Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gletser: Pengertian, Proses Terjadinya, Tipe, Manfaat, dan Gletser di Dunia

Pengertian Gletser
Gletser

Pengertian Gletser
Gletser dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lapisan besar es yang bergerak turun perlahan-lahan di lereng gunung atau di dataran. Kata berbahasa Inggris glacier dipinjam dari bahasa Prancis Kuno dari kata Latin glacies (es).

Demikian, gletser adalah sebuah bongkahan atau endapan es yang besar dan tebal yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akibat akumulasi endapan salju atau es yang mengeras dan membatu selama kurun waktu tertentu yang sangat lama. Saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi.

Proses Terjadinya Gletser
Keberadaan gletser dipicu oleh adanya salju. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa gletser hanya bisa ditemui di daerah dingin, terutama di daerah yang terus menerus dituruni oleh salju. Adapun proses terjadinya gletser ini dimulai pada lereng pegunungan yang mempunyai bentuk cekung dan disebut dengan sirka (cirque).  

Gletser terjadi akibat dari adanya proses sublimasi dan juga pembekuan salju. Salju yang pada mulanya berbentuk butiran akan lepas menjadi padat dan akhirnya akan membentuk semacam bola salju. Apabila salju yang turun ini lebih banyak yang membeku daripada salju yang mencair atau menguap maka akan terbentuk gletser. Berikut proses terbentuknya gletser:
1. Gletser akan terbentuk dan dimulai ketika salju segar turun, setelah mengendap udara yang terperangkap di antara serpihan, salju terdorong keluar sehingga terjadi keping salju yang padat dan disebut dengan firn.
2. Ketika salju semakin banyak turun di puncak pegunungan, firn akan semakin terpadatkan menjadi es gletser. Bebatuan atau till yang jatuh dari puncak gunung akan ikut terbawa oleh gletser ini. Dan di daerah yang curam, es akan terpecah- pecah menjadi rekahan- rekahan yang berbentuk baji (crevasse).
3. Gletser ini, ujungnya akan mencair dan akan membentuk aliran sungai yang mengalir ke bawah pegunungan. Karena gletser berisi berbagai macam zat, seperti bebatuan, salju dan juga sedimen, sehingga zat ketika gletser meluncur ke bawah maka akan berubah kontur dari pegunungan.

Tipe Gletser
Karena jumlah salju yang mengendap berbeda, maka terdapat beberapa tipe gletser di antaranya,
1. Gletser Gunung
Tipe pertama bernama gletser gunung. Asal nama itu karena memang bentuknya yang besar seperti gunung. Gletser gunung dapat menyebabkan erosi besar dan memiliki gerakan lambat sehingga celah yang dihasilkan cukup dalam.

2. Gletser Benua
Seperti namanya, gletser benua terbentuk seperti benua, tetapi berupa bentangan es. Di bumi ada dua bentangan es besar, yaitu pada benua Antartika dan Greenland. Sebanyak kurang lebih 90% gletser dunia berada di kedua daerah dingin tersebut.

Manfaat Gletser
Fungsi utama gletser adalah untuk mendinginkan suhu di bumi. Berikut beberapa manfaat lain dari gletser di antaranya,
1. Menjadi penyebab terbentuknya danau glasial.
2. Sebagai tempat atau objek penelitian para ahli glasiologi.
3. Bisa menjadi tempat olahraga ski pada musim dingin.
4. Sebagai sumber air tawar terbesar di bumi.

Selain itu, di daerah gletser yang berpenduduk juga menyebabkan terjadinya budaya baru. Tentu saja hal itu karena cara kehidupan mereka yang berbeda dengan lainnya sehingga memiliki cara adaptasinya sendiri.

Gletser dapat ditemukan di pegunungan tinggi seperti Aplen, Himalaya, juga Kuskus. Proses terjadinya gletser juga ada di Indonesia, tepatnya di puncak gunung Jaya wijaya, Papua.

Gletser di Dunia
1. Gletser Perito Moreno
Gletser Perito Moreno ini terdapat di Taman Nasional Los Glaciares, Provinsi Santa Cruz, Argentina. Tempat ini merupakan tempat wisata paling penting di Argentina. Adapun gletser ini terbentuk dari 250 km² es. Gletser ini mempunyai panjang 30 km (19 mil), dan merupakan salah satu dari 48 gletser daratan “Southern Patagonian Ice Field” yang berada dalam sistem Andes bersama dengan Chile. Gletser ini juga merupakan cadangan air terbesar ketiga di dunia.

2. Gletser Biafio
Selanjutnya ada gletser Biafio yang berada di Pakistan.  Gletser ini mempunyai panjang 63 km di pegunungan Karakoram pada ketinggian 5.128 m di Hispar La (pass). Gletser Biafio ini menyajikan trek yang sangat sulit karena sering terjadi jatuhnya batu. Gletser ini menyediakan pemandangan yang sangat spektakuler sepanjang dan Snow Lake yang berada di dekat puncak.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Gletser: Pengertian, Proses Terjadinya, Tipe, Manfaat, dan Gletser di Dunia"