Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Angin Laut: Pengertian, Proses, Jadwal, dan Manfaatnya

Pengertian Angin Laut
Angin Laut

Pengertian Angin Laut
Angin laut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah angin yang bertiup dari arah laut ke darat yang terjadi pada siang hari. Angin laut disebabkan oleh perbedaan suhu di permukaan laut yang lebih dingin dari suhu di daratan. Biasanya, angin laut akan berembus dari pagi hingga sore hari atau dari sekitar pukul 09.00 hingga pukul 16.00, di mana hembusan terkencang terjadi pada tengah hari.

Biasanya para nelayan yang hanya menggunakan layar sederhana tanpa bantuan mesin motor akan mengandalkan angin laut untuk pulang dari menangkap ikan di laut setelah bermalam di lautan. Namun, mengandalkan angin laut untuk pelayaran hanya dapat terjadi ketika cuaca normal atau diperkirakan tidak akan ada gangguan yang dapat menghalangi hembusan angin laut.

Proses Terjadinya Angin Laut
Pada siang hari, suhu di daratan lebih panas dibanding di lautan karena daratan memang lebih cepat menerima panas, seperti halnya ia juga cepat menerima dingin. Air di laut, sebaliknya, memiliki kapasitas panas yang lebih besar dibanding lapisan tanah di daratan sehingga ia tak mudah menjadi panas karena sinar matahari.

Akibat dari sifat ini, tekanan udara di darat menjadi lebih rendah (karena panas) dibanding di laut sehingga berembuslah apa yang disebut angin laut dari daerah laut yang tekanannya lebih tinggi ke daerah darat dengan tekanan lebih rendah. Adapun kekuatan laut ini berbanding lurus dengan besaran perbedaan suhu antara wilayah daratan dan lautan.

Jadwal Operasional Angin Laut
Angin laut biasanya berembus dari pagi hingga sore hari sedang hembusan terkencangnya adalah pada tengah hari. Momen ini di manfaatkan para nelayan untuk pulang membawa hasil tangkapan ikan, utamanya mereka yang hanya bermodal perahu dan layar sederhana tanpa bantuan mesin motor.

Namun demikian, mengandalkan angin laut dalam pelayaran semacam ini hanya terjadi ketika cuaca normal dan diperkirakan tidak ada gangguan yang dapat menghalangi berhembusnya angin laut.

Manfaat Angin Laut
Angin laut memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk para nelayan namun juga untuk kehidupan di bawah permukaan laut maupun di sekitar daerah pantai di antaranya,
1. Sebagai bahan bakar bagi para nelayan yang menggunakan layar sederhana atau tanpa bantuan mesin motor untuk pulang membawa hasil tangkapan.
2. Dapat mendorong tumbuhnya pariwisata bahari, karena hembusan angin laut tak jarang membawa rasa asin di lidah dan memberikan aroma laut yang khas serta anginnya yang sepoi-sepoi dapat membuat para pengunjung betah meskipun umumnya udara di pantai saat siang hari panas.
3. Membantu proses penyerbukan tanaman yang tumbuh di sekitar pantai tanpa bantuan serangga sehingga penghijauan di sekitar pantai dapat sukses dilakukan.
4. Memfasilitasi berbagai macam olahraga seperti ski air atau paralayang dan hiburan seperti permainan layangan yang umumnya sulit dilakukan di malam hari karena penerangan di daerah pantai belum merata dan kondusif.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Lihat Juga

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Angin Laut: Pengertian, Proses, Jadwal, dan Manfaatnya"