Lapisan Mesosfer: Pengertian, Letak, Suhu, Fungsi, dan Cirinya

Pengertian Lapisan Mesosfer
Lapisan Mesosfer

Pengertian Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer adalah lapisan ketiga dari semua lapisan udara yang menyusun atmosfer Bumi, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer. Lapisan mesosfer ini merupakan lapisan atmosfer yang berada di tengah- tengah.

Lapisan mesosfer terletak di ketinggian antara 50 kilometer hingga 85 kilometer dari permukaan Bumi. Pada lapisan mesosfer ini dapat kita jumpai beberapa meteor yang jatuh sehingga dari permukaan bumi tampak sebagai bintang yang mempunyai ekor.

Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi. Kebanyakan meteor yang sampai ke bumi biasanya terbakar di lapisan ini. Di dalam lapisan mesosfer Bumi inilah para benda- benda langit yang jatuh tersebut akan dilelehkan atau diuapkan sebagai akibat dari tubrukan yang terjadi antara partikel gas yang terdapat di dalamnya.

Letak Mesosfer
Lapisan mesosfer ini terletak di ketinggian antara 50 kilometer sampai pada 85 kilometer dari permukaan Bumi. Pada saat memasuki lapisan tersebut, maka kemudian kita akan menemukan bahwa suhu yang berada di lapisan ini sangatlah rendah, hingga kemudian mencapai minus 140 derajat celcius. Pada lapisan mesosfer tersebutlah akan kita temui kristal- kristal es yang membentuk sebuah awan yakni awan noctilucent.

Bagian stratosfer, mesosfer serta termosfer terendah dengan secara kolektif disebut dengan “suasana tengah”, yang membentang dari ketinggian itu sekitar 10 sampai pada 100 km. Mesopause, di ketinggian 80-90 km (50-56 mil), mesosfer tersebut memisahkan dari lapisan termosfer-kedua-terluar atmosfer bumi.

Suhu di Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer sendiri merupakan lapisan yang mempunyai suhu rata- rata sekitar minus 50 derajat celcius hingga minus 70 derajat celsius. Salah satu penanda dari lapisan mesosfer ini adalah terjadinya penurunan suhu atau temperatur sebesar rata- rata 0.4 derajat celcius tiap kali naik dengan jarak 100 meter.

Terjadinya penurunan suhu ini disebabkan karena lapisan mesosfer ini memiliki kesetimbangan radioaktif yang bersifat negatif. Di dalam lapisan mesosfer ini kita dapat menjumpai suhu terendah dari lapisan ini mencapai minus 80 derajat celcius. Suhu terendah itu akan terasa di badan lapisan mesosfer.

Kemudian apabila kita mengamati di puncak lapisan mesosfer maka akan kita dapati suhu yang lebih rendah lagi. Puncak lapisan mesosfer ini disebut dengan mesopause. Mesopause ini merupakan lapisan batas antara mesosfer dengan lapisan termosfer (lapisan yang berada di atasnya). Di puncak lapisan mesosfer ini akan bisa kita dapati suhu terendah mencapai minus 100 derajat celcius.

Fungsi Lapisan Mesosfer
Lapisan Mesosfer merupakan lapisan yang ada di tengah- tengah dari semua lapisan atmosfer bumi. Lapisan mesosfer ini akan sama dengan semua lapisan- lapisan atmosfer lainnya, yakni mempunyai fungsi khusus atau fungsi tersendiri. Fungsi dari lapisan mesosfer ini tentu saja merupakan fungsi yang akan sangat bermanfaat bagi bumi, ruang publik untuk kehidupan dan juga kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya yang ada di bumi.

Setidaknya ada beberapa fungsi atau manfaat dari lapisan mesosfer bagi bumi dan seisinya, baik yang akan kita rasakan langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya. Beberapa fungsi lapisan mesosfer ini di antaranya,
1. Sebagai lapisan yang melindungi bumi dari jatuhnya benda-benda langit
Fungsi yang pertama dan yang paling dirasakan dari lapisan mesosfer ini adalah sebagai penghalau dari benda- benda langit yang jatuh dan akan menimpa bumi. Perlu kita ketahui bersama bahwa di langit terdapat banyak benda- benda langit pada sistem tata surya. Benda- benda langit tersebut seringkali berjatuhan. Benda- benda langit yang berjatuhan ini disebut dengan meteor.

Ketika benda langit ini jatuh dan akan menghantam bumi, akan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya apabila tidak dihalang- halangi dengan pelindung. Akibat yang paling buruk bumi akan bisa terbakar atau bahkan terjadi ledakan. Maka dari itu perlu adanya pelindung untuk bumi dari jatuhnya benda- benda langit tersebut agar tidak secara langsung menyerang bumi.

Ketika ada meteor yang jatuh ke bumi, ini nanti akan melewati lapisan atmosfer bumi terlebih dahulu. Dan meteor itu tadi otomatis akan melewati lapisan mesosfer. Di lapisan mesosfer ini meteor yang jatuh tadi akan dibakar oleh lapisan mesosfer ini atau akan diuapkan. Hal ini bisa terjadi karena di lapisan mesosfer ini terdapat udara yang bertekanan tinggi, sehingga ketika ada benda- benda langit yang jatuh dan masuk ke bumi akan otomatis bergesekan dan terbakar di lapisan ini.

Hal inilah yang menyebabkan meteor tidak sampai jatuh ke bumi dan yang terlihat hanyalah menyerupai bintang jatuh yang memiliki ekor panjang. Namun apabila kita pernah mendengar berita tentang jatuhnya meteor di bumi dan bisa masuk hingga ke permukaan bumi. Ini terjadi karena meteor tersebut mempunyai ukuran yang sangat besar, sehingga pembakaran yang dilakukan lapisan mesosfer saja tidak cukup dan kemudian bisa sampai menembus dan masuk ke permukaan bumi.

2. Sebagai lapisan penghantar gelombang
Selain berfungsi sebagai penghalau dari jatuhnya benda- benda langit yang bisa saja masuk ke bumi, lapisan mesosfer ini juga memiliki fungsi yang lain. Fungsi yang lain dari lapisan mesosfer ini adalah sebagai penghantar dari gelombang elektromagnetik. Lapisan mesosfer bisa memiliki fungsi semacam ini karena di dalam lapisan mesosfer sendiri terdapat beberapa atom yang terionisasi sehingga akan bisa memantulkan gelombang elektromagnetik yang sangat berguna bagi manusia.

Gelombang elektromagnetik ini mempunyai banyak sekali fungsi bagi  manusia, di antaranya untuk menghidupkan sinyal radio, televisi, dan juga telefon. Karena kemampuan memancarkan gelombang elektromagnetik inilah lapisan ini seringkali disebut dengan bagian unsur- unsur geosfer.

Ciri Lapisan Mesosfer
Sama seperti lapisan atmosfer lainnya, lapisan mesosfer juga memiliki karakteristik atau ciri-ciri tersendiri di antaranya,
1. Berada di ketinggian antara 60 hingga 80 kilometer.
2. Memiliki suhu sekitar -50 hingga -70 derajat celcius.
3. Memiliki ketebalan sekitar 45 hingga 75 kilometer.
4. Semakin ke atas maka suhu akan semakin rendah.
5. Memiliki lapisan mesopause yang terletak di antara lapisan meosfer dan lapisan termosfer.
6. Lapisan ini adalah lapisan yang berfungsi melindungi Bumi dari jatuhan atau hantaman benda-benda langit yang jatuh ke Bumi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Lapisan Mesosfer: Pengertian, Letak, Suhu, Fungsi, dan Cirinya"