Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lahar Panas: Pengertian, Proses Pembentukan, dan Dampaknya

Pengertian Lahar Panas
Lahar Panas

Pengertian Lahar Panas
Lahar panas adalah lahar ini bersifat mengalir dan di dalamnya mengandung campuran lava, material yang dibawa lava dengan endapan air hujan yang bersuhu panas. Lahar panas ditandai dengan warna yang menyerupai besi yang meleleh. Suhu dari lahar panas tidak sampai 100 derajat celsius. Sehingga tidak akan mampu menghanguskan.

Lahar panas mengalir hingga bertemu dengan air atau lumpur yang bersuhu rendah. Selanjutnya, lahar tersebut berubah menjadi lahar dingin. Meskipun lahar panas sudah mengalami penurunan suhu akibat bercampur dengan air panas, lahar panas tetap berbahaya karena suhu yang menurun tetap relatif tinggi.

Proses Pembentukan Lahar Panas
Lahar panas adalah aliran lava yang tercampur dengan air panas. Air panas ini berasal dari endapan air hujan yang terjadi di sekitar gunung. Air hujan yang mengendap membentuk danau di dasar kepundan. Dasar kepundan memiliki dua sifat, yaitu anti air dan yang menyerap air.

Kepundan yang anti air, akan menahan air hujan, dan menumpuknya. Saat akan meletus, magma yang bergerak membuat air yang tersimpan menjadi panas. Dan lava yang mengalir akan bersatu dengan air panas, sehingga menjadi lahar panas.

Lahar panas hanya dapat dihasilkan oleh gunung api yang memiliki danau kepundan. Danau kepundan adalah danau yang berada di sekitar gunung api. walaupun lava yang panas, bercampur dengan air panas, suhu dari lava akan mengalami penurunan yang drastis. Hal ini akibat dari sifat air yang mendinginkan, walau panas.

Dampak Lahar Panas
Sifat dari lahar panas sama dengan lahar dingin. Yaitu mengalir dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah. Oleh karena itu, perlakuan terhadap lahar panas juga sama dengan lahar dingin. Lahar panas dialirkan pada sungai yang memiliki lebar yang besar. Berbeda dengan lahar dingin, lahar panas tidak sampai menyebabkan kerusakan yang besar.

Hal ini terjadi karena lahar panas hanya ada di sekitar gunung api. Saat lahar panas menyentuh air sungai yang dingin, maka lahar panas akan menjadi lahar dingin. Materi yang terbawa oleh lahar panas tidak sebesar dan sebanyak lahar dingin, sehingga kerusakan tidak separah dari lahar dingin. Walau tidak membawa materi yang besar, saat lahar panas ini meluap, dapat menyebabkan luka bakar, dikarenakan suhunya yang cukup tinggi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Lahar Panas: Pengertian, Proses Pembentukan, dan Dampaknya"