Remigrasi: Pengertian, Tujuan, dan Dampaknya

Pengertian Remigrasi
Remigrasi

Pengertian Remigrasi
Remigrasi adalah kembalinya penduduk suatu negara ke negara asalnya setelah dalam waktu yang cukup lama tinggal di tempat atau negara lain. Remigrasi merupakan emigrasi yang kemudian diikuti dengan imigrasi.

Tujuan Remigrasi
Beberapa tujuan remigrasi yang biasanya dijadikan alasan di antaranya,
1. Sudah tua
Orang yang sudah tua maka dia tidak lagi produktif dalam bekerja atau sudah melalui masa pensiun. Biasanya orang yang sudah tua ingin menghabiskan sisa hidupnya di tanah kelahiran atau kampung halamannya bersama dengan sanak saudara dan kerabat yang pasti banyak berada di negara asalnya.

2. Kematian
Kematian seseorang bisa menjadi alasan bagi seseorang untuk melakukan remigrasi. Misalnya salah satu anggota keluarga meninggal dan orang yang berada di luar negeri terpaksa kembali ke tanah air untuk merawat anggota keluarga lainnya, atau meneruskan usaha, dan lain sebagainya.

3. Alasan pemakaman
Biasanya orang yang sudah tua memiliki pola pikir yang tak biasa dan cenderung berjaga-jaga. Salah satunya adalah berjaga- jaga apabila dirinya sewaktu-waktu meninggal dunia. Alasan ingin dimakamkan di tanah kelahiran menjadi salah satu tujuan seseorang kembali lagi ke negara asalnya.

4. Keluarga
Mengurusi keluarga juga menjadi alasan yang cukup kuat bagi seseorang untuk kembali lagi tinggal di negara asalnya. Misalnya orang tua yang sudah jompo dan harus dirawat oleh anaknya memaksa seseorang untuk kembali lagi ke negara asalnya.

5. Pekerjaan
Alasan pekerjaan juga menjadi alasan yang cukup kuat untuk kembali lagi ke tempat asalnya. Misalnya saja kontrak kerja yang sudah habis dan tidak diperbaharui lagi, menjadikan seseorang menginginkan kembali ke tempat asalnya. Selain itu keinginan untuk membuka usaha di tanah air juga bisa menjadi alasan dilakukannya remigrasi.

6. Panggilan negara
Panggilan negara adalah salah satu alasan yang masuk akal bagi orang- orang yang memang bekerja untuk negara atau bekerja di lingkungan pemerintahan.

Dampak Remigrasi
Dampak Positif
1. Bertambahnya tenaga kerja yang siap bekerja di dalam negeri
2. Bertambahnya tenaga profesional yang siap berkarya untuk negeri
3. Bertambahnya pengaruh dari kemajuan atau kemodernan zaman
4. Bertambahnya pendapatan pajak bagi negara
5. Masuknya budaya dari negara lain yang memungkinkan terjadinya akulturasi budaya

Dampak Negatif
1. Masuknya sifat-sifat individualisme, hedonisme, dan konsumerisme, terutama dari orang-orang yang datang dari negara-negara maju.
2. Masuknya pengaruh obat-obatan atau hal-hal lainnya yang bersifat buruk yang mana sebelumnya belum ada di negara asal.
3. Menambah kepadatan penduduk karena penduduk negara asal akan bertambah.
4. Masuknya budaya-budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian negara asalnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Remigrasi: Pengertian, Tujuan, dan Dampaknya"