Batu Gamping Klastik: Pengertian dan Jenisnya

Pengertian Batu Gamping Klastik dan Jenisnya
Batu Gamping Klastik

Pengertian Batu Gamping Klastik
Batu gamping klastik adalah batu gamping yang terendapkan secara sekunder. Batu gamping klastik memiliki ciri kenampakan berlapis. Tebal setiap lapisan berkisar antara beberapa centimeter hingga puluhan meter sehingga sekilas tampak seperti berstruktur pejal atau tidak berlapis.

Jenis Batu Gamping Klastik
Batu gamping klastik dapat dibagi menjadi 2 jenis di antaranya,
1. Batu Gamping Klastik Fragmentar
Batu gamping klastik fragmentar tersusun atas fragmen yang asalnya tidak jelas dan dapat merupakan campuran. Batuan ini pada umumnya memiliki tekstur perlapisan menyerupai batu pasir dengan struktur sedimen silang-siur, gelembur gelombang, dan laminasi. Batu gamping klastik fragmentar umumnya diendapkan secara mekanis oleh air laut.

2. Batu Gamping Klastik Non-Fragmentar
Batugamping klastik non-fragmentar merupakan batuan reservoir minyak bumi. Batuan ini sering merupakan gradasi dari batu gamping bioklastik dan batu gamping klastik fragmentar, atau bahkan merupakan campuran dari ketiga unsur batuan tersebut. Unsur butir pada batugamping klastik non-fragmentar terdiri atas oolit, lump, dan pelets.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Batu Gamping Klastik: Pengertian dan Jenisnya"