Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Barang Tambang: Pengertian, Klasifikasi, Tahap Pengambilan, Contoh, dan Manfaatnya

Pengertian Barang Tambang
Barang Tambang

Pengertian Barang Tambang
Barang tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan diperoleh dari dalam bumi dengan proses penambangan. Pertambangan dilakukan dengan proses tertentu hingga hasilnya bisa dimanfaatkan. Hasil dari proses penambangan yang telah dilakukan disebut dengan barang tambang.

Kegiatan pertambangan tidak hanya terbatas pada upaya penggalian dan pengambilan saja, tapi juga meliputi upaya-upaya pengolahan sumber daya tersebut untuk dijadikan barang setengah jadi sebagai bahan dasar dalam pengertian industri. Ada banyak manfaat barang tambang yang diberikan untuk kehidupan manusia mulai dari bidang kesehatan, bidang bisnis, bidang industri, dan lain-lain.

Klasifikasi Barang Tambang
Berdasarkan Manfaat dan Kegunaannya
Berdasarkan manfaat dan kegunaannya, menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 1967, barang tambang dibagi dalam 3 golongan di antaranya,
1. Golongan A. Barang ini termasuk dalam barang tambang strategis dan berperan penting bagi perekonomian negara. Contohnya, batu bara, minyak bumi, gas alam, nikel, tembaga, dan timah.
2. Golongan B. Golongan yang satu ini disebut sebagai barang tambang vital dan penting bagi kehidupan banyak orang. Contohnya, emas, belerang, perak, tembaga, platina, dan lain-lain.
3. Golongan C. Tambang yang dikelola oleh masyarakat dan digunakan untuk keperluan industri. Contohnya, fosfat, kaolin, gipsum, batu gamping, marmer, gips, dan lain-lain.

Berdasarkan Bentuknya
1. Berbentuk energi: minyak bumi, gas alam, batubara, uranium.
2. Berbentuk mineral logam: tembaga, bijih besi, emas, timah, nikel, perak.
3. Berbentuk mineral bukan logam: belerang, gamping, intan, fosfat, pasir kuarsa, marmer.

Berdasarkan Asal Pembentukannya
1. Mineral organik: berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Misalnya minyak bumi, batubara, gas alam.
2. Mineral anorganik: berasal dari sisa-sisa bahan anorganik. Misalnya batu, pasir kuarsa, kaolin, yodium.

Tahap Pengambilan Barang Tambang
Adapun mineral logam bukan berasal dari organik ataupun anorganik. Untuk mendapatkan barang tambang yang masih terdapat di alam perlu dilakukan beberapa tahapan di antaranya,
1. Tahap pertama adalah eksplorasi yaitu melakukan kegiatan penyelidikan dan penelitian pada suatu daerah yang diperkirakan mengandung barang tambang tertentu.
2. Tahap selanjutnya adalah eksploitasi yaitu tahap pengambilan atau penambangan barang tambang di dalam bumi.

Contoh dan Manfaat Barang Tambang
Bauksit
Bauksit merupakan salah satu barang tambang yang terdiri dari dua macam aluminium yaitu aluminium oksida dan aluminium hidroksida. Berikut beberapa manfaat bauksit dalam kehidupan manusia di antaranya,
1. Digunakan untuk Memproduksi Aluminium
Karena bauksit merupakan bijih utama aluminium sehingga barang tambang satu ini bisa dimanfaatkan untuk memproduksi aluminium. Hal pertama yang harus dilakukan untuk memproduksi aluminium dari bauksit yaitu pemurnian dengan proses bayer. Hasil dari proses tersebut masih berupa alumunium hidroksida yang selanjutnya dilakukan proses kalsinasi sebagai pembentukan alumunia.

2. Sebagai Proppant
Bauksit dapat digunakan sebagai proppant saat proses pengambilan minyak dan gas bumi. Saat proses tersebut akan ada rekahan pada batuan resorvir akibat pemompaan cairan dengan tekanan tinggi. Fungsi proppant yaitu digunakan untuk menutup rekahan yang terjadi.

Selain kedua manfaat tersebut, masih ada beberapa manfaat barang tambang bauksit lainnya. Manfaat tersebut di antaranya adalah bahan dasar pembuat wajan, bahan lapisan luar panci, bahan pembuatan badan pesawat, bahan pembuatan atap bangunan, bahan pembuatan besi, bahan pembuatan keramik, bahan pembuatan pita kaset, dan lain-lain.

