Perkembangan Kehidupan di Bumi dalam Skala Waktu Geologi

Perkembangan Kehidupan di Bumi dalam Skala Waktu Geologi
Perkembangan Kehidupan di Bumi

Perkembangan Kehidupan di Bumi
Ketika bumi terbentuk kurang lebih 3,5 milyar tahun yang lalu belum ada tanda kehidupan dan baru dimulai sejak 1,5-2 miliar tahun yang lalu. Kehidupan di bumi baik manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme dapat hidup berdampingan dengan mengandalkan beberapa faktor yaitu air, atmosfer, dan suhu.

Dalam sejarahnya, kehidupan manusia di bumi dan bumi itu sendiri telah mengalami perkembangan yang sangat panjang hingga di titik saat ini. Demikian, perjalanan sejarah bumi dan kehidupannya oleh para ahli biasanya dibagi dalam kurun waktu tertentu yang biasa disebut dengan era.

Skala Waktu Geologi
Untuk mengetahui perubahan Bumi, para ahli geologi menggunakan skala waktu geologi.
1. Permulaan Dunia: Kehidupan di Air
a. Periode Pra Cambria (4,6 miliar- 570 juta tahun yang lalu). Merupakan periode tertua dan terlama. Selama 4 miliar tahun terbentuk benua dan samudra. Kehidupan muncul sekitar 500 juta tahun kemudian ketika organisme selular mulai tampak, ganggang dan bakteri.
b. Periode Cambria (570-505 juta tahun yang lalu). Berbagai kelompok hewan tak bertulang belakang muncul di laut dangkal.
c. Peroide Ordovicia (505-440 juta tahun yang lalu). Hewan bertulang belakang muncul pertama kali di periode ini.

2. Penaklukan Bumi
a. Periode Silur (440-410 juta tahun lalu). Tumbuhan daratan yang pertama dan muncul ikan dengan rahang
b. Periode Devon (410-360 juta tahun yang lalu). Muncul amfibi dan keanekaragaman ikan bertambah. Mulai tumbuh tanaman pakis.
c. Period Carbon (360-286 juta tahun yang lalu). Kenaikan permukaan laut menimbulkan pembentukan rawa besar. Tumbuhan mati dan membusuk, membentuk lapisan yang menjadi cadangan batu bara. Binatang melata mulai muncul.

3. Kemunculan Reptil, Mamalia, dan Dinosaurus
a. Periode Permia (286-245 juta tahun lalu). Populasi reptil mengalahkan ampibi bersamaan dengan semakin keringnya iklim. Hanya ada satu benua yaitu Pangea.
b. Periode Trias (245-208 juta yahun lalu). Pangea pecah menjadi lima benua sekarang mamalia, dinosaurus, reptil bermunculan.
c. Periode Jura (208-145 juta tahun lalu). Benua terpisah menghasilkan jurang yang disebut Samudra Atlantik. Plateosaurus dan brontosaurus mendominasi bumi. Burung bermunculan dan tumbuh tumbuhan berbunga.

4. Kedatangan manusia
a. Periode Kapur (145-65 juta tahun lalu). Dinosaurus musnah karena tumbukan meteoroid raksasa yang mengakibatkan musnahnya ¾ dari semua spesies hewan dan binatang.
b. Periode Tersier (6501,6 juta tahun lalu). Primata dan kera muncul. Mamalia beraneka ragam, seperti kuda, gajah, badak, dan unta mengalami evolusi. Pendinginan iklim memicu pembentukan rumput.
c. Periode Kuarter (1,6 juta tahun lalu-sekarang). Ditandai dengan empat zaman es. Selama periode ini, muncul mamalia dan burung. Manusia yang muncul mulai dari Homo habilis, homo erectus, dan Homo sapiens.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Perkembangan Kehidupan di Bumi dalam Skala Waktu Geologi"