Awan Alto Cumulus: Pengertian, Ciri, Proses Terjadinya, Jenis, dan Kandungannya

Pengertian Awan Alto Cumulus
Awan Alto Cumulus

Pengertian Awan Alto Cumulus
Alto Cumulus adalah awan yang berbentuk pipih seperti gumpalan kapas. Awan alto cumulus merupakan jenis awan menengah. Awan alto cumulus merupakan jenis awan yang bergerombol karena jumlahnya banyak dan letaknya saling berdekatan satu sama lain. Alto cumulus dari bahasa Latin yaitu altus yang berarti tinggi, dan cumulus yang berarti kumpulan.

Alto cumulus dapat membentuk lapisan yang seragam serta jangkauan yang luas. Awan alto cumulus berada pada ketinggian 2 Km sampai 7 Km. Alto cumulus terbentuk karena naiknya air bermassa besar pada ketinggian sedang yang diikuti oleh kondensasi yang tidak stabil. Awan yang terbentuk biasanya tersusun lapisan maupun tersebar, dengan warna putih maupun abu-abu.

Formasi alto cumulus akan terlihat lebih jelas ketika matahari terbit atau terbenam. Awan alto cumulus terdiri dari butiran-butiran air dengan suhu berkisar 10° C berbentuk kristal es. Alto cumulus terbentuk dari butiran-butiran kristal es, awan ini umumnya tidak menimbulkan hujan, tetapi dapat mengindikasikan perubahan cuaca. Beberapa jenis awan altokumulus antara lain castellanus, floccus, dan lenticularis.

Ciri Awan Alto Cumulus
Setiap jenis awan tentu memiliki karakteristik masing-masing, awan alto cumulus memiliki ciri- ciri di antaranya,
1. Ukuran awannya adalah kecil- kecil
2. Biasanya awan berbentuk bola- bola yang agak tebal atau menggembung
3. Memiliki warna putih hingga pucat, dan kadang ada bagian yang kelabu
4. Jumlahnya banyak dan saling berdekatan (bergerombol)
5. Sebagian besar terdiri atas butiran- butiran es
6. Pada umumnya mempunyai bayangan
7. Awan ini tidak tebal dan jarang sekali mencapai 1 Km
8. Muncul pada keadaan hangat (musim panas lembap di pagi hari dan kadang menandakan hujan lebat di sore harinya)

Proses Terjadinya Awan Alto Cumulus
Awan merupakan suatu hasil dari gejala alam. Adanya awan karena melalui suatu proses secara ilmiah. Terbentuknya awan alto cumulus karena melalui proses berikut di antaranya,
1. Naiknya air yang bermassa besar pada ketinggian sedang yang diikuti oleh kondensasi yang tidak stabil
2. Kemudian terjadilah awan dengan bentuk yang tersusun lapisan atau terkadang menyebar
3. Warna awan yang terbentuk pun berwarna putih atau bau- abu

Awan alto cumulus ini terbentuk atas butiran- butiran perubahan kristal es. Awan ini pada umumnya tidak menimbulkan hujan namun dapat mengindikasikan perubahan cuaca. Apabila awan ini terisolasi dari awan- awan lainnya, maka awan alto cumulus ini tidak mempengaruhi signifikan terhadap cuaca.

Jenis Awan Alto Cumulus
Awan Alto Cumulus memiliki empat jenis awan di antaranya,  
1. Alto Cumulus stratiformis
Awan ini merupakan jenis awan alto cumulus yang paling umum. Awan ini terlihat seperti menggembung dengan bagian dasar yang datar dan rapat. Biasanya ditemui dalam bentuk mengelompok dan jumlahnya sedikit, tetapi bisa meluas ke seluruh area langit.

2. Alto Cumulus lenticularis
Alto cumulus lenticularis dikenal juga sebagai awan lentikular. Sekilas, awan ini menyerupai bentuk UFO sehingga sering juga disebut sebagai awan pesawat ruang angkasa. Awan alto cumulus lenticularis berbentuk seperti lensa dengan massa awan tipis yang terpisah. Awan ini biasanya terbentuk di atas daerah perbukitan.

3. Alto Cumulus castellanus
Awan ini menjulang tinggi ke atas, terlihat seperti tembok atau kastil. Ukuran tingginya lebih dominan dibanding lebarnya, sehingga terlihat membengkak. Awan Alto Cumulus castellanus dapat menjadi penyebab pembentukan badai petir cumulonimbus.

4. Alto Cumulus floccus
Alto Cumulus floccus sering terlihat di samping Alto Cumulus castellanus. Ukuran awannya lebih kecil dan tidak beraturan. Awan ini sering ditemukan bergantung di bagian bawah awan virga (jalur prespitasi curah hujan).

Kandungan Awan Alto Cumulus
Awan yang terlihat seperti kapas yang sangat lembut apabila dilihat dari Bumi. Meskipun dari bawah terlihat seperti zat padat, namun awan tidak demikian. Awan merupakan benda yang terbuat dari uap- uap air. Awan Alto Cumulus  juga merupakan awan yang mempunyai berbagai macam kandungan.

Awan Alto Cumulus merupakan awan yang terdiri atas butiran- butiran kristal es atau butiran- butiran air dengan suhu sekitar 10ᵒ Celcius.

Awan alto cumulus merupakan awan yang tergolong kepada awan menengah. Awan alto cumulus ini berada di ketinggian antara 2 km hingga 7 km. Awan Alto Cumulus ini merupakan awan yang pada umumnya tidak menimbulkan hujan namun dapat mengindikasikan adanya perubahan cuaca.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Awan Alto Cumulus: Pengertian, Ciri, Proses Terjadinya, Jenis, dan Kandungannya"