Pengertian Mineral Andalusit

Pengertian Mineral Andalusit
Mineral Andalusit

Andalusit adalah mineral alumunium nesosilikat dengan rumus kimia Al2SiO5. Andalusit (Andalusite) pertama kali ditemukan dan dinamai oleh Jean-Claude Delam├ętherie dan Werner pada tahun 1798. Nama tersebut diambil dari lokasi penemuannya di wilayah Andalusia, Spanyol, meskipun dikemudian hari setelah dikonfirmasi ternyata lokasi tersebut sebenarnya di El Cardoso (Guadalajara).

Andalusit memiliki hubungan trimorfik dengan kyanit dan silimanit, sebagai polimorf yang terbentuk pada tekanan lebih rendah dan temperatur menengah. Pada temperatur yang lebih tinggi, andalusit dapat berubah menjadi silimanit. Jadi, seperti polimorf-polimorf pasangannya, andalusit adalah indeks mineral aluminosilikat, yang menyediakan petunjuk kedalaman dan tekanan pada saat pembentukan batuan asal.

Mineral ini juga bisa terbentuk selama proses metamorfisme kontak dengan batuan yang bersifat argillaceous. Dalam kondisi seperti ini, proses kontak terjadi di dalam vein dan rongga batuan beku. Pembentukan dengan kondisi seperti ini hampir sama dengan pembentukan kordierit di batuan hornfels dan granit pegmatit.

Mineral Andalusit banyak ditemukan dalam batuan seperti sekis dan gneiss yang terdapat di batas lempeng konvergen. Pembentukan mineral ini sangat dipengaruhi oleh suhu dan tekanan pada tingkatan metamorfisme regional.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Mineral Andalusit"