Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bencana Alam Meteorologi: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Bencana Alam Meteorologi dan Contohnya
Bencana Alam Meteorologi

Pengertian Bencana Alam Meteorologi
Bencana meteorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembaban, temperatur, angin. Hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi jenis bencana ini adalah dengan memprediksi dan berusaha untuk mengurangi potensi terjadinya, kerugian akibat bencana tersebut.

Mengurangi potensi bencana meteorologi, misalnya dapat dilakukan terhadap bencana banjir, misalnya membuat sistem drainase yang baik dan pengelolaan tata lingkungan yang baik. Prediksi bencana meteorologi dilakukan untuk mempersiapkan kondisi manusia dalam menghadapinya, sehingga ketika terjadi bencana telah siap untuk menghadapinya.

Gelombang panas merupakan salah satu bencana meteorologi yang sering terjadi di daerah lintang tinggi. Bencana ini berupa hembusan angin dengan temperatur yang sangat tinggi, hal yang berkebalikan terjadi saat terjadi gelombang dingin. Dua kondisi tersebut dapat menimbulkan korban jiwa dan menimbulkan kerugian material lainnya.

Contoh Bencana Meteorologi
Bencana alam yang termasuk dalam bencana meteorologi karena disebabkan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor meteorologi di antaranya Kekeringan, Banjir, Badai (Badai angin, badai petir, badai es, badai salju), Kebakaran hutan, El Nino, La Nina, Longsor, Tornado, Angin puyuh, topan, angin puting beliung, Gelombang dingin, Gelombang panas, Angin fohn (Angin gending, angin brubu, angin bohorok, angin kumbang).
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Bencana Alam Meteorologi: Pengertian dan Contohnya"