Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tolong Menolong: Pengertian dan Manfaatnya

Pengertian Tolong Menolong dan Manfaatnya
Tolong Menolong

Pengertian Tolong Menolong
Tolong menolong dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah saling menolong. Kegiatan saling tolong menolong tidak memandang atau membedakan adanya ras, suku, bangsa, agama, keturunan, status sosial, dan pendidikan manusia. Semakin banyak orang yang berbuat baik dengan saling menolong sesama, akan rukun dan bermanfaat pula dalam kehidupannya serta kehidupan orang lain. Tolong menolong pada hakikatnya merupakan hak dan kewajiban setiap manusia kepada manusia lain.

Manfaat Tolong Menolong
1. Tolong Menolong Membuat Orang Merasa Bersyukur
Membantu orang lain memberikan kita perspektif tentang situasi kita sendiri, dan mengajari kita untuk menghargai apa yang kita miliki. Global One Foundation, sebuah organisasi bantuan internasional non-pemerintah, mendeskripsikan volunteering sebagai cara untuk mempromosikan rasa syukur yang lebih dalam karena kita lebih mengenali apa yang sudah menjadi berkah atau hadiah positif dalam hidup kita.

2. Meningkatkan Self-Esteem
Pertimbangkanlah untuk mendonasikan sebagian waktu kita untuk tujuan yang kita sukai. Orang-orang yang menjadi sukarelawan ternyata memiliki self-esteem atau harga diri dan kesejahteraan yang lebih tinggi. Para ahli menjelaskan bahwa ketika perasaan keterhubungan sosial meningkat, begitu pula self-esteem kita. Manfaat menjadi sukarelawan juga bergantung pada konsistensi kita. Jadi, semakin sering kita menjadi sukarelawan, semakin besar self-esteem kita.

3. Memiliki Persahabatan yang Lebih Kuat
Menjadi kekuatan untuk kebaikan dalam kehidupan seorang teman dapat membantu membangun ikatan yang langgeng. Menurut sebuah studi oleh National Institutes of Health, ketika membantu orang lain, kita mengeluarkan energi positif, yang dapat menular pada teman-teman dan meningkatkan persahabatan kita. Kedua belah pihak akan berkontribusi untuk memelihara dinamika yang saling menguntungkan.

4. Menjadi Orang yang Optimis
Memiliki dampak positif pada orang lain dapat membantu kita mengubah pandangan dan sikap kita sendiri. Para ahli mengatakan bahwa melakukan perbuatan baik meningkatkan suasana hati dan pada akhirnya membuat kita lebih optimis dan positif.

5. Menciptakan Rasa Memiliki
Membantu orang lain dapat membantu kita mendapatkan teman baru dan terhubung dengan komunitas kita. Kegiatan tatap muka seperti menjadi sukarelawan juga dapat membantu mengurangi kesepian dan terasing.

6. Saling Mengatur Emosi
Penelitian terbaru menunjukkan membantu orang lain mengatur emosi mereka membantu kita mengatur emosi kita sendiri, mengurangi gejala depresi dan akhirnya, meningkatkan kesejahteraan emosional kita.

Sebuah studi terbaru dari Universitas Columbia telah mengungkapkan bahwa ketika membantu orang lain mengatasi situasi stres mereka, kita meningkatkan keterampilan pengaturan emosi kita sendiri, dan dengan demikian, menguntungkan kesejahteraan emosional kita sendiri.

7. Mengenali Batasan Diri
Ketika membantu orang lain, kita akan mengenali kemampuan juga batasan kita. Kita akan tahu bahwa tidak selalu mudah memberi kepada orang lain karena membutuhkan pengorbanan pribadi. Itulah sebabnya kita menetapkan batasan kita sendiri. Namun, selalu ingat bahwa kepuasan yang didapatkan dari “memberi” tak tak terkira nilainya.

Tolong-menolong tak hanya memberi dampak pada yang menerima pertolongan tapi juga pada orang yang memberi pertolongan. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Nilai dan Norma Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 6. Pengendalian Sosial (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Nilai dan Norma Sosial
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi
11. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial  
12. Materi Ringkas Nilai dan Norma Sosial
13. Materi Ringkas Sosialisasi
14. Materi Ringkas Penyimpangan dan Pengendalian Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Tolong Menolong: Pengertian dan Manfaatnya"