Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ambang Laut: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Ambang Laut dan Contohnya
Ambang Laut dan Contohnya

Pengertian Ambang Laut
Ambang laut (drempel) adalah lautan dangkal yang berbentuk seperti pegunungan di dasar laut yang membatasi dua laut yang dalam. Ambang laut memisahkan dua lautan yang lebih dalam dan luas. Ambang laut terbentuk akibat adanya tenaga endogen (dari dalam bumi) dan tenaga eksogen (pelapukan dari gerak massa batuan).

Para peneliti mengemukakan bahwa ambang laut merupakan daratan yang akhirnya tenggelam dan ditutupi oleh lautan. Karena ambang laut ini termasuk ke dalam lautan dangkal maka pada umumnya ambang laut memiliki kedalaman kurang dari 200 meter. Spesies laut yang hidup di ambang laut juga terbilang sangat beragam sebab intensitas cahaya matahari di lingkungan ini masih sangat baik bagi kehidupan.

Ciri Ambang Laut
Suatu relief bawah laut dapat dikatakan sebagai ambang laut jika memiliki beberapa ciri di antaranya,
1. Ambang laut memiliki kedalaman kurang dari 200 meter di bawah permukaan laut.
2. Ambang laut memisahkan dua lautan yang lebih dalam dari ambang laut itu sendiri.
3. Ambang laut memisahkan dua daratan atau dua pulau yang berdekatan. Dengan kata lain ambang laut adalah dasar laut dari selat.
4. Ambang laut biasanya memiliki permukaan yang relatif rata.
5. Ambang laut merupakan perbukitan atau pegunungan bawah laut yang memisahkan dua buah lautan dalam.
6. Ambang laut dikatakan sebagai bekas daratan. Hal ini berarti pada jaman dahulu ambang laut adalah daratan yang akhirnya tenggelam dan ditutupi oleh lautan.

Contoh Ambang Laut
Terdapat banyak contoh ambang laut di dunia yang tersebar di berbagai wilayah di antaranya,
1. Ambang Laut Sulawesi
Ambang Laut Sulawesi merupakan ambang laut yang menjadi dasar dari Laut Sulawesi. Ambang laut Sulawesi terletak di bagian utara dari Pulau Sulawesi, Indonesia. Ambang Laut Sulawesi memisahkan antara Samudera Pasifik dan juga Laut Sulu. Ambang laut ini terbentuk akibat dari deretan gunung api muda yang bertebaran di bawah laut Sulawesi.

2. Ambang Laut Sulu
Ambang laut Sulu ini terdapat di bawah permukaan Laut Sulu yang merupakan sebuah lautan luas yang ada di daerah barat daya dari Negara Filipina. Ambang laut ini telah memisahkan dua lautan dalam yaitu Laut China Selatan dan juga Laut Sulawesi. Pada permukaannya, ambang laut Sulu ada berbagai kepulauan yang menghiasi permukaan Lautan Sulu.

3. Ambang Laut Gibraltar
Ambang Laut Gibraltar adalah permukaan datar bawah laut yang berada tepat di bawah Selat Gibraltar. Selat Gibraltar merupakan selat yang memisahkan antara negara Spanyol dan Maroko, serta Benua Eropa dan Afrika. Ambang laut Gibraltar ini juga memisahkan dua lautan dalam dan luas yaitu Samudera Atlantik dan juga Laut Tengah. Ambang laut ini memiliki kedalaman kurang dari 300 meter dan lebarnya mencapai 14 km.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Ambang Laut: Pengertian, Ciri, dan Contohnya"