Sulfur (Belerang)

Pengertian Sulfur atau Belerang
Sulfur (Belerang)

Sulfur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah massa getas berwarna kuning, tetapi juga dapat berbentuk lain, misalnya kristal bening; belerang; unsur dengan nomor atom 16, berlambang S, dan bobot atom 32,06. Belerang merupakan unsur non-logam yang tidak berasa. Belerang, dalam bentuk aslinya, adalah sebuah zat padat kristalin kuning.

Di alam, belerang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral-mineral pada gunung berapi sulfida dan sulfat. Sulfur juga merupakan penyusun penting dari banyak gas atmosfer, gas bawah permukaan, dan gas-gas terlarut. Sulfur merupakan elemen penting yang berperan dalam eksistensi makhluk hidup karena ia juga berada dalam molekul organik bahan bakar fosil.

Deposit mineral sulfur terbesar bisa ditemukan di bawah permukaan bumi. Banyak di antaranya berada di fraktur maupun cavity (rongga) yang terkait dengan mineralisasi bijih sulfida. Deposit sulfur lainnya biasanya berhubungan dengan mineral evaporit, di mana gipsum dan anhydrit akan menghasilkan native sulfur sebagai hasil aktivitas bakteri.

Jumlah sulfur yang signifikan juga banyak terdapat di "caps rock" kubah garam (salt domes), namun mengambil sulfur dari kubah garam saat ini jarang dilakukan. Menurut database International Mineralogical Association, lebih dari 1000 mineral mengandung sulfur sebagai bagian penting dari komposisi mereka. Inilah merupakan kelebihan sulfur yaitu dapat membentuk senyawa dengan hampir semua unsur.

Berikut beberapa contoh umum bahwa sulfur berada hampir di semua kelompok mineral di antaranya,
1. Mineral Sulfida: Chalcocite (Cu2S), Bornite (Cu5FeS4), Galena (PbS), Sphalerite (ZnS), Chalcopyrite (CuFeS2), Pyrite (FeS2), Cinnabar (HgS), Molybdenite (MoS2).
2. Mineral Sulfarsenida: Cobaltite ((Co,Fe)AsS), Arsenopyrite (FeAsS), Gersdorffite (NiAsS).
3. Mineral Sulfosalt: Pyrargyrite (Ag3SbS3), Enargite (Cu3AsS4), Bournonite (PbCuSbS3), Proustite (Ag3AsS3).
4. Mineral Anhydrous Sulfat: Barite (BaSO4), Celestite (SrSO4), Anhydrite (CaSO4), Anglesite (PbSO4).
5. Mineral Hydroxide dan Hydrous Sulfat: Gypsum (CaSO4·2H2O), Starkeyite (MgSO4·4H2O), Chalcanthite (CuSO4·5H2O), Alunite (KAl3(SO4)2(OH)6), Antlerite (Cu3SO4(OH)4), Brochantite (Cu4SO4(OH)6).
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Sulfur (Belerang)"