Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Craton: Pengertian dan Craton Canada

Tanzania Craton
Tanzania Craton sumber: https://en.wikipedia.org

Pengertian Craton
Craton adalah bagian dari kerak benua yang tua dan paling stabil. Istilah craton dari bahasa Yunani kratos yang artinya kekuatan. Karena kemampuannya bertahan dalam siklus memisah dan menggabungnya benua, kraton umumnya ditemukan dalam interior lempeng tektonik.

Istilah kraton digunakan untuk membedakan bagian stabil dari kerak benua dari daerah yang lebih aktif secara geologi dan tidak stabil. Kraton dapat digambarkan sebagai perisai, di mana batuan dasar muncul di permukaan, di mana bagian bawah tanah yang dilapisi oleh sedimen dan batuan sedimen.

Istilah Craton pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli geologi yang berkebangsaan Austria yaitu Leopold Kober pada tahun 1921 sebagai Kratogen. Hans Stille kemudian memperpendek istilah itu dengan sebutan Kraton. Daerah ini merupakan daerah yang tidak pernah mengalami orogenesa terhitung sejak akhir precambrian.

Craton dapat digambarkan sebagai perisai, di mana batuan dasarnya muncul ke permukaan dan pada bagian bawahnya dilapisi oleh sedimen- sedimen dan batuan sedimen. Kebanyakan data archean diperoleh ini. Secara keekonomisan daerah kratonik merupakan daerah yang menjadi sumber sebagian besar diamond di seluruh dunia.

Beberapa contoh kraton sebagai berikut North China Craton, Sarmatian Craton di Rusian dan Ukraina, Amazonia Craton di Amerika Selatan, Kaapvaal Craton di Afrika Selatan, North America atau Lantia Craton, dan Gawler Craton di Australia Selatan.

Secara karakteristik, craton terdiri atas kristal batuan dasar purba, yang terlindungi oleh batuan sedimen yang lebih muda. Kraton memiliki kerak yang tebal dan akar (roots) litosferik yang dalam, memanjang hingga ratusan kilometer ke dalam mantel Bumi.

Contoh dari sebuah Craton yang sangat terkenal adalah craton Canada. Wilayah Canada berpusat di suatu craton yang besar, dimana bagian yang tersingkap di permukaan merupakan sebuah singkapan kerak Archean terluas di dunia. Salah satu bagian craton Canada yaitu Archean Slave Province, Mackay Lake, disusun oleh polymetamorphic gneiss berumur sekitar 3300 juta tahun.

Massa litosfer terbesar pada suatu craton terletak di bawah bidang diskontinuitas Mohorovicic yang sering disebut sebagai mantel litosfer. Stabilitas jangka panjang dan kekuatan suatu craton tergantung kepada sifat mantel litosfernya. Karena begitu sangat berpengaruh, sifat mantel litosfer ini akan menentukan asal benua.

Craton Canada
Pemahaman yang lebih mendalam terhadap evolusi craton banyak diperoleh dari riset-riset survey eksplorasi intan karena berhubungan dengan pipa-pipa kimberlit yang membawanya ke permukaan. Sebagai contoh survey geofisika pada proyek DeepProbe dan Kaapval yang dilakukan di atas craton Canada.

Tujuan utama survey geosfisika tersebut untuk mendapatkan "geophysical imaging litosfer" yang berada di bawah craton. Gambaran craton dan mantel litosfer di bawahnya diperoleh dari geophysical imaging, sedangkan sifat komposisi serta ciri termalnya diperoleh berdasarkan hasil analisa xenolit-nya. Apabila kedua data tersebut dicompile, maka akan memberikan gambaran lebih lengkap tentang craton dan evolusinya.

Xenoliths yang terbentuk umumnya berupa batuan peridotit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mantel litosfer adalah residu leburan dari batuan peridotit. Pada tekanan di bawah 3 giga pascal (Gpa) sistem ini akan menghasilkan olivin. Berdasarkan struktur termal yang sebelumnya telah dipelajari oleh para ahli, diketahui bahwa struktur termal bagian craton Canada di mantel "Slave Province" tidak mengalami perubahan yang signifikan selama 500 juta tahun terakhir.

Struktur termal yang tetap ini berbanding terbalik dengan struktur petrologinya yang bervariasi baik secara vertikal maupun lateral dan diikuti dengan tingkat depletion-nya yang berbeda-beda. Kesimpulan ini dihasilkan berdasarkan bukti geokimia garnet yang diperoleh dilokasi penelitian.

Untuk mengetahui umur cratonic mantle roots, digunakan isotop Re-Os (Renium-Osmium) dan isotop 187Osmium-188Osmium pada peridotit yang dibawa oleh pipa kimberlit dari mantel litosfer. Hasil yang diperoleh cukup bervariasi dari 3500 - 500 juta tahun, sehingga dapat disimpulkan bahwa mantel litosfer sangat berperan pada pembentukan craton pertama (3,5 Ga) juga cratonic mantle “rooting” nya kembali pada periode berikutnya (0,5 Ga).

Dari data Geophysical imaging menunjukkan bahwa di bawah craton Archean terdapat tumpukan mantel litosfer yang membentuk sistem “perakaran/roots” bagi craton. Berdasarkan bukti-bukti geologi dan geokronologi, diketahui bahwa tahap akhir pembentukan dan amalgamasi mantle root ini terjadi sekitar 500-1000 juta tahun yang lalu.

Craton Canada merupakan craton yang paling banyak dipelajari oleh para ahli di dunia. Riset tentang craton Canada sering menjadi model bagi craton-craton yang lainnya di seluruh dunia, seperti craton-craton di Asia, Amerika, Australia, dan Afrika.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 6. Pengolahan Data (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 7. Penulisan Laporan Penelitian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) 

7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
 
9. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.1 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.2 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016) 

11. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.1 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
13. Materi Ujian Nasional Kompetensi Jenis Penelitian Sosial
14. Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial
15. Materi Ujian Nasional Kompetensi Metode Penelitian Sosial
16. Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian       
17. Materi Ringkas Jenis, Prosedur, Metode (Pendekatan), dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian
18. Materi Ringkas Penentuan Topik dan Manfaat Penelitian

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Craton: Pengertian dan Craton Canada"