Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lubuk Laut: Pengertian, Penyebab Pembentukan, Ciri, Contoh, dan Manfaatnya

Pengertian Lubuk Laut
Lubuk Laut

Pengertian Lubuk Laut
Lubuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian yang dalam di sungai (laut, danau, dan sebagainya); berlekuk dalam; jeluk; daerah hidrosfer yang kedalamannya dapat mencapai 6.000 kaki atau lebih di lautan dan 1.000 kaki atau lebih di danau dan yang tidak tertembus oleh cahaya matahari.

Demikian, lubuk laut (Basin atau Bekken) adalah sebuah relief atau permukaan bumi yang berupa cekungan besar dan berbentuk huruf U dengan dasar membulat, dalam dan luas di dasar laut. Lubuk laut ini hampir sama dengan lembah akan tetapi lubuk laut berada di bawah laut.

Basin yang dalam memiliki tebing curam. Beberapa basin memiliki kedalaman lebih dari 5.000 meter. Lubuk laut yang terkenal yakni Lubuk Laut Sulu, Lubuk Laut Banda, dan Lubuk Laut Sulawesi.

Penyebab Terbentuknya Lubuk Laut
Penyebab terbentuknya lubuk laut adalah proses pemerosotan dasar laut atau ingresi. Dengan kata lain, lubuk laut ini terbentuk dari penurunan dasar laut yang disebabkan akibat gerakan lempeng tektonik. Hal itu yang menyebabkan terjadinya lubuk laut dan laut yang semakin dalam. Proses terbentuknya terjadi tidak secara instan tapi bertahap atau berangsur-angsur dalam kurun waktu yang relatif lama.

Ciri Lubuk Laut
1. Memiliki kedalaman lebih dari 5.000 meter.
2. Lubuk laut atau basin dalam biasanya terdapat tebing curam.
3. Bentuknya hampir mirip seperti baskom.
4. Merupakan sebuah lembah yang berbentuk membulat, dalam dan juga luas.
5. Terbentuk akibat adanya proses pemerosotan dasar laut (ingresi) yang disebabkan oleh gerakan lempeng tektonik.

Contoh Lubuk Laut
1. Lubuk Laut Sulu. Lubuk Laut Sulu merupakan lubuk yang berada di Laut Sulu yang terletak di bagian barat daya negara Filipina. Kedalaman dari Lubuk Laut Sulu sekitar 5.350 meter.
2. Lubuk Laut Banda. Lubuk Laut Banda merupakan lubuk yang berada di Laut Banda yang merupakan salah satu laut yang terletak di Kepulauan Maluku, Indonesia.
3. Lubuk Laut Sulawesi. Lubuk Laut Sulawesi merupakan lubuk yang berada di Laut Sulawesi yang terletak di sebelah barat Samudera Pasifik.

Manfaat Lubuk Laut
1. Sebagai tempat hidup berbagai macam binatang laut. Binatang laut yang hidup di lubuk laut merupakan binatang yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dan oksigen yang banyak, karena lubuk laut merupakan cekungan yang rendah. Sementara untuk tumbuh- tumbuhan mulai sedikit ditemukan.
2. Sebagai tempat penelitian. Lubuk laut juga merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan sebagai penelitian, khususnya adalah penelitian bawah laut.
3. Sebagai bukti bahwa aktivitas bawah laut itu ada. Lubuk laut atau basin dan juga bentuk morfologi bawah laut lainnya adalah suatu bukti bahwa aktivitas bawah laut itu ada, seperti aktivitas geologi dan tektonisme yang melibatkan berbagai unsur di laut.
4. Memperindah pemandangan bawah laut. Lubuk laut juga merupakan sebuah tempat yang menyumbangkan pemandangan indah bawah laut, apalagi jika berdampingan dengan morfologi laut lainnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Lubuk Laut: Pengertian, Penyebab Pembentukan, Ciri, Contoh, dan Manfaatnya"