Nikel
Nikel adalah barang tambang yang berbentuk metal dengan struktur lembek sehingga mudah dibentuk. Proses pengolahan nikel menjadi barang tambang yang bermanfaat biasanya dikombinasi dengan logam lain seperti krom dan juga besi. Sedangkan manfaat nikel untuk kehidupan manusia di antaranya,
1. Baterai Isi Ulang. Baterai isi ulang yang sering Anda gunakan sehari-hari banyak yang terbuat dari bahan dasar nikel. Baterai aki atau baterai kecil isi ulang adalah dua jenis baterai yang memanfaatkan barang tambang ini.
2. Kawat. Nikel memiliki sifat yang mudah ditempa dan juga dibentuk sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kawat. Kawat dari nikel banyak digunakan pada turbin mesin jet karena anti karat serta memiliki ketahanan yang baik.
3. Bahan Baku Monel. Monel terbuat dari dua macam barang tambang berbeda yaitu nikel dan tembaga. Dua unsur tersebut akan menghasilkan monel yang tahan terhadap karat, keras dan kuat, serta harga terjangkau. Monel digunakan sebagai baling-baling kapal laut atau aksesoris.
4. Campuran Besi Baja. Besi baja yang menggunakan campuran nikel dinilai lebih kuat dibandingkan dengan besi baja yang menggunakan campuran alumunium. Selain itu, besi baja dengan campuran nikel juga tahan terhadap karat.
5. Pembuatan Stainless Steel. Stainless Steel merupakan jenis besi yang memiliki ketahanan tinggi terhadap karat. Besi yang dicampur dengan krom dan nikel ini akan menghasilkan stainless steel yang sering digunakan.

Tembaga
Tembaga merupakan barang tambang berupa logam kemerahan dengan struktur kristal kubik. Dibandingkan dengan seng, tekstur dari barang tambang ini lebih lembut sehingga proses pengolahannya cukup mudah. Tembaga yang cukup dikenal banyak orang ini memiliki banyak sekali manfaat. Berikut beberapa manfaat tembaga di antaranya,
1. Penghantar Panas. Manfaat barang tambang tembaga yang pertama adalah dapat menghantarkan panas dengan baik. Alat elektronik yang memanfaatkan tembaga sebagai penghantar panas di antaranya adalah kipas angin, setrika, dan lain-lain.
2. Bahan Baku Uang Logam. Uang sebagai alat transaksi jual beli yang kita gunakan terdiri dari dua macam yaitu kertas dan logam. Bahan logam untuk membuat uang logam atau uang koin tersebut salah satunya memanfaatkan tembaga ini.
3. Pembunuh Hama dan Serangga. Manfaat barang tambang tembaga yang mungkin tidak banyak diketahui adalah dapat membunuh serangga dan juga hama. Sebagian besar obat pembunuh serangga dan juga pestisida menggunakan tembaga sebagai komposisi bahan dasarnya.
4. Pewarna. Tembaga yang dimanfaatkan sebagai bahan pewarna biasanya berwarna biru. Namun, masih jarang ada yang tahu bahwa pewarna yang mungkin Anda gunakan terbuat dari campuran tembaga.
5. Bahan Pembuatan Kain Sutera. Siapa sangka jika kain bernilai ekonomis tinggi ini menggunakan tembaga sebagai bahan dasar pembuatannya. Kain sutra tidak 100% dibuat dari serat ulat sutra namun sudah dicampur dengan bahan lain yaitu tembaga dan NH4OH.

Emas
Emas dikenal banyak orang sebagai salah satu bahan pembuatan perhiasan yang bernilai tinggi. Tidak hanya itu saja, sebenarnya terdapat banyak manfaat barang tambang emas di antaranya,
1. Perlengkapan Pesawat. Pesawat khususnya pesawat ruang angkasa memanfaatkan emas sebagai bahan lapisan. Sifatnya yang tahan terhadap panas matahari membuat pesawat lebih awet. Selain itu, emas juga digunakan sebagai bahan pelapis pelindung kepala para astronot ketika ke luar angkasa.
2. Pemantul Radiasi Sinar Matahari. Karena sifatnya yang dapat memantulkan sinar matahari maka emas banyak digunakan sebagai campuran kaca khusus. Meskipun campuran emas yang dimasukkan sedikit tapi manfaat yang diberikan untuk melindungi tubuh cukup baik.
3. Konduktor dalam Smartphone. Manfaat barang tambang emas yang sering dipakai adalah sebagai konduktor dalam smartphone. Sifatnya yang tidak mudah berkarat bagus disematkan pada ponsel cerdas dengan berbagai fitur canggih. Tidak hanya smartphone saja, emas juga digunakan dalam pembuatan GPS, kalkulator canggih, PDA, dan lain-lain.
4. Penambal Gigi. Sudah menjadi rahasia umum jika emas banyak digunakan sebagai penambal gigi yang bolong. Sifat emas yang tidak mudah tertelan, tidak berkarat, serta tidak larut cocok untuk gigi dengan reaksi alergi pada logam tertentu.
5. Pelapis Bangunan. Emas sebagai pelapis bangunan sudah banyak dimanfaatkan sejak dulu. Bangunan dengan lapisan emas akan terlihat lebih indah dan mewah. Sifatnya yang mudah dibentuk juga cocok dipakai sebagai ornamen bangunan bersejarah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Barang Tambang: Pengertian, Klasifikasi, Tahap Pengambilan, Contoh, dan Manfaatnya"