Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Planet Luar: Pengertian, Ciri, dan Kategori

Pengertian Planet Luar
Planet Luar

Pengertian Planet Luar
Planet luar (outer planet) adalah kelompok planet yang jaraknya lebih jauh dari matahari atau berada di luar sabuk asteroid. Posisi sabuk ini membentuk sebuah gugusan asteroid yang memenuhi orbit antara mars dan Jupiter. Dengannya, kelompok planet ini terdiri dari Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet-planet ini disebut juga sebagai kelompok planet jovian. Alasan penyebutan adalah ukurannya yang mirip Jupiter dan jauh lebih besar dibanding kelompok planet dalam atau terestrial. Benda langit lain dengan ukuran hampir sama dengan planet juga dapat dimasukkan dalam kategori ini, termasuk Pluto.

Namun, benda langit tersebut bukan planet murni seperti keempat planet yang telah disebutkan.

Ciri Planet Luar
Secara umum, planet Luar memiliki ciri-ciri di antaranya,
1. Memiliki ukuran raksasa
2. Sebagian besar tersusun atas gas atau udara
3. Berputar lebih cepat pada sumbunya.
4. Memiliki cincin yang mengelilingi planet
5. Berevolusi lebih lama

Kategori Planet Luar
Planet yang masuk dalam kategori planet luar di antaranya,
1. Jupiter
Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya dan berwarna kekuning-kuningan. Jupiter memiliki diameter 11 kali lebih luas daripada Bumi atau sekitar 143 ribu kilometer. Dengan jarak 778 juta kilometer dari matahari, Jupiter membutuhkan waktu sekitar 12 tahun untuk mengelilingi matahari.

Atmosfer Jupiter banyak mengandung gas hidrogen dan helium. Karena batas permukaan Jupiter dan atmosfernya yang kurang jelas, maka Jupiter menyerupai bola gas yang amat besar. Jumlah satelit Jupiter ada 16, dan yang terbesar adalah Ganymedia.

2. Saturnus
Saturnus adalah planet kedua terbesar dalam tata surya. Planet ini dikelilingi dengan cincin raksasa yang terdiri dari debu-debu dan partikel-partikel kecil berwarna kekuning-kuningan. Saturnus memiliki jarak dengan matahari sekitar 1.428 juta kilometer. Untuk sekali berevolusi, Saturnus membutuhkan waktu sekitar 29,5 tahun.

Saturnus memiliki 21 satelit, dan yang terbesar adalah Titan. Suhu permukaan planet ini cukup dingin, yaitu sekitar -149 derajat Celsius.

3. Uranus
Uranus adalah planet dengan massa 14 kali massa Bumi yang dikategorikan sebagai planet paling ringan di antara planet luar lainnya. Uranus memiliki jarak dengan matahari kira-kira 2.896 juta kilometer. Sekali beredar mengelilingi matahari, Uranus membutuhkan waktu sekitar 84 tahun.

Inti planet ini sangat dingin dibandingkan planet lainnya yang hanya memiliki sedikit energi panas. Suhu permukaan Uranus mencapai -180 derajat Celsius.

4. Neptunus
Neptunus dikenal juga dengan sebutan planet kembar karena memiliki dua buah satelit, yaitu Triton dan Neroid. Neptunus memiliki jarak dengan matahari sekitar 4.495 juta kilometer dan diameter planetnya 48.600 kilometer.

Suhu permukaan planet ini sangat dingin, yaitu mencapai -190 derajat Celsius. Untuk sekali berevolusi, Neptunus membutuhkan waktu selama 164,8 tahun dan rotasinya adalah 16,1 jam.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Planet Luar: Pengertian, Ciri, dan Kategori"