Alterasi Mineral: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Alterasi Mineral dan Contohnya
Alterasi Mineral

Pengertian Alterasi Mineral
Alterasi Mineral mengacu pada berbagai proses alam yang mengubah komposisi kimia mineral atau kristalografi. Alterasi mineral pada dasarnya diatur oleh hukum-hukum termodinamika yang terkait dengan konservasi energi, relevan dengan kondisi lingkungan, sering terbentuk sebagai katalis, yang paling umum dan berpengaruh adalah dalam bentuk air (H2O).

Contoh Proses Alterasi Mineral
Oksidasi, bisa ditemukan saat mineral besi (Fe) yang terdapat di alam seperti FeS2 (pirit) mengalami oksidasi menjadi mineral goetit atau besi hidroksida.
1. Kaolinisasi, proses alterasi mineral alkali felspar yang mengalami perubahan menjadi mineral lempung kaolinit dan bisa diketahui dengan munculnya larutan sedikit asam. Proses kaolinisasi banyak ditemukan pada batuan granitik dengan jumlah mineral alkali felspar cukup tinggi.
2. Dolomitisasi, proses yang mengacu pada kelompok batuan sedimen karbonat yang memiliki kandungan kalsit sangat tinggi seperti pada batu gamping. Batu gamping tersebut berubah menjadi batuan dolomit yang kaya akan magnesium. Dalam hal ini terdapat proses diagenesis yang menjadi penyebab utama dan melibatkan sejumlah air bersuhu tidak terlalu panas.

Contoh mineral yang dapat terbentuk dari proses alterasi di antaranya,
1. Actinolit/ Ca2(Mg,Fe)5Si8o22(OH)2
Actinolit adalah suatu mineral yang memiliki warna hijau gelap, sistem kristal monoklin, mempunyai belahan sempurna, mengkilap seperti kaca, terdapat cerat berwarna putih, dan berbentuk elongated. Mineral ini terbentuk pada suhu 800 – 900 derajat celcius. Actinolit berasal dari hasil alterasi piroken pada gabro serta diaba di dalam proses metamorfik green schist facies.

2. Adularia / KalSi3O8
Mineral satu ini memiliki warna putih dengan sedikit merah muda, mempunyai sistem kristal monoklin, belahan 2 arah, kilap seperti kaca, terdapat cerat putih dengan bentuk prismatik. Adularia terbentuk pada suhu 700 derajat celcius sebagai akibat adanya proses hidrotermal dengan suhu rendah berupa urat.

3. Albite / NaAlSi3O8
Albite bisa diketahui dari warnanya yakni putih dengan sistem kristal triklin, terdapat belahan 3 arah, pecahannya yang tidak rata – konkoidal, mirip kilap kaca dan cerat berwarna putih. Mineral ini terbentuk di dalam suhu 750 – 800 derajat celcius, dan disebabkan adanya proses hidrotermal bersuhu rendah dan juga alterasi dari plagioklas. Sedangkan untuk proses metamorfik berlangsung pada temperatur dan tekanan rendah, serta proses magmatisme dan juga proses albitisasi.

4. Biotite / K(Mg,Fe)3AlSi3O10(F,OH)2
Mineral ini memiliki ciri khas yaitu berwarna hitam dengan sistem kristal monoklin, mempunyai belahan sempurna, bentuk pecahan tidak rata dengan kilap kaca dan mutiara, terdapat cerat putih berbentuk tabular. Biotite terbentuk di suhu 700 – 800 derajat celcius akibat adanya proses magmatis, metamorf dan juga hidrotermal. Biasanya banyak ditemukan di daerah sekitar magmatis.

5. Dolomite / CaMg(CO3)2
Hampir sama dengan minerl albite, dolomite juga memiliki warna putih dengan sedikit warna merah jambu namun memiliki sistem kristal heksagonal. Belahan terlihat sempurna dengan pecahan subkonkoidal, kilap seperti kaca dan terdapat cerat putih.

