Gunung Api Aktif: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Gunung Api Aktif dan Contohnya
Gunung Api Aktif

Pengertian Gunung Api Aktif
Gunung api aktif (active volcano) adalah jenis gunung api yang masih melakukan aktivitasnya, yaitu mengeluarkan magma ataupun erupsi, bahkan dapat menjadi penyebab adanya gempa. Demikian, para ilmuan biasanya menganggap sebuah gunung berapi mengalami erupsi atau akan mengalami erupsi berdasarkan beberapa faktor seperti aktivitas kegempaan, emisi gas dari gunung, dan sebagainya.

Sebagian besar ilmuwan menganggap gunung berapi aktif apabila pernah mengalami erupsi dalam kurun waktu 10.000 tahun (masa holosen). Kriteria yang sama juga digunakan oleh Program Global Volcanism Smithsonian yang hingga September 2020, telah mencatat 1420 gunung berapi aktif yang pernah mengalami erupsi pada masa Holosen.

Contoh Gunung Api Aktif
Sebagian besar gunung berapi tersebut terletak di Cincin Api Pasifik dan lebih dari 500 juta orang tinggal di dekat gunung berapi. Hingga tahun 2021, berikut lima dari gunung berapi paling aktif di Indonesia di antaranya Gunung Merapi, Gunung Sinabung, Gunung Anak Krakatau, Gunung Agung, Gunung Karangetang, dan Gunung Semeru.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Gunung Api Aktif: Pengertian dan Contohnya"