Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Api Tidur: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Gunung Api Tidur dan Contohnya
Gunung Api Tidur

Pengertian Gunung Api Tidur
Gunung api tidur (gunung berapi dorman) adalah gunung berapi yang tidak pernah tercatat mengalami erupsi, tetapi bisa mengalami erupsi lagi di masa mendatang. Tidak ada yang tahu berapa lama gunung tersebut akan tertidur, tetapi bisa saja suatu saat nanti gunung api yang tidur itu akan bangun dan meletus.

Contoh Gunung Api Tidur
Berikut terdapat beberapa gunung api tidur di antaranya,
1. Gunung Sinabung, Indonesia. Gunung Sinabung yang telah beristirahat setidaknya selama 1200 tahun hingga akhirnya kembali menunjukkan aktivitas vulkanik pada tahun 2010.
2. Yellowstone, Amerika Serikat. Yellowstone adalah gunung berapi dapat tetap bertahan pada status tidur  dalam waktu yang lama, telah berada pada masa istirahat sejak 70.000 tahun yang lalu.
3. Gunung Fuji, Jepang. Letusan terhebat Gunung Fuji ini pernah mengubur kota-kota di sekitar gunung, mulai dari Pompeii dan Herculaneum serta menewaskan 16 ribu orang. Tapi sejak tahun 1707 Gunung Fuji mulai tidur atau menjadi gunung api dorman sampai detik ini.
4. Gunung Pelee, Martinique. Gunung Pelee di Martinique yang sudah tidur selama satu abad lebih. Terakhir kali gunung ini meletus adalah pada tahun 1902, dan saat itu korbannya mencapai 30 ribu orang.
5. Gunung Maua Kea, Hawaii.  Gunung Mauna Kea pernah meletus pada 3.500 tahun yang lalu, kemudian Muana Kea tidur selama ribuan tahun. Pada tahun 1983, gunung api ini kembali aktif dan menunjukkan aktivitasnya. Letusan yang terbaru terjadi pada tahun 2013 lalu.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Gunung Api Tidur: Pengertian dan Contohnya"