Dolomite terbentuk dari proses hidrotermal dengan suhu rendah berupa urat. Mineral ini juga dapat terbentuk di lingkungan laut sebagai proses dolomitisasi batu gamping serta proses metamorfik atau dolostone protoliths.

6. Epidote / Ca2Al2(Fe3+;Al)(SiO4)(Si2O7)O(OH)
Epidote mempunyai warna khas yaitu kehijauan dengan sistem kristal monoklin. Jika diperhatikan lebih seksama, memiliki belahan cukup jelas yakni 2 arah namun pecahan tidak rata. Terdapat kilap kaca bercerat putih dengan bentuk prismatik.

Epidote terbentuk di temperatur 900 – 1000 derajat celcius sebagai akibat dari proses metamorphisme pada fasies green schict dan juga glaucophane schist serta hidrotermal atau propylitic alteration. Pada proses magmatik sendiri sangat jarang menghasilkan mineral epidote.

7. Garnet / X3Y2(SiO4)3
Mineral yang satu ini memiliki warna yang indah yaitu hijau gelap atau merah gelap dengan sistem kristal rhombic dodekahedron, bentuk belahan tidak sempurna, pecahan konkoidal serta menunjukkan kenampakan tabular.

Garnet terbentuk di suhu yang cukup tinggi yaitu sekitar 1.600 – 1.800 derajat celcius dan banyak ditemukan pada zona kontak magmatic plutons bersuhu sangat tinggi, yakni mineralisasi skarn. Tidak hanya itu saja, mineral garnet juga dapat terbentuk akibat proses metamorfisme di lingkungan daerah magmatisme.

8. Mikrocline (KalSi3O8)
Mikrocline berwarna dominan putih dengan sedikit corak hijau, memiliki sistem kristal triklin dengan belahan 2 arah, pecahan tidak begitu rata, mempunyai kilap kaca mutiara, terdapat cerat putih serta menunjukkan bentuk prismatik.

Mikrocline terbentuk di suhu 700 derajat celcius sebagai akibat adanya proses magmatik sehingga menghasilkan plutonic rock yang dikenal dengan nama pegmatit. Tidak hanya itu saja mikrocline juga mengalami proses metamorfik bersuhu rendah yaitu gneiss dan schict dan juga proses hidrotermal.

9. Wollastonite / (CaSiO3)
Mineral ini dapat diketahui dari warnanya yaitu putih dengan sistem kristal triklin, kilap kaca, mempunyai belahan sempurna 3 arah namun pecahan tidak rata, bercerat putih dengan bentuk tabular. Wollastonite terbentuk di temperatur 1.100 derajat celcius, mengalami proses metamorfisem kontak pada calcareous dan marl rocks serta proses metamorfisme regional bertekanan rendah.

10. Zeolite / Na2Al2Si3O10 – 2H2O
Zeolite berwarna abu – abu keputihan, memiliki sistem kristal monoklin, bentuk belahan sempurna dengan 3 arah, pecahan tidak rata, kilap kaca, terdapat kerat kaca berwarna putih berbentuk elongated – prismatik.

Mineral zeolite terbentuk di suhu 600 – 700 derajat celcius sebagai akibat adanya proses hidrotermal yang mengisi urat serta rongga yang terdapat pada batuan beku dan juga mengalami proses metamorpisme burial.

11. Prehnite / Ca2Al(AlSi3O10)(OH)2
Mineral dengan warna kehijauan ini mempunyai sistem kristal orthorombic dengan belahan sempurna. Pecahannya tidak rata namun terdapat kilap kaca dengan cerat berwarna putih berbentuk tabular. Prehnite terbentuk di suhu 700 – 800 derajat celcius sebab mengalami proses metamorfisme dan juga proses hidrotermal yang mengisi rongga – rongga yang terdapat pada batuan volkanik basalt.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Alterasi Mineral: Pengertian dan Contohnya"