Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

The Great Pacific Garbage Patch

Pengertian The Great Pacific Garbage Patch
The Great Pacific Garbage Patch

The Great Pacific Garbage Patch (Pulau sampah Pasifik Besar) atau arus sampah Pasifik adalah perputaran partikel sampah laut di tengah Samudra Pasifik Utara yang ditemukan antara tahun 1985 dan 1988. Pulau sampah ini terletak di antara garis bujur 135°W hingga 155°W dan lintang 35°N hingga 42°N.

Ciri-ciri pulau ini adalah tingginya kandungan plastik, limbah kimia, dan serpihan pelagik lain yang terjebak oleh arus Girus Pasifik Utara. Kumpulan sampah-sampah plastik yang mengambang di lautan antara Hawaii dan California ini terus membesar hingga berukuran 1,6 juta km2, atau hampir seluas daratan Indonesia (1,9 juta km2).

Menurut laporkan jurnal Scientific Reports yang dipublikasikan oleh majalah Nature, sampah di wilayah ini kini berisi 10 hingga 16 kali lebih banyak dari dugaan sebelumnya. The Great Pacific Garbage Patch bukan kumpulan plastik yang padat, namun terdiri dari 1,8 triliun bagian-bagian plastik, dan diperkirakan seberat 88 ribu ton, atau seberat 500 pesawat jet jumbo.  

Dari sekitar 1,8 triliun plastik, terdapat komponen yang lebih besar dari mikroplastik. Di antaranya seperti jaring ikan, mainan, bahkan hingga dudukan toilet. Berikut ini adalah sejumlah penemuan dari penelitian tersebut, dikutip dari BBC :
1. 99,9% puing yang terdapat Samudera Pasifik adalah sampah plastik.
2. Setidaknya 46% diantaranya adalah jaring ikan, dan lebih dari tiga perempatnya adalah benda-benda berukuran kurang lebih 5 cm, seperti plastik keras, lembaran plastik, dan film (CD).
3. Banyak item yang sudah hancur dan menjadi benda-benda kecil dan mikro, meski begitu,  benda aslinya masih bisa diidentifikasi oleh para peneliti, misalnya kontainer, botol, tutup, tali pengikat, dan lainnya.
4. Dari 50 item sampel yang diteliti, terdapat tulisan tahun pada benda-benda tersebut, diantaranya: satu dari 1977; tujuh berasal dari 1980; 17 dari tahun 1990; 24 dari tahun 2000; dan satu berasal dari 2010.
5. Hanya benda-benda yang tebal dan dari jenis tertentu yang mengapung di laut, seperti yang terbuat dari polipropilen dan polietilena.

Untuk meneliti tingkat keparahan polusi di Samudra Pasifik utara ini dilakukan survei udara dan mengumpulkan 652 jaring yang ditarik oleh 18 kapal dari 27 Juli hingga 18 September 2015. Setiap tahun, jutaan ton plastik masuk ke laut,  beberapa hanyut ke dalam sistem pusaran arus laut yang besar yang dikenal sebagai gyres.

Setelah terjebak dalam sirkulasi atau pusaran arus laut itu, plastik akan terurai menjadi mikroplastik yang tak terlihat secara kasat mata, dan mungkin tertelan oleh satwa-satwa laut.
 

Baca Juga: Gyre: Pengertian, Sistem, Pembentukan, Arus Utama, dan Dampaknya

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "The Great Pacific Garbage Patch"