Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mata Air Panas: Pengertian, Pembentukan, Manfaat, Mata Air Panas Yang Terkenal Di Dunia

Pengertian Mata Air Panas atau hot spring
Mata Air Panas

Pengertian Mata Air Panas
Mata air panas (hot spring) adalah suatu mata air geothermal atau yang berasal dari panas bumi dalam hal ini berasal dari kerak bumi merambat naik ke atas permukaan tanah. Air yang keluar suhunya di atas 37 °C (suhu tubuh manusia), namun sebagian mata air panas mengeluarkan air bersuhu hingga di atas titik didih.

Di seluruh dunia terdapat mata air panas yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk di dasar laut dan samudra. Air panas lebih dapat mengencerkan padatan mineral, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium. Mandi berendam di dalam air panas bermineral dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pembentukan Mata Air Panas
Mata air panas dapat terbentuk dalam beberapa cara. Yang paling umum terjadi ketika air hujan atau air tanah terpanaskan oleh magma di bawah permukaan bumi. Celah atau patahan di permukaan bumi memungkinkan air mengalir lebih dalam ke arah mantel, tempat bersentuhannya batuan panas yang memanaskan air.

Tekanan bawah tanah kemudian memaksa air panas untuk ke atas, selanjutnya ke permukaan bumi melalui celah atau patahan yang sama. Besarnya tekanan di bawah tanah menentukan seberapa cepat dan seberapa jauh air panas nantinya mengalir. Mata air panas seperti di atas biasanya terbentuk di daerah dengan aktivitas gunung berapi.

Mata air panas juga dapat terbentuk ketika infiltrasi air (air masuk ke dalam tanah) dipanaskan oleh peluruhan unsur radioaktif yang ada di batuan. Untuk setiap kedalaman 1.000 kaki, air tanah dipanaskan dengan tambahan 15°F. Pada kondisi ini, air panas menjadi lebih kental dan akan naik melalui retakan dan patahan ke permukaan bumi.

Ketika air panas mencapai permukaan, ia dapat mengalir perlahan atau cepat tergantung pada besarnya tekanan dari bawah tanah. Secara umum, laju aliran mata air panas berbeda beda, tergantung pada volume air bawah tanah dan besarnya tekanan bawah tanah. Pembentukan dan keterdapatan mata air panas sering berasosiasi dengan geiser (geyser).

Manfaat Mata Air Panas
Mata air panas banyak yang dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Hal ini berkaitan dengan kandungan mineral yang terdapat di mata air panas sangatlah tinggi dan beberapa orang percaya jika mineral tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan penyakit pernafasan seperti asma.

Di Jepang, mata air panas lebih dikenal dengan istilah onsen. Kata onsen sendiri mengacu pada sumber air panas dan tempat mandi atau berendam dengan menggunakan air panas yang muncul dari dalam bumi. Maka tidak heran jika mata air panas atau onsen banyak dibangun penginapan di sekitarnya yang dikenal dengan nama onsen yado.

Mata Air Panas Terkenal Di Dunia
Bagi negara-negara yang memiliki gunung berapi sudah tentu negara tersebut memiliki sumber mata air panas di dalamnya, termasuk Indonesia. Beberapa dari sumber mata air panas tersebut dijadikan sebagai objek wisata yang patut untuk dikunjungi jika berada di negara tersebut karena pemandangan di sekitar mata air panas. Berikut beberapa mata air panas yang cukup terkenal di dunia di antaranya,
1. Myvatn
Islandia memiliki mata air panas yang sangat cantik yang bernama Blue Lagoon. Setiap tahunnya banyak wisatawan asing datang mengunjungi tempat ini. Di sekitar Myvatn atau tepatnya di Nature Baths memiliki suhu air yang tidak terlalu panas dibandingkan dengan Blue Lagoon. Tidak heran jika banyak yang mencoba berendam di mata air panas ini.

2. Pamukkale
Mata air panas yang berada di negara Turki ini memiliki pemandangan yang sangat unik yaitu berundak-undak mirip persawahan yang ada di Bali. Nama lain dari tempat ini yaitu Kastel Awan karena tempat ini berwarna putih dengan air yang berwarna biru. Saat matahari terbenam air yang berada di kolam akan berubah warna menjadi merah muda keunguan. Tidak heran jika banyak wisatawan datang untuk berendam dan berfoto saat mengunjungi tempat ini.

3. The Grand Prismatic
Siapa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Yellowstone di Amerika. Tempat ini juga dikenal sebagai kaldera terbesar di dunia. Tidak heran jika di tempat ini juga banyak ditemukan sumber mata air panas. Namun, jangan sesekali mencoba untuk berendam di dalam mata air panas di sini, selain suhunya yang sangat tinggi kandungan asamnya juga dapat membuat setiap makhluk hidup akan mati saat menceburkan diri ke dalamnya.

4. Blood Pond
Di Jepang terdapat mata air panas yang dihasilkan berwarna merah mirip darah. Maka tidak heran jika mata air panas tersebut dinamakan dengan Blood Pond. Warna merah tersebut berasal dari kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam air panas. Banyak wisatawan yang mengabadikan warna merah dari mata air panas ini daripada berendam di dalamnya.

5. Deception Island
Antartika mempunyai gunung api yang masih aktif hingga saat ini. Di tempat paling dingin di dunia ini ternyata terdapat mata air panas alami. Deception Island terletak di Pulau South Shetland dan merupakan kaldera dari gunung api aktif. Mata air panas bersuhu 158o F ini dikelilingi oleh pemandangan yang indah berupa geltser.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Mata Air Panas: Pengertian, Pembentukan, Manfaat, Mata Air Panas Yang Terkenal Di Dunia"