Danau Karst: Pengertian, Proses Pembentukan, Karakteristik, dan Contohnya

Pengertian Danau Karst atau lokva
Danau Karst (Lokva)

Pengertian Danau Karst
Danau karst (lokva) adalah danau yang terbentuk akibat terjadinya erosi atau pelarutan pada batu gamping. Pembentukan danau karst hanya terjadi di daerah dengan jumlah batu gamping yang berlimpah.

Cekungan terbentuk di bekas batu gamping yang mengalami erosi. Setelahnya, cekungan terisi air dan membentuk danau. Danau karst banyak terbentuk di Kabupaten Gunungkidul dan Pegunungan Batugamping di Kabupaten Kutai Timur.

Proses Terbentuknya Danau Karst
Proses pembentukan karst atau karstifikasi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu terdapat batuan yang mudah larut, curah hujan, batuan yang terletak di ketinggian dengan sirkulasi tertentu, temperatur dan penutupan lahan.

Danau karst merupakan danau berupa lahan cekungan yang berada di bawah rata-rata permukaan daerah sekitarnya yang terjadi pada daerah batuan gamping akibat dari proses batuan kapur atau gamping tersebut mengalami pelarutan.

Karakteristik Danau Karst
Halnya danau lainnya, danau karst memiliki air, namun danau karst tidak terlihat aliran air yang masuk dan keluar bahkan terkadang tidak ada sama sekali. Air danau karst sering kali menyusut, timbul lagi, dan tidak ada sama sekali tergantung pada musim.

Danau karst sering disebut dengan danau musiman. Lebih lanjut, selain musim, ada tidaknya debit air pada danau karst disebabkan oleh keberadaan dari gua-gua karst yang berada di bawah permukaan danau.

Air dari danau karst diisi oleh sumber air di bawah permukaan air dan dikeringkan oleh lubang-lubang dangkal yang berada di bawah permukaan air danau tersebut. Penyebab lain adalah bahwa danau karst merupakan bagian dari adanya sumber air bawah tanah dan permukaan danau merupakan volume air yang meningkat dari sumber air tersebut.

Selain itu, danau karst memiliki beberapa karakteristik yang dipengaruhi oleh kawasan karst itu sendiri di antaranya,
1. Mengandung batuan karbonat
2. Didominasi oleh batuan gamping atau kapur
3. Jenis-jenis tanah yang ada berupa terarosa
4. Bertekstur lempungan
5. Memiliki kedalam sedang dengan warna kemerah-merahan
6. Terdiri dari doline dan uvala
7. Memiliki debit air yang stabil
8. Sebagai tandon air; dan
9. Memiliki kualitas air yang sangat jernih

Contoh Danau Karst
Beberapa contoh danau karst di antaranya,
1. Danau Ayamaru
Danau ini terletak di daerah Sorong, Provinsi Papua Barat. Danau ini terdiri dari beberapa danau kecil yang diberi nama yate, jow dan semitu dengan kedalaman mencapai sekitar 6 meter. Danau ini memiliki peranan yang penting bagi masyarakat sekitar karena terdapat berbagai jenis ikan yang hidup di danau ini dan dimanfaat untuk konsumsi oleh masyarakat.

2. Danau Juessee dan Bauerngraben
Danau ini berada di sekitar Pegunungan Harz Jerman dan masuk dalam Cagar Biofer Lanskap Harz Karts Selatan.

3. Danau Otjikoto
Danau Otjikoto merupakan danau karst yang terletak di Namibia, sebuah negara yang berada di kawasan Afrika bagian barat daya. Pada perang dunia I, danau ini dijadikan tempat pembuangan alat-alat perang oleh Jerman. Dalam bahasa daerahnya Otjikoto memiliki arti lubang yang dalam.

4. Danau Pamvotida atau Pamvotis
Danau ini terletak di Ioannina di Yunani utara. Danau ini terletak di ketinggian 470 meter di selatan Pegunungan Mitsikeli.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Danau Karst: Pengertian, Proses Pembentukan, Karakteristik, dan Contohnya"