Pengertian Tremor Vulkanik

Pengertian Tremor Vulkanik
Tremor Vulkanik

Tremor vulkanik adalah salah satu gelombang seismik yang biasa terekam di sekitar gunungapi dan dapat menjadi indikasi akan terjadinya suatu letusan. Tremor merujuk kepada istilah getaran akibat adanya gerakan di bawah permukaan bumi yang tidak bergerak secara mendadak, atau dengan kata lain bergerak sedikit demi sedikit.

Gerakan yang sedikit demi sedikit tersebut walaupun tidak harus menyebabkan gempa namun dapat menyebabkan bumi tergetar. Getaran tremor berupa getaran yang terus menerus, tidak dijumpai di mana awal getarannya secara jelas. Sedangkan getaran gempa berupa getaran yang besar, mendadak, dan sangat mengejutkan.

Tremor pada peristiwa vulkanisme mengindikasikan adanya suatu gerakan dalam sebuah sistem tubuh vulkanik akibat mobilitas magma. Berdasarkan kenampakan bentuk gelombangnya, tremor vulkanik biasanya dibagi menjadi dua yaitu tremor harmonik dengan kenampakan yang teratur dan tremor spasmodik dengan kenampakan yang tidak teratur.

Penelitian mengenai tremor vulkanik biasanya terkait dengan karakteristik dan mekanisme sumbernya. Beberapa penelitian mengenai mekanisme sumber tremor vulkanik antara lain; tremor vulkanik yang diduga merupakan hasil resonansi gas di dalam pipa konduit, proses non linier di dalam saluran magma berbentuk silinder yang diduga dihasilkan oleh aliran magma yang mempunyai dua fase fluida yaitu fase gas dan fase cair.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tremor Vulkanik"