Persebaran Penduduk: Pengertian, Faktor, dan Jenisnya

Pengertian Persebaran Penduduk
Persebaran Penduduk

Pengertian Persebaran Penduduk
Persebaran penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau Negara. Persebaran penduduk juga dapat diartikan sebagai serangkaian bentuk atau upaya pemerataan jumlah masyarakat yang ada di suatu wilayah atau Negara dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul akibat gejolak sosialnya, seperti meningkatnya jumlah pengangguran dan kriminalitas.

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Penduduk
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi apakah wilayah tersebut akan menjadi daerah padat penduduk atau tidak di antaranya,
1. Faktor fisik
2. Faktor iklim
3. Faktor tanah
4. Faktor vegetasi
5. Faktor suplai air
6. Faktor kebencanaan & penyakit
7. Faktor komunikasi
8. Faktor ekonomi
9. Faktor politis
10. Faktor sumber daya alam

Jenis-Jenis Persebaran Penduduk
Secara umum, terdapat 2 jenis persebaran penduduk di antaranya,
1. Persebaran Penduduk Geografis
Persebaran penduduk secara geografis adalah persebaran penduduk yang dilihat dari posisinya relatif terhadap bentang alam dan kenampakan-kenampakan alam lain yang ada di suatu wilayah. Contoh dari penggunaan pandangan ini adalah ketika melihat persebaran penduduk yang memusat di bagian selatan Canada karena iklim yang lebih hangat.

Contoh lainnya adalah persebaran penduduk Amerika Serikat yang terpusat di pesisir Barat dan juga Timur negara tersebut karena aksesibilitasnya lebih tinggi dan terdapat banyak infrastruktur publik yang sudah berkualitas tinggi.
 
2. Persebaran Penduduk Administratif
Persebaran penduduk secara administratif adalah persebaran penduduk yang dilihat sesuai dengan batas-batas administratif yang telah ditetapkan oleh suatu negara. Contohnya adalah persebaran penduduk pada desa A, desa B atau pada provinsi A dan provinsi B.

Contoh lainnya adalah persebaran penduduk Amerika Serikat yang berpusat pada negara bagian tertentu seperti California, Texas, Florida, dan New York. Begitu pula dengan Canada, di mana penduduknya terpusat di provinsi Ontario, Quebec, dan British Columbia.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Persebaran Penduduk: Pengertian, Faktor, dan Jenisnya"