Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bioma Hutan Hujan Tropis: Pengertian dan Cirinya

Pengertian Bioma Hutan Hujan Tropis dan Cirinya
Bioma Hutan Hujan Tropis

Pengertian Bioma Hutan Hujan Tropis
Bioma hutan hujan tropis adalah bentuk suatu bioma hutan dengan keadaan selalu lembap atau basah. Bioma hutan hujan tropis dapat di temui didaerah yang di lewati oleh garis lintang khatulistiwa, yakni berada dalam lintang 0⁰ sampai dengan 10⁰ melintang dari utara ke selatan.

Bioma hutan hujan tropis berada pada iklim tropis yang memiliki curah hujan tinggi serta selalu mendapatkan penyinaran matahari sepanjang tahun. Bioma hutan hujan tropis terdapat di berbagai benua di dunia seperti Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan dan Tengah, Kepulauan Pasifik serta Mexico.

Ciri Bioma Hutan Hujan Tropis
Beberapa ciri dari bioma hutan hujan tropis di antaranya,
1. Curah hujan
Dalam bioma hutan hujan tropik ini memiliki curah hujan yang cenderung tinggi, menurut data yang ada total curah hujan lebih dari 2000 mm per tahunnya. Demikian, dinamakan dengan bioma yang lembab dan basah. Sepanjang tahunnya, hutan yang hidup di daerah ini selalu mendapatkan hujan.

Biasanya tanaman dan hewan yang ada pada bioma ini memiliki keanekaragaman yang luar biasa banyaknya. Sebab pada iklim inilah pohon dan hewan paling mudah beradaptasi.

2. Banyak pohon yang tinggi
Tak salah jika banyak pepohonan yang bisa tumbuh subur dan makmur di hutan ini. Bisa di buktikan dengan banyaknya pohon-pohon tinggi. mereka bisa tumbuh dengan baik. Jika di ukur, tinggi dari pohon-pohon ini bisa mencapai 20 meter sampai dengan 40 meter.

Meskipun sinar matahari selalu tampak, tapi jika berada di bawah pohon ini susah untuk melihat panasnya matahari. Karena sinarnya selalu terhalang oleh dahan-dahan pohon.

3. Sinar matahari yang tidak mencapai tanah
Ini bukan berarti bahwa bioma hutan hujan tropis tidak mendapatkan sinar matahari. Justru mereka selalu mendapatkan penyinaran matahari sepanjang tahun. Hanya saja tidak bisa sampai menembus dasar hutan. Sehingga berada di bawah pepohonan akan tampak waktunya selalu sama. Karena sinar matahari yang menyinari terhalang oleh pepohonan, oleh ranting, dahan, dan dedaunan.

4. Pohon memiliki daun yang lebat
Karena adanya sinar pohon sepanjang tahun, maka pertumbuhan pohon-pohon yang ada di sini cukup baik. Mereka bisa berfotosintesis dengan sempurna. Sehingga nutrisinya terpenuhi. Bisa di lihat dari tingginya pohon yang menjulang sampai ke angkasa. Juga pada dedaunan yang lebat, menghalangi sinar matahari yang masuk. Warna dari dedaunannya juga hijau menyegarkan itulah salah satu keunikan hutan hujan tropis.

5. Punya iklim yang mikro di lingkungannya
Selain itu, pohon-pohon yang ada dalam hutan hujan tropis memiliki iklim yang mikro. Ini bisa di temukan pada sekitar permukaan tanah di sana. Selain itu pada pepohonan juga ada pula, yakni berada di bawah kanopi daun. Hal ini membuat dedaunan yang ada pada pohon-pohon berbentuk seperti tudung. Bisa memayungi yang ada di bawahnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Bioma Hutan Hujan Tropis: Pengertian dan Cirinya"