Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Lokasi Alonso

Teori Lokasi Alonso
Teori Lokasi Alonso

Teori lokasi Alonso adalah teori yang dibangun di atas model Thünen untuk memperhitungkan variasi intra-perkotaan dalam penggunaan lahan. William Alonso dalam bukunya Lokasi dan Penggunaan Lahan: Menuju Teori Umum Sewa Tanah,1964, mencoba menerapkan persyaratan aksesibilitas ke pusat kota untuk berbagai jenis penggunaan lahan (perumahan, komersial, dan industri).

Menurut teorinya, setiap jenis penggunaan lahan memiliki gradien sewa atau kurva sewa tawaran sendiri. Kurva menetapkan jumlah maksimum sewa yang akan dihasilkan oleh setiap jenis penggunaan lahan untuk lokasi tertentu. Rumah tangga, perusahaan komersial, dan industri bersaing untuk mendapatkan lokasi sesuai dengan kurva sewa penawaran masing-masing dan persyaratan mereka untuk akses ke pusat kota.

Semua rumah tangga akan berusaha menempati lahan sebanyak mungkin sambil tetap berada dalam persyaratan aksesibilitas mereka. Karena harga tanah di pinggiran kota lebih murah, rumah tangga yang kurang membutuhkan aksesibilitas ke pusat kota akan berada di dekat pinggiran kota; biasanya ini adalah rumah tangga kaya.

Rumah tangga miskin memerlukan akses yang lebih besar ke pusat kota dan oleh karena itu akan berlokasi di dekat pusat kota, bersaing dengan perusahaan komersial dan industri. Hal ini cenderung menciptakan sistem penggunaan lahan terpisah, karena rumah tangga tidak akan membayar harga lahan komersial dan industri untuk lokasi pusat.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Teori Lokasi Alonso"