Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Danau Tektovulkanik: Pengertian, Proses Pembentukan, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Danau Tektovulkanik
Danau Tektovulkanik

Pengertian Danau Tektovulkanik
Danau tektovulkanik adalah danau yang terbentuk sebagai akibat adanya proses tektonik dan vulkanik secara bersamaan. Fenomena alam yang memulai pembentukan danau tektovulkanik adalah letusan gunung berapi. Permukaan danau tektovulkanik terbentuk di cekungan yang terbentuk dari tanah atau batu di sekeliling gunung yang patah menurun. Tanah tersebut kemudian terisi oleh air dan membentuk danau. Contoh danau tektovulkanik adalah danau Toba di Sumatra Utara.

Proses Terbentuknya Danau Tektovulkanik
Proses pembentukan danau tektovulkanik yang diakibatkan oleh gempa dan juga gunung meletus sehingga ada perpaduan antara tektonik dan vulkanik. Saat gunung berapi meletus pada umumnya akan ada gempa yang mengikuti. Gempa tersebut mengakibatkan cekungan atau patahan yang menurun (longsor) di sekeliling gunung. Kemudian patahan tersebut terisi air dan terbentuklah Danau Tektovulkanik.

Ciri Danau Tektovulkanik
Karakteristik danau menyerupai penggabungan karakteristik danau vulkanik dan danau tektonik di antaranya,
1. Terbentuk akibat dari gabungan peristiwa vulkanik dan tektonik yang terjadi secara beruntun
2. Memiliki permukaan lebih tinggi dibandingkan air laut, karena proses pembentukannya berada di sekitar gunung berapi.
3. Berada di kawasan gunung berapi.
4. Airnya terisi secara alami atau terisi karena proses alam tanpa campur tangan dari manusia seperti air hujan atau air yang bersumber pada mata air sekitar.
5. Biasanya air danau mengandung belerang, karena danau tektovulkanik ini juga terbentuk dari proses vulkanik, di mana gunung berapi kaya kandungan belerang.
6. Terdapat beragam ekosistem dan organisme pendukung seperti ikan, fitoplankton, zooplankton dan lainnya, karena merupakan ekosistem air tawar.
7. Memiliki kadar oksigen dalam air.

Contoh Danau Tektovulkanik
Danau tektovulkanik digolongkan sebagai danau yang langka mengingat sedikit sekali contoh danau jenis ini. Indonesia memiliki Danau Toba sebagai danau tektovulkanik dengan keunikan dan keindahan yang mendunia. Danau Toba terletak di Indonesia bagian barat tepatnya di Provinsi Sumatera Utara. Yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan merupakan danau vulkanik terbesar di Dunia.

Danau Toba sendiri terbentuk secara alami dari peristiwa letusan gunung berapi super massif sekitar 73.000 sampai 75.000 tahun silam. Danau ini berukuran besar yang berada di kaldera gunung supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 Km dengan lebar 30 Km dan kedalaman mencapai 505 meter. Danau ini terletak di ketinggian sekitar 903 meter dari permukaan laut. Terletak di koordinat 2°21’32” – 2°56’28” Lintang Utara dan 98°26’35” – 99°15’40” Bujur Timur.

Danau Toba yang terbentuk dari letusan Gunung berapi super yaitu Gunung Toba Purba atau yang di sebut supervulcano. Supervulcano merupakan letusan explosive terbesar di bumi dalam kurun 25juta tahun terakhir. Menurut teori bencana Toba, letusan ini berdampak sangat besar pada populasi manusia di seluruh dunia.

Menewaskan sebagian besar manusia yang hidup saat itu dan diyakini menyebabkan penyusutan populasi di Afrika Timur dan India sehingga memengaruhi genetika populasi manusia di dunia hingga sekarang. Di sepakati pula oleh para ilmuan yang melakukan penelitian bahwa letusan Gunung Toba Purba memicu musim dingin volcanik dan menyebabkan jatuhnya suhu dunia antara 3-5 derajat celcius.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Danau Tektovulkanik: Pengertian, Proses Pembentukan, Ciri, dan Contohnya"