Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Lokasi Von Thunen dan Perkembangannya

Teori Lokasi Von Thunen dan Perkembangannya
Teori Lokasi Von Thunen


Teori Lokasi Von Thunen

Teori lokasi von Thunen adalah teori lokasi yang memelopori teori penentuan lokasi berdasar segi ekonomi yang didasarkan pada sewa tanah. Johan Heinrich von Thunen (1783-1850) adalah seorang ahli dalam ekonomi pertanian Jerman dan merupakan orang pertama yang membuat model analisis dasar dari hubungan antara pasar, produksi, dan jarak.

Teori Von Thunen dikenal dengan teori land use dicetuskan pertama kali di Jerman yang pada saat itu tidak ada industri, jalan raya maupun jalan kereta. Von Thunen mengembangkan teori ini  berdasarkan pengamatan di daerah tempat tinggalnya. Dalam teori lokasi yang dicetuskan oleh Von Thunen, terdapat pertimbangan-pertimbangan dari segi efisiensi tenaga kerja, maupun ekonomi.

Inti dari teori Von Thunen adalah bahwa harga sewa  lahan pertanian akan berbeda-beda nilainya tergantung tata guna lahannya. Harga sewa suatu lahan akan berbeda-beda nilainya tergantung tata guna lahannya. Lahan yang berada di dekat pusat pasar atau kota memiliki sewa lahan yang lebih mahal dibandingkan yang jauh dari pusat kota. Karena semakin jauh jarak dari pusat pasar maka meningkatkan biaya transportasi.

Perkembangan Teori Lokasi Von Thunen
Teori ini cukup relevan digunakan sebagai dasar dalam pengembangan dan pembangunan wilayah perbatasan di Indonesia khususnya melalui pengembangan transportasi karena karakteristik wilayah perbatasan di Indonesia memiliki jarak paling jauh dari pusat kota dan berperan sebagai wilayah penyedia bahan baku.

Namun seiring perkembangan ilmu dan kondisi dinamika pembangunan wilayah dan sangat cepat, maka teori ini dianggap tidak lagi valid dan relevan untuk diaplikasikan saat ini. Hal ini dikarenakan teori ini dibuat sebelum era industrialisasi, yang memiliki asumsi dasar bahwa kota terletak di tengah antara “daerah terisolasi” (isolated state), dikelilingi oleh hutan belantara, tanah yang datar, tidak terdapat sungai dan pegunungan, kualitas tanah dan iklim tetap, moda transportasi hanya berupa gerobak dan tidak terdapat jalan penghubung, serta petani yang mencari untung sebesar-besarnya.

Asumsi-asumsi ini sudah pasti sulit diterapkan di era sekarang dimana sarana dan prasarana transportasi sudah sangat maju dan modern, alat angkut pertanian yang banyak dan murah. Oleh karena itu, teori Von Thunen ini tidak dapat sepenuhnya diterapkan saat ini meskipun perbedaan sewa lahan di wilayah kota cenderung dinilai lebih tinggi namun permasalahan mengenai biaya transportasi yang terjadi pada masa itu kini sudah tidak terlalu membebani para pelaku pertanian akibat kemajuan teknologi transportasi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Orang cerdas selalu punya cara untuk menang __Nasurudin Hoja

Post a Comment for "Teori Lokasi Von Thunen dan Perkembangannya"