Tanah Mergel: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Pengertian Tanah Mergel atau marbalit
Tanah Mergel

Pengertian Tanah Mergel
Tanah mergel (marbalit) adalah jenis tanah yang terbentuk dari campuran pasir, batuan kapur dan tanah liat yang mengalami pembentukan dengan bantuan curah hujan yang tidak merata di sepanjang tahunnya. Tanah mergel ini merupakan jenis tanah yang tidak terlalu subur dan dapat ditemukan di daerah pegunungan atau dataran rendah.

Karakteristik Tanah Mergel
Karakteristik yang dimiliki oleh tanah mergel di antaranya,
1. Terbentuk oleh campuran batuan kapur, pasir dan tanah liat
Ketiga unsur ini berada dalam satu tempat dan melapuk bersama- sama yang pada akhirnya membentuk suatu tanah yang disebut dengan tanah mergel. Oleh karena terbentuk dari tiga unsur tanah yang berbeda, maka karakteristik tanah mergel ini juga mengadopsi dari ketiga unsur yang membentuknya.

2. Mempunyai warna putih
Warna putih yang dimiliki oleh tanah mergel ini kemungkinan disebabkan karena tanah ini terbentuk oleh tanah kapur yang bercampur dengan pasir dan juga tanah liat. Tanah kapur yang memiliki warna putih akan mendominasi dan akan menutupi warna campuran lain sehingga tanah mergel terlihat mempunyai warna putih.

3. Mempunyai tingkat kesuburan yang rendah
Karena tanah yang subur biasanya mempunyai kandungan bahan organik atau unsur hara yang tinggi, sementara hal tersebut tidak dimiliki oleh tanah mergel. Oleh karena tanah mergel tidak mempunyai tingkat kesuburan tinggi, maka tanah ini tidak cocok digunakan sebagai lahan pertanian.

4. Pembentukannya dipengaruhi oleh hujan yang turun tidak merata sepanjang tahun
Tanah mergel sangat dipengaruhi oleh keberadaan hujan yang turun. Karena pembentukan tanah mergel ini adalah akibat dari adanya hujan yang turun secara tidak merata di sepanjang tahunnya.

Manfaat Tanah Mergel
Tanah mergel bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ditanami beberapa tanaman berikut di antaranya,
1. Tanaman Palawija
Tanaman palawija merupakan tanaman yang banyak manfaatnya dan dibutuhkan oleh manusia di dalam kehidupan sehari hari. Tanaman palawija ini memiliki beberapa jenis dan hanya beberapa jenis pula dari tanaman palawija yang dapat ditanam di atas tanah mergel. Tidak semua jenis tanaman palawija dapat ditanam di atas tanah mergel.

2. Tanaman Jati
Pohon jati ini banyak memberikan manfaat untuk berbagai kepentingan mebel, seperti meja, kursi, lemari dan lainnya. Selain untuk kepentingan mebel, pohon jati juga memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai tiang atau penyangga rumah.

Persebaran Tanah Mergel di Indonesia
Tanah mergel atau marbalit biasanya ada di lereng- lereng gunung atau di daerah dataran rendah.  Adapun daerah- daerah di Indonesia yang merupakan daerah persebaran tanah mergel ini antara lain adalah Solo, Kediri, Madiun, dan Gunung Kidul.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Tanah Mergel: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya"