Awan Nimbostratus: Pengertian, Ciri, Letak, Jenis, dan Dampaknya

Pengertian Awan Nimbostratus
Awan Nimbostratus

Pengertian Awan Nimbostratus
Awan nimbostratus (Ns) adalah jenis awan dengan ketinggian rendah dari 0,6 km sampai 3 km yang tidak menyebar (rapat) dan tanpa bentuk. Nimbostratus memilik warna abu-abu, berbentuk lapisan yang berwarna gelap.

Nimbostratus berasal dari bahasa Latin yaitu nimbus (hujan), dan stratus (merata atau menyebar). Awan nimbostratus menghasilkan hujan atau salju yang stabil dan lama. Keberadaan awan nimbostratus menyebabkan jarak pandang yang rendah dan menghalangi sinar matahari, serta biasanya diikuti cuaca yang buruk.

Ciri Awan Nimbostratus
Ciri khusus yang dimiliki awan nimbostratus di antaranya,
1. Secara umum terletak di atmosfer dengan ketinggian rendah antara 0,6 km meter hingga 3 km dari permukaan bumi.
2. Bentuknya tidak teratur atau tidak memiliki bentuk dan lebih cenderung selalu berubah-ubah.
3. Tersebar cukup luas di langit, hingga bisa menutupi sebagian langit.
4. Kemunculannya sering menandakan akan terjadinya cuaca buruk dan hujan ringan yang relatif lama tanpa disertai petir.

Letak Awan Nimbostratus
Awan nimbostratus merupakan jenis awan yang berbentuk tidak menentu. Awan nimbostratus ini berwarna gelap dan seringkali disebut sebagai mendung. Hal ini karena keberadaan awan Nimbostratus biasanya menimbulkan indikasi hujan. Awan nimbostratus dekat dengan permukaan Bumi, bahkan terkadang kita pun bisa melihat pergerakannya.

Karena awan nimbostratus merupakan awan rendah maka keberadaannya pun kurang dari 3 km dari permukaan Bumi. Untuk keberadaan awan nimbostratus, lebih tepatnya yaitu antara 0,6 km hingga 3 km. Karena keberadaan awan nimbostratus yang rendah ini, maka menyebabkan jarak pandang rendah dan juga menghalangi sinar matahari. Keberadaan awan nimbostratus juga mengindikasikan adanya cuaca buruk.

Jenis Awan Nimbostratus
Beberapa jenis dari awan nimbostratus di antaranya,
1. Nimbostratus Virga (Ns vir), jenis awan ini merupakan awan nimbostratus yang mempunyai ciri- ciri garis kebawah pada bagian bawah awan.
2. Nimbostratus Praecipitatio (Ns pra), yaitu awan nimbostratus atau Ns yang memiliki presipitasi yang mencapai tanah atau permukaan Bumi.
3. Nimbostratus Pannus (Ns Pan), yaitu merupakan awan nimbostratus yang terbentuk dari evaporasi yang berasal dari air akibat perubahan bentuk awan atau presipitasi yang tumbuh menjadi lapisan tidak stabil. Awan jenis ini memiliki bentuk seperti terkoyak.

Dampak Kemunculan Awan Nimbostratus
Kemunculan jenis awan ini akan menimbulkan beberapa dampak di antaranya,
1. Jarak pandang menjadi rendah atau pendek, sehingga dapat mengganggu aktivitas penerbangan.
2. Karena cukup tebal dan memiliki lapisan gelap, maka cahaya matahari pun akan terhalang.
3. Kemunculannya akan menandakan datangnya cuaca buruk.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Awan Nimbostratus: Pengertian, Ciri, Letak, Jenis, dan Dampaknya"