Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musim Gugur: Pengertian, Waktu, Karakteristik, Negara, dan Faktanya

Pengertian Musim Gugur
Musim Gugur

Pengertian Musim Gugur
Musim gugur adalah salah satu dari empat musim di daerah beriklim sedang, dan merupakan masa peralihan dari musim panas ke musim dingin. Dalam bahasa Inggris musim gugur dikenal dengan nama Autumn sedangkan di Amerika Serikat lebih dikenal dengan sebutan fall sebab saat musim ini sebagian besar daun-daun di pohon akan jatuh atau gugur.

Dalam zona beriklim sedang di bumi, musim gugur merupakan musim panen bagi tanaman-tanaman yang ditanam atau bersemi pada musim semi, dan pepohonan peluruh meluruhkan daun-daunnya. Musim gugur biasanya dimulai setelah terjadinya ekuinoks dengan pergerakan matahari meninggalkan zona tersebut. Panjang hari menjadi semakin singkat dan suhu mulai menurun. Musim ini juga ditandai dengan meningkatnya presipitasi.

Waktu Terjadinya
Di setiap tempat, musim gugur terjadi dengan rentang waktu yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh fenomena equinox. Di kawasan Eropa atau belahan bumi bagian utara, terjadinya musim gugur mulai sekitar 23 September dan akan berakhir pada 21 Desember.

Namun ada beberapa negara yang mengalami akhir musim gugur lebih awal dengan ditandainya turun salju pertama. Sebab, perhitungan waktu untuk musim gugur terbagi menjadi 2 macam, yakni berdasarkan kalender astronomi dengan perhitungan benda-benda langit.

Selain itu, perhitungan waktu juga berdasarkan metode meteorologi, yaitu kaitan terjadinya musim gugur dengan uap air, tekanan udara, serta temperatur. Pada bumi bagian selatan, musim gugur dimulai dari tanggal 21 Maret hingga 21 Juni. Sedangkan jika berdasarkan hitungan meteorologi, akan dimulai pada 1 Maret hingga 31 Maret.

Karakteristik Musim Gugur
1. Saat terjadi equinox musim gugur di hari pertama, durasi siang hari akan sama lamanya saat malam hari. Sebab, pada hari itu, posisi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa atau di antara bumi bagian utara dan bumi bagian selatan.
2. Selama musim gugur berlangsung, waktu di siang hari akan lebih cepat dibandingkan dengan waktu di malam hari.
3. Banyak tumbuhan yang mulai layu dan rontok.
4. Saat musim gugur, daun-daun akan berubah warna menjadi kuning, orange, merah dan lain sebagainya. Saat musim semi dan musim panas, sebagian besar daun berwarna hijau karena adanya klorofil di dalamnya. Namun, saat tiba musim gugur di mana sinar matahari lebih lemah dan tidak bersinar lama, perlahan klorofil pada daun berkurang dan akhirnya mengubah warna daun menjadi warna lain.
5. Suhu saat musim gugur berkisar 60% dingin dan 40% terasa panas, sebab sinar matahari tidak berlangsung lama dan cuaca cenderung terkesan gelap.
6. Sering terjadi hujan namun tidak deras, saat di awal musim gugur banyak kabut yang muncul di pagi hari.
7. Musim gugur menjadi waktunya bagi burung-burung untuk bermigrasi. Kebanyakan burung akan pergi menuju tempat yang lebih hangat untuk menghindari cuaca dingin.
8. Banyak hewan seperti tupai akan mengumpulkan makanan selama musim gugur untuk persiapan menghadapi musim dingin. Jika terlihat tupai muncul saat musim dingin, mereka sedang mengambil makanan yang sudah mereka kumpulkan dari tumpukan salju.
9. Beberapa hewan akan makan lebih banyak untuk persiapan hibernasi saat musim dingin tiba seperti beruang.

Negara dengan Musim Gugur
1. Kanada
Kanada adalah negara di benua Amerika yang terkenal dengan pohon maple-nya. Bahkan daun pohon maple menjadi lambang di bendera negara tersebut. Musim gugur dengan pemandangan pohon maple yang berguguran merupakan ciri khas dari Kanada. Di musim ini, umumnya kunjungan wisatawan dari berbagai negara meningkat pesat.

2. Paris, Perancis
Paris adalah salah satu kota romantis di Eropa. Kota dengan ikon menara eiffel yang terkenal ini menjadi salah satu contoh kota dengan musim gugur yang indah, salah satunya di Jardin du Luxembourg serta Parc des Buttes Chaumount. Meski Paris cenderung lebih sepi pengunjung, namun akan menjadi liburan menyenangkan karena kita lebih leluasa menikmati pemandangannya.

3. Jepang
Negara Jepang adalah negara Asia yang mengalami 4 musim setiap tahunnya. Negeri Sakura ini juga menjadi salah satu tujuan wisata musim gugur bagi wisatawan mancanegara. Saat musim gugur tiba, daun pohon momijigari akan berubah warna menjadi kekuningan. Untuk melihat pemandangan tersebut, kita bisa datang ke Kyoto untuk berwisata.

4. Selandia Baru
Tak hanya di kawasan belahan bumi utara, bumi bagian selatan juga memiliki pesona musim gugur yang menakjubkan. Selandia Baru yang terkenal akan padang rumputnya mempunyai pemandangan yang sangat indah yang terjadi pada bulan April. Kita bisa berkunjung ke Lembah Waitaki, Otago Tengah, dan Tekapo untuk menikmati indahnya pemandangan musim gugur ini.  

Fakta Tentang Musim Gugur
1. Merupakan salah satu dari empat musim yang hanya terjadi di negara dengan iklim sedang.
2. Hanya terjadi pada bagian utara dan bagian selatan bumi.
3. Merupakan masa peralihan dari musim panas ke musim dingin.
4. Merupakan musim panen untuk tanaman yang bersemi atau ditanam pada musim semi di wilayah beriklim sedang.
5. Dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan Autum, sedangkan di USA dikenal dengan sebutan Fall.
6. Waktu terjadinya musim gugur dibedakan menjadi dua yaitu berdasarkan kalender astronomi dan meteorologi. Kalender astronomi memperhitungkan waktu melalui benda-benda langit. Sedangkan meteorologi memperhitungkan waktu berdasarkan uap air, temperatur, dan tekanan udara.
7. Menurut kalender astronomi, bagian Utara Bumi seperti Eropa mengalami musim gugur mulai dari tanggal 23 September hingga 21 Desember. Sedangkan di bagian Selatan bumi dimulai dari tanggal 21 Maret hingga 21 Juni.
8. Menurut sudut pandang Meteorologi, bagian Utara Bumi mengalami musim gugur sejak tanggal 1 September dan berakhir pada 30 November. Sedangkan di bagian Selatan, terjadi sejak tanggal 1 Maret hingga 31 Mei.
 

Dari berbagai sumber 

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Musim Gugur: Pengertian, Waktu, Karakteristik, Negara, dan Faktanya"