondasi yang kuat.

Kelemahan Tanah Padas
1. Tanah padas bukan merupakan tanah yang subur sehingga tidak cocok untuk ditanami suatu tanaman.
2. Tanah padas sangat peka terhadap erosi sehingga tanahnya mudah terkikis
3. Tanah padas mempunyai sifat sulit menyerap air sehingga tidak mudah menyimpan cadangan air yang bisa digunakan suatu saat nanti.

Persebaran Tanah Padas di Indonesia
Tanah padas bukanlah merupakan suatu jenis tanah yang terbilang khusus ada di wilayah daerah tertentu. Tanah padas ini dapat dengan mudah kita temui di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tanah padas dapat kita jumpai di daerah- daerah dataran tinggi secara merata di Indonesia. Maka dari itu kita akan lebih mudah menjumpai tanah padas ini di wilayah dengan ketinggian tertentu daripada di wilayah yang rendah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Tanah Padas: Pengertian, Karakteristik, Pemanfaatan, Kelemahan, dan Persebaran"