Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sabana: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Flora dan Fauna, serta Persebarannya

Pengertian Sabana
Sabana

Pengertian Sabana
Sabana dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah padang rumput yang ada pepohonannya, terdapat di padang pasir atau gurun pasir. Sabana merupakan padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia.

Sistem biotik sabana biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis. Suhu udara di daerah sabana tetap sama sepanjang tahun, yaitu hangat. Sabana mempunyai dua musim yang sangat berbeda, yaitu musim kering dan musim basah. Pada musim kering, hanya ada 4 inci curah hujan. Bahkan di antara bulan Desember dan Februari tidak ada hujan sama sekali.

Namun di musim kering, cuaca terasa lebih dingin. Sedangkan pada musim panas, sabana mendapat banyak air hujan. Di Afrika, musim hujan dimulai pada bulan Mei dan curah hujan mencapai 15 hingga 25 inci sepanjang waktu.

Karakteristik Sabana
Karakteristik utama dari padang rumput sabana adalah terdapatnya pohon-pohon tinggi seperti pohon akasia di sekelilingnya. Sementara itu, terdapat beberapa karakteristik lain yang dimiliki oleh sabana di antaranya,
1. Memiliki sedikit pohon.
2. Sebagian hutan dikelilingi oleh rumput-rumputan yang agak tinggi.
3. Terdapat di daerah yang mempunyai iklim tropis atau daerah khatulistiwa.
4. Mempunyai curah hujan musiman.
5. Curah hujan sedang dan cenderung tidak teratur, yaitu sekitar 100-150 milimeter per tahun.
6. Mempunyai suhu yang panas sepanjang tahun.
7. Mempunyai porositas dan drainase yang cukup baik.
8. Sabana dapat berubah menjadi kawasan yang ditumbuhi semak belukar atau berubah menjadi hutan basah.
9. Dihuni oleh binatang-binatang yang bersifat herbivora dan karnivora.
10. Bioma sabana didominasi oleh rumput, dengan hewannya seperti serangga, reptilia, burung, bison, kangguru, zebra, jerapah, kijang, singa, dan cheetah.

Secara umum, sabana banyak tersebar di Orinoko yang disebut Lianos, di Hindia Barat, Malagasi Tengah, Pegunungan India, bagian barat daya Amerika Tengah, Australia Tengah, dan Florida Selatan.

Jenis Sabana
Berdasarkan jenis tumbuhan yang menyusunnya, sabana dibedakan menjadi dua di antaranya,
1. Sabana murni, yaitu padang rumput yang pohon-pohon penyusunnya hanya terdiri atas satu jenis tumbuhan saja.
2. Sabana campuran, yaitu padang rumput yang pohon-pohon penyusunnya terdiri dari campuran berbagai jenis pohon.

Berdasarkan tipe ekologi yang berkaitan dengan jenis tanah dan iklimnya, sabana dibedakan menjadi tiga di antaranya,
1. Semi seasonal, yaitu sabana yang dipengaruhi oleh iklim dan berkaitan dengan kondisi air.
2. Seasonal, yaitu sabana yang mempunyai iklim yang jelas dan berkaitan dengan banyaknya tumbuhan yang tumbuh.
3. Hyperseasonal, yaitu sabana yang berhubungan dengan kondisi air yang berlebih atau kekurangan di sepanjang tahunnya.

Flora dan Fauna Sabana
Jenis flora di sabana
Dalam bahasa latin, flora berarti tumbuhan khusus yang masuk ke dalam kategori langka. Seperti halnya di sabana. Jenis flora yang mampu bertahan hidup di sabana sangat sedikit. Biasanya, sabana lebih di dominasi oleh rerumputan dan semak belukar. Hal tersebut dikarenakan rumput dan semak belukar mampu beradaptasi dan tidak membutuhkan curah hujan yang banyak.

Flora yang ada di sabana memiliki akan keran yang panjang dan dapat mencapai permukaan air yang dalam. Kulit kayunya tebal, sehingga dapat menahan kebakaran tahunan. Sementara batangnya harus dapat menyimpan air dan daun yang jatuh selama musim dingin sebagai upaya untuk menghemat air. Jenis pohon tersebut yang umum ditemukan adalah pohon akasia.

Selain pohon akasia, ada pula pohon-pohon lainnya yang mampu hidup di sabana di antaranya pohon kaktus, tumbuhan mangrove, pohon babilonia (pohon kering yang hidup di sabana afrika), dan pohon palem.

Jenis fauna di sabana
Fauna yang terdapat di sabana adalah satwa yang memiliki daya tahan untuk hidup di padang rumput yang kering. Setiap hewan di sabana memiliki kebiasaan makan khusus untuk mengurangi persaingan dalam hal makanan. Ada beberapa fauna yang dapat ditemukan di sabana, yaitu singa, zebra, gajah, dan jerapah. Selain itu, ada pula hewan mamalia besar pemakan rumput.

Di sabana Amerika Selatan, ditemukan pula fauna kapibara dan rusa rawa. Sementara di Australia Utara ditemukan beberapa spesies kangguru di sabana meski tidak terlalu banyak keanekaragaman hewan yang berbeda.

Tidak hanya itu, hewan seperti banteng, kerbau, gajah, kerbau, wildebeest, badak, anjing liar, burung unta, macan tutul, lemur, impala, kuda nil, hyena, rusa, buaya, ceetah, unta, bison, rubah, antelop, babun, gasele, dan beberapa jenis burung juga bisa ditemui di sabana.

Persebaran Sabana di Dunia
1. Sabana Afrika. Sabana di Afrika ini memiliki suhu hangat sepanjang tahun dan dengan curah hujan musiman tertinggi di musim panas.
2. Sabana Australia. Sabana Australia dipenuhi rerumputan lebat dan pepohonan yang membentang di utara Australia dari Broome hingga Townsville. Musim kemarau di sabana Australia ini memiliki rentang waktu hingga lima bulan, dari Mei hingga Oktober.
3. Sabana Amerika Selatan. Sabana di Amerika Selatan sebagian besar tersebat di utara, seperti Brasil, Venezuela, Kolombia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. Komposisi vegetasi di sabana Amerika Selatan ini biasanya berkisar dari hutan tertutup dengan rerumputan rendah dan semak yang berbeda hingga sabana terbuka, seperti cerrados dan campos cerrados (hutan tropis semi-gugur), campos sujos dan campos limpos (sabana rumput tinggi), caatinga (hutan xerophytic berduri daun), llanos (sabana palem), dan sabana berumput.
4. Sabana Indonesia. Sabana di Indonesia tersebar di beberapa wilayah. Biasanya, sabana-sabana tersebut dijadikan sebagai tempat wisata. Persebaran sabana di Indonesia yang cukup bagus dan dijadikan wisata, di antaranya, Taman Nasional Baluran Jawa Timur, Sabana Cikasur di Gunung Argopuro Jawa Timur, Sabana Sembalun di Gunung Rinjani Lombok, dan Sabana Oro-oro Ombo di Gunung Semeru Jawa Timur.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Sabana: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Flora dan Fauna, serta Persebarannya"