Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indeks Pembangunan Manusia: Pengertian, Komponen, Fungsi, Cara Menghitung, dan Permasalahannya

Pengertian Indeks Pembangunan Manusia atau IPM
Indeks Pembangunan Manusia atau IPM

Pengertian Indeks Pembangunan Manusia
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) adalah metode perhitungan statistik untuk mengetahui perkembangan sebuah negara dari segi ekonomi dan sosial melalui pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup. IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

IPM merupakan bagian dari program UNDP pada tahun 1990 dan dipublikasikan secara berkala dalam laporan tahunan Human Development Report (HDR). IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.

Komponen Indeks Pembangunan Manusia
Dengan menggunakan perhitungan dari tiga komponen yang penting, yang digunakan untuk mengukur indeks pembangunan manusia. Tiga komponen ini digabungkan dengan beberapa perhitungan, kemudian akan didapatkan angka yang menunjukkan indeks pembangunan manusia. Ketiganya wajib didapatkan untuk menghitung besaran indeks pembangunan manusia. Jika di antara salah satu dari komponen tersebut hilang maka tidak akan bisa dilakukan perhitungan. Tiga komponen yang digunakan ini di antaranya,
1. Taraf kesehatan dan umur panjang. Komponen pertama ini merupakan tingkat kesehatan penduduk dan rata-rata umur hidup seseorang di suatu negara.
2. Pengetahuan atau Tingkat pendidikan. Berdasarkan dengan jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan sampai jenjang tertentu.
3. Kelayakan standar hidup. Komponen ini didapatkan dari penghasilan nasional per kapita.

Fungsi Indeks Pembangunan Manusia
BPS juga menjelaskan terkait pemanfaatan indeks pembangunan manusia (IPM) ini di antaranya,
1. IPM sebagai indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (penduduk)
2. IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara
3. Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis yang bisa digunakan sebagai ukuran kinerja pemerintah. IPM pun menjadi salah satu alokator penentuan dana alokasi umum (DAU).

Cara Menghitung Indeks Pembangunan Manusia
Untuk mendapatkan nilai indeks pembangunan manusia dibutuhkan tiga komponen penting di atas. Kita harus mengetahui nilai dari Kesehatan dan umur panjang, pengetahuan atau tingkat pendidikan, dan kelayakan standar hidup. Dengan ketiga komponen yang sudah didapatkan nilainya, maka Indeks Pembangunan Manusia akan bisa didapatkan.
1. Kesehatan dan umur panjang (Life expectancy Index/LEI) = (LE-20)/80-20(LE−20)/80−20LEI = 1 jika umur yang didapatkan 85, dan 0 jika nilai yang didapatkan 20.
2. Tingkat Pendidikan (Education Index/EI) = (MYSI + EYSI) / 2(MYSI+EYSI)/2Mean Years of Schooling Index (MYSI) = MYSI / 15MYSI/15, di mana 15 adalah angka maksimum atau target untuk 2025.
3. Expected Year Of Schooling Index (EYSI) = EYSI / 18EYSI/18, di mana 18 adalah angka untuk pencapaian master degree.
4. Indeks Penghasilan (Income Index) = In(GNIpc)-In(100)/In(75000)-In(100)In(GNIpc)−In(100)/In(75000)−In(100)

Permasalahan Indeks Pembangunan Manusia
Indeks pembangunan manusia bersifat berkembang. Di beberapa tahun ke depan mungkin akan ada metode baru yang lebih efisien yang bisa digunakan untuk mengukurnya. Kalau sekarang ada tiga komponen utama, mungkin akan ada beberapa tambahan komponen lain yang diukur.

Hal ini terjadi karena fokus indeks pembangunan manusia ini hanya di tiga komponen itu sendiri, tidak dengan komponen lainnya. Jadi, negara yang memiliki indeks pembangunan manusia tinggi, bisa jadi tidak seperti yang bisa dibayangkan, bahkan bisa jadi tidak sebaik dengan negara yang memiliki indeks pembangunan manusia lebih rendah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Indeks Pembangunan Manusia: Pengertian, Komponen, Fungsi, Cara Menghitung, dan Permasalahannya"