Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanah Ambles: Pengertian dan Faktor Penyebabnya

Pengertian Tanah Ambles atau land subsidence
Tanah Ambles (Land Subsidence)

Pengertian Tanah Ambles
Tanah ambles (land subsidence) adalah tanah runtuh yang terjadi secara bertahap atau tenggelamnya permukaan bumi secara tiba-tiba karena gerakan di bawah permukaan material bumi. Tanah ambles dapat disebabkan oleh proses alam atau juga aktivitas manusia.

Proses alami meliputi sesar normal, fenomena kars, penurunan kaldera. Sementara kegiatan manusia yang dapat menyebabkan tanah ambles adalah penambangan dan eksploitasi air tanah oleh pembangunan di atasnya.

US Geological Survey (USGS) menjelaskan kasus tanah ambles di sejumlah wilayah juga disebabkan ketika air tanah ditarik dalam jumlah besar dan membuat batu-batuan yang bertugas menahan tanah bergeser. Tanah ambles telah menjadi masalah global, khususnya Amerika Serikat.

Lebih dari 17.000 mil persegi di 45 Negara, telah mengalami kasus ini. Lebih dari 80 persen kasus terjadi karena eksploitasi air bawah tanah, dan meningkatnya pembangunan gedung yang terus mengancam dan memperburuk keadaan.

Faktor Penyebab Tanah Ambles
Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab tanah ambles di antaranya,
1. Hujan
Musim kemarau yang sudah berlangsung biasanya akan menyebabkan terjadinya penguapan air yang cukup banyak ke udara sehingga proses terjadinya hujan di tanah tersebut jika terkena air hujan dalam intensitas yang cukup besar akan menjadikan tanah rapuh dan mudah ambles.

Biasanya tanah ambles akan mudah terjadi pada tanah yang selama musim kemarau mengalami keretakan dengan lubang yang cukup besar dan membuat air hujan sangat mudah masuk dan membuat tanah menjadi mengembang seketika.

2. Tanah yang Kurang Padat dan Tebal
Tanah yang kurang padat dan tebal biasanya adalah jenis tanah seperti tanah lempung atau tanah liat dengan kedalaman yang lebih dari 2.5 meter. Daerah yang memiliki tanah jenis lempung ini sangat berbahaya dan sangat berpotensi ambles terutama jika terjadi hujan yang cukup deras dengan kapasitas air yang sangat banyak.

Tanah lempung ini akan mudah lembek jika terkena air dan sangat kering jika musim kemarau. Jadi, tanah ini memang memiliki potensi besar untuk ambles.

3. Adanya Batuan yang Kurang Padat
Ada beberapa daerah yang memiliki tanah namun lapisan tanahnya tidak dibersamai dengan struktur batuan yang memadai atau kurang padat. Tanah jenis ini biasanya hanya terdapat batuan kecil atau kerikil serta pasir saja. jadi, sangat mungkin mengalami tanah ambles terutama jika terkena air hujan yang cukup lebat.

4. Jenis Tata Lahan
Tanah ambles juga bisa dikarenakan adanya tata lahan yang kurang memadai misalnya saja lahan harusnya ada pohon besar yang memiliki akar besar untuk menahan air dan tanah yang ambles justru ditanami dengan tanaman yang berakar tidak kuat seperti tumbuhan persawahan padi, jagung, tebu dan lainnya.

5. Getaran
Penyebab tanah ambles lainnya adalah karena adanya getaran di dalam tanah yang membuat struktur bumi pada  tanah menjadi tidak stabil. Getaran ini bisa disebabkan oleh adanya fenomena alam seperti gempa bumi dan lainnya namun bisa juga disebabkan oleh adanya kegiatan manusia seperti pengeboran dan lainnya.

6. Penggunaan Air Tanah yang Berlebihan
Saat teknologi sudah sangat canggih, banyak juga orang yang mengambil air tanah secara langsung dari kedalaman tanah yang cukup dalam hingga ratusan meter. Ironisnya terkadang pengambilan air tanah ini dilakukan secara tidak terkendali sehingga air tanah menjadi terkuras habis yang mengakibatkan tanah kehilangan kekuatannya sehingga mempermudah penyebab tanah ambles.

7. Adanya Beban yang Berat
Tanah ambles juga bisa disebabkan oleh adanya beban di atas permukaan bumi yang cukup berat misalnya seperti gedung namun struktur tanah tidak stabil sehingga menyebabkan tanah tidak kuat menopang dan akhirnya mengalami ambles. Ini sangat berbahaya karena bisa jadi ada berbagai gedung di atas permukaan yang ambles dan sangat berpotensi menelan korban jiwa.

8. Erosi
Tanah ambles salah satunya juga bisa disebabkan oleh adanya erosi tanah atau pengikisan. Erosi dapat disebabkan secara alami yaitu oleh angin, air, es dan lainnya namun ada juga yang disebabkan oleh ulah dari para manusia. Ulah dari manusia ini lebih cepat dalam membuat erosi karena biasanya dilakukan dengan sengaja.

9. Adanya Timbunan Lahan
Pada suatu pembangunan biasanya dilakukan dengan cara menimbun lahan yang tadinya berlubang. Hal ini juga bisa menyebabkan adanya tanah ambles karena timbunan lahan ini bukanlah struktur tanah yang asli sehingga sangat diragukan kestabilan strukturnya apalagi jika timbunan tersebut tidak ada batuan yang bisa menahan bangunan lebih berat di atasnya.

10. Daerah Buangan Sampah
Pada beberapa daerah yang digunakan sebagai pembuangan sampah juga akan sangat rawan mengalami tanah ambles. Hal ini terutama jika sampah tersebut sudah masuk ke dalam tanah sehingga membuat kekuatan tanah menjadi hilang dan sangat berpotensi mengalami tanah ambles.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Tanah Ambles: Pengertian dan Faktor Penyebabnya"