Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bencana Alam Klimatologis: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Bencana Alam Klimatologis
Bencana Alam Klimatologis

Pengertian Bencana Alam Klimatologis
Bencana alam klimatologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh iklim. Terdapat dua faktor utama yang menyebabkan bencana klimatologis, yaitu hujan dan angin. Contoh dari bencana alam klimatologis di antaranya badai, banjir,  kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, dan masih banyak lagi.

Contoh Bencana Alam Klimatologis
1. Banjir
Banjir adalah bencana yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan tidak memadainya saluran pembuangan air. Hal inilah yang akhirnya memicu air merendam wilayah-wilayah. Banjir bisa juga terjadi karena jebolnya sistem aliran air.

2. Badai
Badai merupakan sebuah kondisi saat angin bertiup sangat kencang dan besar. Penyebab badai bisa berasal dari beberapa hal, misalnya tingginya suhu permukaan air laut, perubahan suhu di atmosfer Bumi, dan lain-lain. Badai bisa menjadi sebuah bencana alam jika sampai menyebabkan kerusakan.

3. Kekeringan
Kekeringan adalah bencana alam yang disebabkan oleh langkanya air dalam waktu yang cukup lama di daerah tertentu. Seperti yang kita tahu, air adalah salah satu sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kekeringan bisa menimbulkan masalah lainnya seperti gagal panen, kematian tumbuhan dan hewan, kelaparan, hingga wabah penyakit. Penyebab kekeringan yang paling utama adalah musim kemarau yang berlangsung lama.

Hal itu menyebabkan sumber air mengering dan membuat masyarakat sekitar kesulitan mendapatkan air.

4. Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan bisa disebabkan oleh beberapa faktor alam seperti sambaran petir, musim kemarau berkepanjangan, terkena lelehan lahar, dan masih banyak lagi.

Kebakaran hutan bisa membuat asap kebakaran menyebar ke berbagai daerah di sekitarnya. Sedangkan asap ini berbahaya jika terus menerus dihirup oleh manusia. Bahkan jika kebakarannya sangat besar, bisa juga berdampak pada rumah-rumah warga yang ada di sekitarnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Bencana Alam Klimatologis: Pengertian dan Contohnya"