Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diatom: Pengertian, Batuan Diatomit, Ciri, dan Kegunaannya

Pengertian Diatom
Diatom

Pengertian Diatom
Diatom dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ganggang yang selnya dikelilingi oleh suatu cangkang yang menyerupai kotak yang mengandung silika. Diatom dari bahasa Yunani dia yang berarti ' through ' dan tomos yang berarti ' cutting ' adalah suatu kelompok besar dari alga plankton yang termasuk paling sering ditemui.

Kebanyakan diatom adalah bersel tunggal, walaupun beberapa membentuk rantai atau koloni. Sel diatom dilapisi dinding sel unik yang terbuat dari silika. Diatom memiliki klorofil dan mampu berfotosintesis. Diatom melimpah di hampir semua habitat dan terbagi secara vegetatif. Jadi, kita dapat mengatakan bahwa diatom adalah organisme penyusun plankton.

Diatom merupakan kelompok alga monofiletik yang terdiri dari makhluk eukariotik uniseluler atau kolonial, hampir semuanya autotrof. Mereka adalah bagian fundamental dari plankton dan uniseluler, penting untuk kehidupan di bumi.

Hampir semua diatom berfotosintesis dan hidup di air pada kedalaman sekitar < 30 kaki, di mana sinar matahari masih dapat menembus ke bawah. Diatom sangat produktif dan berperan besar menghasilkan hampir setengah dari massa organik di lautan. Faktor kelimpahan dan ukurannya yang kecil, menempatkan mereka pada rantai makanan utama di dasar laut.

Diatom Sebagai Pembentuk Batu Diatomit
Ketika diatom mati, mereka akan tenggelam dan membentuk "silika frustule". Di beberapa wilayah, frustules tidak dimasukkan ke dalam sedimen bawah permukaan, karena sifat mereka yang larut ketika tenggelam. Jika material sedimen mengandung frustules diatom >30% dari total beratnya maka sedimen itu akan disebut sebagai "Diatom OoZE" atau "Siliceous Ooze". Sedimen inilah yang apabila terlitifikasi akan membentuk batuan yang disebut Diatomit.

Diatomit adalah batuan sedimen berwarna terang yang utamanya tersusun atas sisa-sisa skeletal yang mengandung silika diatom. Batuan ini mempunyai tingkat porositas yang tinggi, ukuran partikelnya halus, dan berat jenisnya rendah. Sifat-sifat tersebut membuatnya menjadi berguna sebagai bahan utama di berbagai bidang industri. Ketika diatomit dihancurkan menjadi bubuk maka materialnya biasa disebut sebagai "Tanah Diatom" atau "Diatomaceous Earth" (D.E).

Karakteristik Diatom
Ciri utama diatom di antaranya,
1. Mereka memiliki dinding sel yang mengelilingi seluruh sel seolah-olah itu adalah kerangka luar.
2. Dinding selnya terdiri dari silika.
3. Mereka memiliki kemampuan yang sangat sedikit atau tidak sama sekali untuk bergerak, sehingga mereka terbawa arus dan permukaan yang berbeda.
4. Mereka berkembang biak melalui pembelahan biner, setiap sel baru memiliki selebaran, dan kemudian seiring waktu, mengembangkan sel lainnya.
5. Mereka dapat dibagi setiap 18 hingga 36 jam, jadi jumlahnya banyak.
6. Mereka dapat digunakan dalam pembuatan kaca, dinamit, dan bahan baku pemurni air.
7. Mereka mencapai asimilasi makanan pada beberapa hewan dan juga merangsang nafsu makan mereka.
8. Mereka memberikan perlindungan terhadap radiasi matahari dan berfungsi sebagai isolator.
9. Mereka efektif dalam melawan hama dan banyak penyakit jamur.
10. Ia memiliki kapasitas yang besar untuk menyerap kelembapan sehingga memanfaatkan air.
11. Mereka adalah organisme sederhana yang memiliki flagela.
12. Mereka dapat muncul sebagai makhluk uniseluler atau sebagai formasi pengelompokan sel.
13. Mereka dianggap organisme eukariotik paling melimpah di lingkungan akuatik.

Kegunaan Diatomit
Ada 4 kegunaan utama diatomit yang berhubungan dengan sifat fisik batuan tersebut, yaitu sebagai media filter, aditif semen, bahan pengisi (fillers), dan bahan penyerap (absorbents). Sifat fisik tersebut adalah karena ukuran partikelnya yang kecil, porositasnya yang tinggi, luas permukaannya yang besar, mengandung silika yang relatif inert, dan berat jenisnya yang rendah.

Harga diatomit tergantung pada kualitasnya dan bagaimana ia akan digunakan. Diatomit yang diambil langsung dari tambang tanpa pengolahan (biasanya dalam idustri beton) harganya sekitar $7 per ton. Diatomit dari deposit bermutu tinggi yang telah dihancurkan dan di benefisiasi untuk digunakan dalam industri kosmetik dan ekstraksi DNA, harganya bisa mencapai $400 per ton.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Diatom: Pengertian, Batuan Diatomit, Ciri, dan Kegunaannya"